Cara Jadi Orang Kaya di Desa Modal HP Saja

Cara Jadi Orang Kaya di Desa Modal HP Saja

BERDESA.COM – Banyak orang meninggalkan desa karena mereka pikir hidup kota lebih menjanjikan. Sebentar lagi anggapan bakal tidak berlaku lagi, kini hanya dengan modal Smartphone alias handphone saja, siapapun bisa mengumpulkan banyak uang di desa. Caranya sederhana, berjualan produk desa dan UMKM di E Dagang alias E-Commerce. Nama E Commerce-nya www.usahadesa.com. Kok bisa?

Data yang dihimpun Berdesa.com menyebut, hingga akhir tahun 2014 saja jumlah UMKM di seluruh Indonesia mencapai 57,9 juta dan menyerap 97 persen tenaga kerja di seluruh negeri ini. Artinya, sebagian besar rakyat Indonesia betopang hidup pada UMKM. Asal Anda tahu, sebagian besar UMKM itu hidup di wilayah desa dan kota-kota kecil.

Masalah UMKM secara umum adalah akses pasarnya yang terlampau sempit dengan modal yang juga pas-pasan. Belum lagi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga terbatas. Maka jika saja ada jembatan yang bisa mendorong mereka menjual produknya pada pasar yang lebih luas, maka kesempatan untuk mengembang bagi produk desa dan UMKM, bakal terbuka dan luar biasa. Soalnya, saat ini pasar lebih dikuasai produk asing dan produk yang dilahirkan perusahaan-perusahaan bermodal besar.

Secara sederhana seorang entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang pandai mengenai produk, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya. Maka seorang desapreneur adalah orang dengan kemampuan seperti itu dan hidup di wilayah pedesaan. Bisa jadi dia adalah seorang pelaku UMKM atau produsen produk desa tertentu atau benar-benar seorang pemuda yang fokus menjadi reseller untuk menjual produk-produk desa atau produk lokal di sekitar area tempat tinggalnya.

Maka sangat terbuka peluang bagi orang yang akan bisa menjadi kaya raya hanya dengan modal smartphone alias Handphone yang bisa akses internet. Orang ini hanya perlu mengidentifikasi produk di kampungnya yang memiliki kelayakan jual, memiliki fungsi yang jelas bagi banyak orang atau kehidupan manusia, memiliki wujud yang menarik dan penuh estetika seperti produk kerajinan. Jika sudah menemukan produk seperti itu, segera buat komunikasi dengan produsennya.

Pekerjaan Desapreneur selanjutnya adalah memastikan kemampuan produksi si pembuat produk karena sangat mungkin bakal mendapat pesanan dalam jumlah yang besar, bagaimana dengan permodalannya, bagaimana cara memenuhi tenggat waktu sesuai keinginan pembeli, bagaimana mendapatkan bahan baku dan semua proses produksi harus berdasar standar mutu yang jelas.

Setelah memastikannya, seorang desapreneur harus membuat imaging alias gambar yang semenarik mungkin bagi siapapun yang melihat gambar produk itu. Soalnya, berjualan online sangat bergantung dari menarik dan tidaknya gambar yang dipajang. Uniknya, imaging yang hebat ini bahkan bisa dilakukan hanya dengan smartphone saja. Kalau tidak percaya, tengoklah Instagram karena Sosial media yang satu ini sangat mengandalkan gambar sebagai daya tarik utamanya.

Jika gambar sudah didapat, segera upload alias pasang produk itu di lapak Usahadesa.com. Tentu saja sebelumnya Anda sudah mendaftarkan diri sebagai pelapak website ini. Tahu cara mendaftar?  Klik di sini. Dari halaman itu Anda tinggal memasukkan data diri Anda. Lalu buatlah cerita yang menarik mengenai produk itu. Jangan salah, cerita atau penjelasan sebuah produk sangat mempengaruhi orang untuk membeli suatu produk. Misalnya produk kopi, ada ribuan pembuat kopi dengan segala rasa dan keistimewaan. Kopi disukai hampir semua orang dan mereka akan memilih kopi karena cerita mengenai kopi itu.

Setelah terpasang di Usahadesa.com dengan semua aturan yang ditentukan, terus monitor dan lakukan promosi dengan Sosmed. Usahadesa.com dengan sistemnya akan membuat produk Anda dilihat orang di berbagai belahan Indonesia dan dunia. Monitoring terus akun Anda dan siap-siap saja, setiap saat akan ada pembeli dengan jumlah pembelian yang tak terduga. Saat itulah Anda harus bersiap karena bisa saja tiba-tiba Anda bakal menjadi ‘terlanjur kaya’.(dji-1)

Foto : entrepreneur-sukses.com

Baca juga : Sukses Dengan Tiga Kata
BUMDesa

alterntif text

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*