BUMDesa-BUMDesa Terbaik se-Indonesia 2016 (Bagian-2)

1
923
bumdesa bumdesa terbaik

BERDESA.COM – Desa Padang Jaya, Kecamatan Paser, Kalimantan Timur memang patut diacungi jempol. Berkat BUMDesa Amanah yang dibangun desa ini, kesejahteraan perekonomian warga di daerah eks Unit Pemukiman Transmigrasi ini melesat cepat. BUMDes pula yang berhasil mengentaskan warga dari kondisi kekurangan air bersih yang selama ini mendera kehidupan mereka.

Direktur BUMDes Amanah  Sutarno mengungkapkan, kekurangan air bersih adalah problem masyarakat Padang Jaya bertahun-tahun. “ Karenanya menjadi prioritas bagi BUMDesa mengatasi masalah ini,” katanya. Hasilnya, kini hampir 100 persen warga Padang Jaya sudah bisa menikmati air bersih dengan lancar. Dalam saat yang sama layanan air bersih ini mengalirkan keuntungan bagi BUMDesa sebagai unit usaha pelayanan air bersih.

BUMDesa Amanah terus mengembangkan sayap, BUMDesa membeli produk sawit warga untuk kemudian dijual kepada pabrik, ini cara BUMDesa menjaga harga sawit agar stabil dan menguntungkan warga. Soalnya, selama ini harga sawit dikendalikan oleh tengkulak. Tak hanya itu, BUMDesa Amanah juga menyediakan sekalian bibit sawit sehingga warga tidak perlu mencari bibit ke pihak lain. Unit usaha lainnya adalah layanan pasar desa yang kini menjadi pusat ekonomi warga di desa ini juga layanan pembayaran listrik.

Baca Juga  Apa Saja yang Harus Dilakukan Pendamping Desa

Kecepatan mengembangkan usaha dan kualitas layanan BUMDesa Amanah tak hanya mendatangkan pendapatan bagi desa tetapi juga mampu menyelesaikan masalah sosial seperti air bersih. Pasar desa yang dibangun BUMDesa juga mampu menggerakkan gairah ekonomi desa ini menjadi jauh lebih cepat sehingga mengalirkan kesejahteraan pada warganya. Deretan prestasi inilah yang membuat BUMDesa Amanah terpilih menjadi BUMDes terbaik kategori Eco Agriculture dalam pemilihan BUMDesa terbaik se-Indonesia yang digelar Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, baru-baru ini.

Desa Alasangker, Kecamatan Buleleng, Bali, juga mencuatkan prestasi. Untuk mendongkrak ekonomi warga pemerintah desa memutuskan membangun BUMDesa Mandala Giri Amertha dengan unit usaha utama lembaga perbankan yang memberikan kredit bunga rendah kepada warga desa. Tak hanya bunga rendah saja, lembaga keuangan yang digerakkan BUMDesa ini juga memastikan pinjaman yang diajukan warga desa memang diperuntukkan sebagai modal meningkatkan produktivitas dan bukannya mendorong konsumerisme.

Pengelolaan lembaga keuangan yang dilakukan BUMDesa juga tidak tanggung-tanggung, mereka memiliki sistem kerja modern dengan sistem administrasi yang rapi dan transparan. Hasilnya, BUMDesa ini terpilih menjadi BUMDesa terbaik Kategori Berkembang.

Baca Juga  Apa Saja Syarat Pendirian BUMDes?

Dua BUMDesa di atas adalah dua dari 14 BUMDesa dari berbagai wilayah nusantara yang berhasil mendapatkan gelar terbaik pada kategorinya masing-masing.Desa-desa jawara lainnya Kategori BUMDesa Trendy : BUMDesa Tirta Mandiri Ponggok, Jawa Tengah, Kategori BUMDesa Eco Agriculture: BUMDesa Amanah, Kalimantan Timur.

Pada Kategori BUMDesa Inovatif terpilih BUMDes Lentera Nusa Tenggara Barat, BUMDesa Aneotob Nusa Tenggara Timur, BUMDesa Mandiri dari Sumatera Utara. Kategori BUMDesa Partisipatif : BUMDesa Blang Krueng Aceh Besar dan BUMDesa Mattiro Bulu, Sulawesi Selatan

Kategori BUMDesa Rintisan Handycraft dan Kerajinan Desain: BUMDesa Tammangalle Bisa Sulawesi Barat, Kategori BUMDesa Rintisan Berkembang : BUMDesa Tunas Jaya Sasak, Sumatera Barat, BUMDesa Karya Usaha, Bengkulu dan BUMDesa Cahaya Makmur, Sulawesi Tengah.

Kategori BUMDes Rintisan Tourism dan Natural dimenangi BUMDes Andal Berdikari, Bangka Belitung. Kategori BUMDesa Rintisan Eco-Agriculture dijuarai BUMDesa Maju Makmur Jawa Timur. Sedangkan Kategori BUMDesa Rintisan Partisipatif terpilih BUMDesa Bebedahan Berkah, Banten.(aryadji/berdesa/bersambung)

Foto: bp.blogspot.com

Baca juga: BUMDesa-BUMDesa Jawara Nasional 2016

BUMDesa

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here