Cara Cari Ide Usaha Desa Melalui Dunia Maya

Jualan di E-Commerce Lebih Aman Bagi UKM

BERDESA.COM – Tahuah Anda, salahsatu topik yang ramai pengunjung di dunia maya alias internet adalah mengenai tips and trik membangun usaha. Ya, ada ratusan bahkan ribuan website yang bisa memberikan kita paparan mengenai ide-ide kreatif yang bisa dikembangkan menjadi usaha di wilayah desa. Bagaimana caranya?

Mudah saja, Anda tinggal buka mesin pencari Google dan tuliskan apa yang Anda cari. Misalnya ‘peluang usaha modal kecil’, maka dalam sekejab bakal berderet-deret website yang menawarkan beragam informasi mengenai usaha apa saja yang bisa dibangun dengan modal tak seberapa tetapi bisa menghasilkan laba raksasa.

Ada begtu banyak informasi seperti ini dan Anda tinggal memilih saja mana yang paling cocok dengan situasi Anda. Bahkan misalnya, Anda bisa menciptakan aneka aksesoris dengan memanfaatkan kayu-kayu terbuang dari para tukang kayu di desa Anda menjadi produk bernilai jutaan, membuat boneka dari kaus kaki dan banyak lagi. Masalahnya adalah bagaimana memasarkan produk-produk seperti itu?

Maka Anda harus pintar memilih mana ide kreatif usaha yang sesuai dengan minat dan potensi yang Anda miliki. Jika Anda seorang tukang kayu yang terbiasa membuat perkakas rumah tangga seperti meja, kursi, almari dan lain-lain, melalui internet Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi disain melalui internet lengkap dengan cara membuatnya. Untuk jenis informasi seperti ini Anda bisa membuka www.youtube.com yang menyajikan videonya itu. Dengan cara itu Anda bakal bisa selalu menyajikan disain baru yang menawan bagi calon pembeli Anda.

Bagi Anda yang punya jiwa seni dan kreatif, Anda bisa memanfaatkan limbah kayu untuk menciptakan aneka suvenir dan aksesoris rumah mulai dari gantungan kunci unik hingga jam tangan kayu. Jangan salah, produk-produk berbahan murah meriah seperti ini bisa menghasilkan duit ratusan juta.

Nah, ada baiknya Anda juga mempelajari cara menjual melalui internet. Jangan kawatir, tak harus Anda pelajari sendiri soalnya bisa-bisa waktu Anda habis untuk memelototi layar komputer jika harus belajar sendiri. Maka sebaiknay menggandeng anak-anak muda desa yang kini juga sudah sangat akrab dengan teknologi digital ini. Minta mereka menggawangi urusan pemasaran melalui online dengan memanfaatkan sosial media, toko online, pasar online dan beragam lapak berdagang online yang kini jumlahnya bertebaran. Ini adalah cara menjual yang murah meriah karena hampir dari mereka semua tidak membutuhkan biaya untuk memajang produk kita ke dalam website jualan mereka.

Melalui internet bisnis kuliner juga bisa menjadi pilihan usaha yang berprospek besar. Soalnya, di internet banyak orang yang mencari sesuatu yang unik, baru dan khas. Sehingga beragam produk yang unik bakal mendapat perhatian lebih dari para pengguna teknologi di dunia maya. Seperti yang terjadi pada Ikan Kayu ala Chef Inong. Ini adalah produk makanan pedas berbagan utama daging ikan yang dikeringkan dengan cara dijemur berhari-hari hingga mirip serpihan kayu. Nah, melalui internet, makanan khas Aceh ini kini memincut lidah ribuan orang dari berbagai belahan Indonesia. Padahal, pembuatnya berdiam di Aceh sana. Tetapi mereka bisa menjual produk makanan buatan mereka ke seluruh Indonesia. Hebat bukan?

Nah, apa yang dicapai Ikan Kayu ala Cef Inong itu sangat mungkin dilakukan warga desa lain di Indonesia. Soalnya, setiap desa hampir pasti selalu punya jenis makanan khas yang tidak ada di desa lain. Itu adalah produk yang sangat mungkin dijual ke daerah lain jika dipasarkan melalui dunia maya. Jadi, tunggu apalagi, gandenglah anak muda desa dan berikan mereka tantangan untuk memasarkan produk desanya.(aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*