BUMDESA TRAINING PROGRAM

Tak perlu diragukan, setiap desa pasti memiliki potensi untuk dikembangkan. Bahkan masalahnya, banyak warga desa tidak menyadari besarnya potensi yang dimiliki desanya. Pada titik inilah BUMDesa lahir dan mengembangkan dirinya sebagai lembaga usaha, berbasis potensi asli desa yang bakal memastikan seluruh warga desa bakal mendapatkan manfaatnya.

Untuk mempercepat laju BUMDesa sebagai lokomotif peningkatan kesejahteraan warga desa ini PT Usaha Desa Sejahtera menciptakan Program Pelatihan dengan menggabungkan beberapa pola sekaligus. Pelatihan Training Program menggabungkan pola in class, outdoor, kunjungan desa berprestasi dan interaksi langsung dengan pelaku dan seluruh rangkaian acara digelar di lokasi desa yang sebenarnya. Usahadesa memastikan peserta pulang sembari menggenggam solusi bagi masalah desanya masing-masing. 

BUMDESA TRAINING PROGRAM

Pelatihan BUMDES

STUDI BANDING BUMDES

Magang di Desa Berprestasi

BUMDESA TRAINING PROGRAM

PELATIHAN BUMDESA

Model Pelatihan BUMDES kami desain khusus untuk membantu desa-desa mengembangkan BUMDesa-nya, PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes) menciptakan terobosan berupa Pelatihan BUMDesa dengan konsep terpadu bagi seluruh desa se-Indonesia. Pelatihan Usdes memadukan metode in class, outdoor, kunjungan ke desa dan obyek sesuai kebutuhan peserta sekaligus menyediakan ruang interaksi langsung peserta dengan para pegiat BUMDesa yang telah berhasil.

Seluruh proses pelatihan bakal digelar dengan atmosfir pedesaan sehingga peserta langsung merasakan situasi sosial yang sesungguhnya. Target Pelatihan Usdes bukan hanya memberi pemahaman wacana melainkan memberikan cara, solusi dan pilihan pada masing-masing peserta dan memastikan seusai pelatihan peserta siap beraksi mengembangkan BUMDesa-nya menjadi lembaga yang mampu menciptakan kesejahteraan bagi warga.

Tujuan Kegiatan

  1. Memahami cara memetakan aset desa serta stategi pengembangannya untuk mencapai desa mandiri
  2. Memahami cara menginisiasi, mendirikan, menentukan jenis usaha, dan mengembangkan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sebagai lembaga usaha milik desa yang mampu mengoptimalkan potensi sekaligus menjawab kebutuhan desa
  3. Memahami manajemen organisasi BUMDesa dan cara pengelolaannya dengan melakukan interaksi langsung dengan pelaku BUMDesa di desa yang telah menapak keberhasilan menjalankan BUMDesa-nya
  4. Mampu merancang disain strategi pengembangan BUMDesa untuk desanya sendiri

Manfaat Kegiatan

  1. Memberikan pengenalan perencanaan desa berbasis aset dan potensi yang mampu menggerakkan pembangunan desa
  2. Memberikan pemahaman mengenai prosedur pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang partisipatif, inovatif, edukatif, transparan, dan akuntabel
  3. Memberikan daya kreativitas wirausaha dalam mengembangkan BUMDES dan UMKM di desa.
  4. Mengenalkan keragaman usaha BUMDesa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan desa

STUDI BANDING BUMDES BERPRESTASI

Studi banding dengan mengunjungi desa berprestasi adalah salahsatu cepat menciptakan perubahan bagi sebuah desa. Mengunjungi desa yang telah berhasil melaju dengan BUMDesa-nya, melihat langsung situasi di lapangan, diskusi dengan para pelaku pembawa keberhasilan di lingkungan yang senyatanya adalah beberapa keunggulan studi banding.

Usaha Desa Sejahtera selalu siap membantu desa-desa yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan dengan melalui studi banding sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa. Sebagian besar obyek atau desa yang dikunjungi adalah desa-desa dengan prestasi tingkat nasional yang telah menjalin kerja sama kemitraan dengan Usaha Desa seperti Desa Wisata Nglanggeran yang tahun ini dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik se-Asia Tenggara, BUMDesa pengelola sampah, pengelolaan air bersih, agrobisnis hingga mengembangkan toko retail modern.

Tujuan studi banding BUMDES Berprestasi

  1. Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Bumdesa, termasuk juga bagi BUMDesa Bersama secara lebih cepat dan massif
  2. Melihat situasi langsung desa berprestasi dan berdiskusi dengan para pelaku di dalamnya
  3. Mendapatkan pengetahuan baru mengenai sebuah tema yang menjadi kebutuhan
  4. Menciptakan koneksitas sehingga bisa membangun jaringan kerja sama

Manfaat studi banding 

  1. Memberikan wawasan dan pengetahuan baru
  2. Sebagai alat analisa untuk menghasilkan rumusan baru sesuai kebutuhan desa dengan cara meperbandingkan berbagai obyek yang dikunjungi
  3. Membangun jaringan kerjasama antar-BUMDesa untuk saling mendukung
  4. Mampu menciptakan objektifitas yang lebih kuat dalam melihat persoalan desa

MAGANG DI BUMDES BERPRESTASI

Belajar yang paling efektif adalah praktik. Usahadesa membuka Program Magang di desa berprestasi bagi desa yang ingin belajar cepat. Desa tempat belajar disesuaikan dengan kebutuhan peserta magang. Misalnya, peserta yang ingin belajar mengenai bagaimana BUMDesa mengembangkan minimarket modern, Usdes akan menempatkan peserta pada desa yang telah berhasil mengembangkan minimarketnya.

Kami telah menyiapkan berbagai program magang pada desa-desa mitra Usahadesa, sesuai kebuuhan peserta. Beberapa desa mitra seperti Desa Dlingo, Panggungharjo, Wirokerten, Murtigading, Srigading, Karangtengah, Pandowoharjo. Bleberan, Putat dan beberepa desa lainya. Deretan desa ini memiliki beragam prestasi dan keunggulan berkat kemampuan organisasi dan konsolidasi sosial yang mereka jalankan.

Fasilitas Magang Kerja

PELATIHAN RETAIL DESA

Banyaknya jaringan retail modern menunjukkan besarnya peluang usaha di bidang ini. Kenapa bukan desa sendiri yang memiliki dan mengembangkannya? Membangun retail desa dalam bentuk toko atau minimarket adalah salahsatu pilihan strategis bagi BUMDesa. Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari warga, retail juga bisa menjadi pintu gerbang beragam produk desa. Keunggulannya, retail desa telah memiliki pasar yang pasti yakni warga desanya sendiri. Loyalitas konsumen yang satu ini dipastikan teruji karena retail desa adalah milik warga desa sendiri. Uniknya lagi keuntungan retail ini bakal kembali kepada seluruh warga dalam beragam bentuk peningkatan kesejahteraan.

Agar desa-desa se-Indonesia mampu menjalankan peluang ini PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes) membuka Pelatihan Mendirikan dan Mengembangkan Retail Desa. Pelatihan ini memberikan seluruh materi bagi peserta latih untuk memahami berbagai kebutuhan pengetahuan dan kemampuan mendirikan retail modern termasuk retail berjaringan. Bukan itu saja, Usdes juga menyediakan fasilitas praktikum, magang dan tim khusus yang akan mendampingi desa mulai dari menentukan daya beli pasar, pemilihan tempat yangs trategis, penyediaan sistem produk hingga sistem manajemen.

Tujuan Kegiatan:

  1. Memahami peluang desa sebagai modal sosial bagi berdirinya retail desa
  2. Memahami cara merumuskan potensi pasar, menentukan item produk, tempat yang strategis dan sistem pelayanan prima dalam usaha retail desa modern
  3. Memahami manajemen retail modern sehingga bisa mengembangkan usaha retail berjaringan
  4. Membangun saluran pemasaran bagi produk desa untuk bersaing dengan produk lain

Manfaat Kegiatan:

  1. Mencukupi kebutuhan sehari-hari warga dengan harga lebih murah dibanding retail modern umumnya
  2. Menciptakan entitas usaha yang mampu menciptakan kekuatan melawan kekuatan para pemilik modal dari luar desa
  3. Mencegah berkembangnya budaya konsumtif dan menggantikannya dengan budaya efisiensi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga desa
  4. Membuka pasar bagi produk lokal agar mampu bersaing di pasar terbuka lebih luas

 

Portfolio & Testimoni

Tertarik Mengikuti Program BUMDesa Training?

Tak ada yang sulit untuk bisa mengikuti Program BUMDESA Training bersama Usaha Desa, Silahkan isi form dibawah ini dan pilih jenis program apa saja yang Anda butuhkan.