BUMDes Tugu Jaya Lampung Kembangkan Pasar Desa

0
931

BERDESA.COM – BUMDes yang menghasilkan income miliaran rupiah dalam setahun tentu saja hebat. Tapi sebenarnya, ada banyak pula BUMDes yang memang tidak bisa menghasilkan ratusan juta dalam setahun bagi Kas Desa-nya, tetapi menciptakan pendapatan miliaran rupiah bagi warganya dalam rupa-rupa aktivitas ekonomi.

Seperti yang dilakukan BUMDes Tugu Jaya Desa Muara Jaya, Sukadana, Lampung. Desa ini membuka pasar desa untuk warganya. Terbukti, bermodalkan bangunan kios dan los-los di pasar desa, geliat ekonomi warga desa ini menguat dan jadilah pasar itu sebagai tempat jual beli warga desa. Bahkan beberapa desa tetangga kini juga mengais rejeki di sana.

Dikelola BUMDes, pasar Desa Sukadana mampu menyulap dirinya menjadi pasar dengan keramaian tinggi dan tempat bertransaksi aneka potensi desa. Konsep ini membuktikan program BUMDes Pasar Desa adalah salahsatu unit usaha yang memiliki dampak besar dan luas bagi ekonomi warga.

Direktur BUMDes Mura Jaya Jaoehari Saleh kepada Berdesa.com mengungkapkan, desanya memang tidak memiliki potensi khusus dan sebagian besar warga bertumpu pada pertanian sebagai mata pencaharian. Sehingga sulit bagi desanya menciptakan lompatan pendapatan bagi BUMDes seperti yang terjadi pada desa-desa yang memiliki potensi khusus seperti obyek wisata misalnya.

Baca Juga  Peran Pemkab dalam Pendirian Pasar Desa

“Apalagi dana penyertaan modal juga belum begitu besar sehingga kami memilih kegiatan usaha yang lebih bertumpu pada partisipasi ekonomi warga. Pasar desa adalah ilihannya,” katanya. Awalnya pasar desa ini didirikandengan bantuan dana dari program pemerintah dengan jumlah kios terbatas. “Lalu lambat lun pasar menjadi ramai dan kami lalu menambah bangunan berupa los dengan cara swadaya,” kata Jaoehari. Hasilnya?

Pasar desa makin berkembang dan BUMDes berhasil mendorong manfaat sosial yang sangat besar bagi ekonomi warga desa. BUMDes Muara Jaya Sukadana terbukti mampu menjadi BUMDes yang mampu memfungsikan dirinya sebagai penyangga ekonomi desa. Kini warga berbondong-bondong menjual produk desanya di pasar itu. Jadi BUMDes ini otomatis telah menghidupkan gairah ekonomi bukan lagi segelintir orang melainkan warga satu desa. “ Tapi secara angka BUMDes kami belum bisa menciptakan angka besar seperti BUMDes-BUMDes hebat lain. Tetapi aktivitas pasar desa menciptakan peluang peningkatan pendapatan ratusan warga setiap hari,” katanya.

BUMDes Muara Jaya adalah salahsatu desa yang berhasil mendorong ekonomi warga desa dengan memfungsikan diri sebagai lembaga usaha desa penyangga ekonomi warga. Masih ada banyak desa yang melakukan hal seperti ini dengan rupa-rupa jenis usaha. Sayangnya mereka seringkalil tidak terlihat di hadapan khalayak. Soalnya, yang sering terlihat adalah BUMDes yang menghasilkan uang besar untuk kas desanya.(adji/berdesa)

Baca Juga  Kemendes Luncurkan Aplikasi Multi Media ‘Desa Kini’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here