Cara Memanfaatkan Youtube Membangun Jaringan Pemasaran

Cara Memanfaatkan Youtube Membangun Jaringan Pemasaran

BERDESA.COM – Membangun jaringan pemasaran adalah salahsatu jalan menuju sukses. Internet adalah pintu gerbang yang sangat strategis menciptakan langkah ini, terutama Youtube.com. Kenapa Youtube.com? Karena Youtube.com adalah salahsatu website yang paling banyak dikunjungi orang selain Google. Jadi, membuat video dan mengunggahnya ke Youtube bakal membuat produk Anda dipelototi orang sedunia.

Begitu banyak orang membuka Youtube sehingga website ini telah menjadi platform media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk mendongkrak bisnis terutama dalam membangun jaringan pemasaran. Masalahnya, butuh keahlian untuk membuat konten berupa video yang bisa menarik minat orang. Lalu langkah apa saja yang harus ditempuh untuk bisa memanfaatkan Youtube untuk mengembangkan usaha, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan, sederhana saja:

Buatlah akun Youtube

Anda harus punya akun pada salahsatu produknya Google. Paling praktis adalah membuat email Google. Akun Google itulah yang akan Anda gunakan untuk membuat akun Youtube. Langkah pertama adalah login Youtube. Lalu Anda bisa membuat channel YoutubeAnda sendiri. Klik link ‘My Channel’, kemudian masukkan nama chanel yang sesuai dengan yang anda inginkan. Apabila Anda sudah selesai membuat chanel, untuk menarik viewers Anda bisa mengubah tampilan channel seperti menambahkan gambar untuk icon, menambah cover, dan lainnya.

Buatlah video dan tunjukkan produk anda

Anda bisa membuat video produk dalam bentuk penjelasan, presentasi, video langsung, dan sebagainya. Buatlah video yang simple dan menarik dengan hanya proses edit dan script yang baik dan informatif. Jangan lupa gunakan kamera yang memiliki kualitas gambar baik sehingga enak untuk dilihat oleh viewers. Bahkan, jika Anda mau, video bisa dibuat hanya dengan mengandalkan kamera ponsel yang memiliki kualitas bagus atau kerapatan gambar yang tinggi. Jika Anda tidak cukup percaya diri, buka-buka dahulu Youtube dan lihatlah bagaimana video-video itu dibuat.

Unggah judul dan konten video yang menarik

Banyak sekali pengguna internet yang lebih senang mencari jawaban atas pertanyaan mereka lewat video Youtube. Gunakan kesempatan ini untuk menarik viewers. Contohnya, bisnis Anda menjual produk yang berkaitan dengan produk kecantikan, maka Anda bisa membuat video misalnya “Masker Kefir, Apa Benar Banyak Manfaatnya?” Apa itu Masker Kefir, ini adalah sebuah produk masker pembersih wajah herbal yang dibuat dari bahan bahan-bahan organik sehingga terjamin tingkat kesehatannya.

Upload video Tutorial

Berikan konten tutorial mengenai produk yang anda tawarkan. Contohnya mengenai pembuatan arang batok kelapa. Berikan langkah-langkah dan informasi yang jelas mengenai pengolahannya seperti alat-alat apa yang digunakan, dan bahan apa saja yang dibutuhkan. Tunjukkan gambar dari masing-masing perlengkapan yang dibutuhkan itu sembari Anda membuat narasi atau bercerita sehingga sang pemirsa bakal seperti melihat langsung peralatan dan berbagai proses produk itu dibuat.

Buat video testimoni customer

Unggahlah video testimonial dari para customer yang puas menggunakan produk Anda dengan memberikan rekomendasi dan review positif, video tersebut akan meningkatkan kepercayaan customer yang lainnya. Video Testimonial akan mempercepat proses pemesanan barang karena mereka percaya mereka sedang memesan barang kepada perusahaan bisnis dengan reputasi yang baik.

Konsumen sekarang ini tak gampang lagi percaya iklan dan promosi yang bombastik. Sebaliknya, mereka kini selalu berburu mengenai produk yang ingin dikonsumsinya melalui berbagai jaringan online. Itulah kenapa video tutorial dan testimoni menjadi sangat penting dan menarik untuk mengembangkan bisnis melalui saluran ini, Youtube. (berdesa/farah/aryadjihs/berbagai sumber)

Foto: www.resources.stuff.co.nz

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*