Buka Warung Bakso, Berapa Biayanya?

0
4387

Membuka usaha seringkali menjadi opsi yang tepat bagi Anda yang sudah lelah bekerja atau ingin memiliki pendapatan yang lebih. Jujur saja, terkadang, kita mungkin jenuh dengan pekerjaan yang kita lakukan saat ini bukan? Keharusan untuk memenuhi segala tuntutan perusahaan belum lagi dengan jam kerja dan kewajiban yang harus dipenuhi yang terkadang menguras waktu kita. Kalau kata Bob Sadino, “kamu kerja atau dikerjain?”. Pertanyaan Bob Sadino ini mungkin sedikit menyadarkan kita sehingga memilih untuk beralih ke dunia usaha.

Banting setir ke dunia usaha bukan hal yang mudah, pun tidak sulit jika sudah dijalani. Biasanya, kita akan terlalu lama memilih mau bisnis apa, dimana, dan berapa modalnya. Memang, berbisnis butuh pertimbangan, dan banyak yang perlu dipertimbangkan. Dalam membuka bisnis, pilihlah peluang usaha yang banyak orang mencarinya. Semisal di bidang kuliner misalnya, carilah peluang bisnis yang memang memiliki calon konsumen yang banyak, seperti warung bakso misalnya.

Berbicara soal bakso, siapa sih yang enggak suka bakso? Mungkin ada, tapi sedikit. Kebanyakan orang baik di kota maupun di desa, tua atau muda, suka dengan makanan yang satu ini. Selain soal rasanya, orang kita memang terbiasa “jajan” menu lain selain nasi, tentunya sebagai selingan atau variasi menu makanan sehari-hari, dan bakso, biasanya banyak dipilih karena tidak terlalu berat dan enak tentunya.

Baca Juga  Usaha Kreatif Daur Ulang Sampah

Berdagang bakso bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat apalagi kita yang tinggal di desa. Memiliki lahan yang luas di desa bisa kita manfaatkan untuk membuka peluang usaha yang satu ini. Sebelum memulai bisnis ini, mari kita hitung bersama perkiraan modal awal yang akan kita keluarkan untuk membuka bisnis ini:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Gerobak Bakso Rp. 2.000.000
Mangkok, sendok, garpu Rp. 500.000
Saos, kecap, pelengkap Rp. 200.000
Meja, kursi/bangku Rp. 1.500.000
Promosi Rp. 300.000
Kompor + Gas Rp. 500.000
TOTAL Rp. 5.000.000

 

Dengan hanya bermodalkan lima jutaan saja, kita sudah bisa membuka warung bakso sederhana. Kita tidak harus berjualan keliling, namun bisa kita siasati dengan mangkal di tempat yang kira-kira banyak orang berkumpul seperti di pasar misalnya atau di gardu, atau di tempat yang kira-kira mudah dicari dan dijangkau. Namun sah-sah saja jika ingin berkeliling untuk mencari konsumen yang lebih banyak.

Modal di atas tidak termasuk biaya sewa ruko atau lahan ya. Jadi akan lebih menguntungkan jika kita memanfaatkan space yang ada untuk membuka usaha ini. Biasanya, jika kita memutuskan untuk mangkal di suatu tempat akan ada biaya retribusi keamanan dan kebersihan, ikuti saja, yang penting masih terjangkau. Modal di atas juga masih belum termasuk biaya listrik dan air yang pasti akan kita keluarkan. Modal awal yang disebutkan di atas bukan suatu hal yang pakem sih, jadi masih bisa digoyang dan disiasati agar lebih hemat pengeluaran.

Baca Juga  Ideologi Konsumsi Manusia Mall

Dengan modal yang sedikit ini kita bisa maksimalkan keuntungan jika kita tahu tips n trick berjualan bakso. Beberapa hal yang biasanya menjadi perhatian konsumen di antaranya adalah:

1. Rasa

Karena kita menjual makanan, konsumen tentu akan concern dengan rasa bakso yang kita jual. Rasa bakso yang kita jual haruslah memenuhi 2 kriteria dasar yakni bakso empuk, dan kuah segar. Selain itu, tambahan daging tetelan juga bisa menambah citarasa.

2. Kebersihan tempat

Konsumen cenderung lebih memilih tempat yang bersih dan nyaman tentunya. Untuk mencari tahu bagaimana tempat yang nyaman, coba posisikan diri anda sendiri sebagai konsumen, kira-kira Anda mau atau tidak makan di warung bakso Anda.

3. Harga

Harga makanan juga cukup berpengaruh dalam keberlangsungan peluang usaha ini. Cari tahu range harga dari bakso di lingkungan tempat Anda membuka bisnis ini. Jangan sampai, harga yang Anda patok terlalu mahal, bisa-bisa konsumen kapok makan di warung bakso Anda.

Membuka usaha apalagi di bidang kuliner memang susah-susah gampang, dan butuh ketelatenan. Prinsipnya hanya satu: tahan banting dan terus berinovasi. Semoga artikel peluang usaha desa ini bisa memberikan Anda inspirasi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here