BUMDES, Magnet Dan Barometer Ekonomi Desa

BUMDES, Magnet Dan Barometer Ekonomi Desa

Oleh: Catur Nugroho

Dibutuhkan segera, Direktur dan manajer yang berpengalaman dan profesional untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan perdagangan yang sedang berkembang pesat..”.Pernahkah Anda membayangkan suatu saat ada iklan kesempatan kerja seperti tersebut di atas di sebuah harian nasional dengan ukuran yang lumayan besar seperti halnya iklan-iklan lowongan BUMN dan perusahaan swasta kaliber nasional ? Atau iklan tersebut diposting dalam media online pada job-job portal kelas nasional ?Hal tersebut bukanlah mustahil jika semua pihak terjalin dalam koordinasi yang kompak dalam membentuk dan mengelola BUMDES secara profesional. Karena semua potensi-potensi ekonomi yang ada di pedesaan seluruh pelosok Indonesia sangat berlimpah baik potensi alam dan hasil bumi serta potensi budaya. Tinggal perlu sentuhan-sentuhan tangan, ide, kreatifitas para profesional dan terlatih yang jujur.

BUMDES ibarat bayi yang sedang digadang-gadang akan menjadi organisasi yang bergerak di bidang ekonomi yang besar untuk turut membangun dan memberdayakan desa beserta warganya. Di tangan Pemerintah sebagai pembina, segala perangkat untuk keperluan BUMDES sudah disiapkan, mulai dari perangkat yuridis formal (regulasi) sampai perangkat teknis operasional. Diperlukan keterlibatan semua pihak untuk mempersiapkan BUMDES yang profesional dan siap mengelola seluruh potensi-potensi desa yang bernilai ekonomi yang memenuhi hajat hidup orang banyak di pedesaan. Bagaimana menjadikan BUMDES menjadi barometer pembangunan ekonomi desa dan menjadi magnet ekonomi yang mampu menarik perhatian para investor dan kalangan profesional ?Sebagaimana BUMN, BUMDES yang merupakan organisasi perusahaan haruslah dibentuk dan dikelola sebagaimana layaknya mengelola organisasi perusahaan secara profesional. Sebaiknya BUMDES bersifat holding company yang menghimpun seluruh potensi-potensi bernilai ekonomi desa dengan berlandaskan hukum formal dan berdasarkan kesepakatan seluruh elemen-elemen ekonomi desa.

Potensi-potensi yang bernilai ekonomi di pedesaan yang berbasis pada komunitas, termasuk ekonomi kreatif bisa menjadi tulang punggung bisnis BUMDES. Dengan pengelolaan perusahaan yang menerapkan sistem good corporate governance dan manajemen mutu, BUMDES bisa bermanifestasi menjadi organisasi perusahaan yang sehat dan profesional. Diharapkan BUMDES mampu berperan lebih sebagai induk yang menaungi dan membina para pelaku usaha kecil dan mikro yang menjadi binaan BUMDES. Dengan kemampuan manajerial dalam mengelola aset, finansial dan sumber daya manusia dan juga teknologi menjadi efektif dan efisien, bukan tidak mungkin BUMDES akan menjelma menjadi perusahaan yang terus berkembang bahkan menggurita dan mampu menebar pesona pada kalangan investor untuk menanamkan modalnya dan mampu menarik minat kalangan sarjana dan profesional untuk mencurahkan segenap energi, pikiran, gagasan dan berkarir untuk BUMDES.

Menggagas BUMDES menjadi sebuah organisasi profit memang tidak mudah, terlebih dengan minimnya kompetensi sumber daya manusia di pedesaan. Tetapi ini tidak lantas menjadi alasan untuk mengendurkan antusiasme dalam membangun perekonomian desa. Pemerintah tentu memfasilitasi segala keperluan untuk memberdayakan BUMDES terutama sumber daya manusianya. Melalui pelatihan-pelatihan manajemen perusahaan, sumber daya manusia BUMDES akan menjadi sumber daya manusia yang handal, profesional, kreatif, inovatif dan mampu menghadapi segala tantangan dan isu terkini maupun masa depan baik yang bersifat lokal, nasional regional dan internasional yang mampu mempengaruhi kondisi nasional suatu bangsa, misalnya diberlakukannya MEA pada tahun 2016 mendatang.

Banyak para sarjana dan profesional yang bersedia berada di pedalaman bertahun-tahun bekerja pada perusahaan-perusahaan besar bidang pertambangan dan perkebunan, dan tentu saja bukan tidak mungkin mereka juga bersedia berkarir di BUMDES yang berbasis pedesaan. Tinggal polesan-polesan manajemen untuk membuat performa menjadi impresif, inovatif dan kompetitif dan yang pasti mampu memberikan kontribusi pada negara dan membangun kualitas hidup warga masyarakat desa menjadi yang lebih baik menjadi hal yang bukan mustahil di masa depan. Bukan hanya itu, tetapi juga menjadi perusahaan yang teruji oleh jaman dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap segala badai krisis seperti yang terjadi dalam beberapa dasawarsa terakhir ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*