Buah Carica Khas Dieng Ternyata Seperti Sayuran Lho

0
944
Buah Carica Khas Dieng Ternyata Seperti Sayuran Lho

Salah satu oleh-oleh khas Dieng yang selalu ada di Pusat Oleh-oleh khas Dieng adalah Carica. Banyak yang mengira, bahwa carica adalah pepaya. Padahal, jelas berbeda. Mulai dari rasa, tekstur hingga cara makannya pun beda. Memang, keduanya masih bersaudara. Jika di istilahkan, carica dan Pepaya alah sepupu.

Pepaya termasuk dalam genus Carica, sedangkan carica adalah Genus Vasconcellea. Perbedaan ini sangat mencolok. Sehingga keduanya pun memiliki habitat yang tak sama. Jika pepaya dapat hidup dibanyak tempat maupun daerah, tidak dengan carica. Di indonesia, Carica hanya ditemukan tumbuh subur di dataran tinggi Dieng dan Bali.

Selain itu, perbedaan mencolok pepaya dan carica terletak pada ukuran dan rasanya. Ukuran pepaya jauh lebih besar dibandingkan dengan carica. Pepaya memiliki daging yang tepal, lembut, dan manis.

Sedangkan carica memiliki daging yang tipis, renyah dan tanpa rasa. Tak heran, untuk dapat menikmati carica, harus dibuat manisan terlebih dahulu. Sehingga dapat memperkaya rasanya. Berbeda dengan pepaya, yang sudah sedap hanya dengan dinikmati sebagai buah potong segar.

Berdesa Tour

Untuk dapat menikmati kesegaran pepaya, Anda tak perlu repot-repot. Hampir disemua toko buah, pasar hingga supermarket yang menyediakan buah dan sayur pasti menyediakan pepaya. Sedangkan jika Anda ingin menikmati carica, Anda harus pergi ke pusat oleh-oleh khas dieng, atau toko oleh-oleh jawa tengah.

Baca Juga  Wisata Merapi Kaliurang, Wisata Yang Beda Dengan Yang Lain

Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo
Berwisata tanpa membawa pulang oleh-oleh, rasanya kurang lengkap. jika Anda berkunjung ke Wonosobo, setidaknya ada beberapa panganan yang wajib untuk Anda jasikan buah tangan.

Sebagai kota pegunungan penghasi sayuran, jika Andamengunjungi Dieng, Anda bisa membeli beberapa sayur dan kentang segar disana untuk dibawa pulang. Selain harganya lebih murah, tentu kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Namun, selain sayuran, apalagi yang menjadi makanan khas Wonosobo dan Dieng?

1. Carica
Manisan carica memiliki citarasa yang segar dengan manis yang pas. Sangat enak jika dinikmati saat dingin, atau dicampur dengan potongan buah segar, kolang kaling dan tambahan es batu.

Carica dikemas dengan beberapa kemasan, ada yang dikemas dengan cup-cup kecil, namun ada juga dalam jar kaca. Jika berkunjung ke wonosobo, ini merupakan jajanan wajib, karena tak ada di daerah lain.

2. Keripik Jamur
Keripik jamur khas Wonosobo juga tak kala kondangnya. Dengan sensasi rasa yang gurih dan renyah, keripik jamur juga selalu masuk kedalam keranjang belanjaan para wisatawan. Selain itu, harganya juga bersahabat, sehingga jangan khawatir untuk memborongnya ya.

Baca Juga  Sejarah Lawang Sewu Semarang, Kini Masihkah Seseram Dulu?

3. Kacang Dieng
Jangan dibayangkan, kacang dieng ini seperti kacang joget dari bali. Sungguh berbeda. Kacang dieng sama dengan kacang koro. Rasanya gurih mengarah ke asin. Teksturnya renyah, dan lebih empuk daripada kacang tanah. Meskipun tak hanay ada dikawasan Dieng dan Wonosobo, namun sangat layak untuk masuk ke daftar oleh-oleh khas Dieng.

4. Keripik Kentang
Kentang menjadi salah satu komoditi terbesar di Dieng. Tak heran, jika banyak dijual keripik kentang di toko oleh-oleh khas Dieng. Rasanya gurih, renyah dan sedap.

Deretan pusat oleh-oleh khas Dieng dapat Anda temukan dibeberapa titik di Wonosobo. Selain di sekitaran Dieng, Anda juga dapat menjumapi toko oleh-oleh di pusat kota Wonosobo.

Nah, jika tidak memungkinkan untuk mampir di kota Wonosobo, Anda masih punya kesempatan untung mampir di kawasan Kerteg, Wonosobo.

Ini merupakan daerah terujung Wonosobo yang berbatasan dengan kota Temanggung. Masalah harga, jangan khawatir, semua bersaing secara sehat kok!Anda dapat menyesuaikan dengan budget liburan Anda saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here