Bisnis Pakaian di Desa, Potensi Bisnis Sandang Dengan Untung Besar

0
948

Usaha menjual pakaian atau bisnis pakaian menjadi salah satu bisnis yang bisa dikatakan tidak akan pernah redup, karena pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok setiap orang dimana-mana. Selama masih ada manusia di muka bumi ini, maka peluang untuk mengembangkan bisnis pakaian ini akan selalu ada.

Biasanya, ada beberapa desa yang memiliki akses sulit untuk menuju ke kota. Sementara jika Anda suka dengan dunia fashion, Anda harus pergi dulu ke kota untuk membeli baju. Untuk itu, Anda bisa menjual baju yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa Anda, dan hal ini dapat menjadi peluang usaha desa yang menjanjikan karena target konsumen dari usaha ini adalah ibu-ibu. Usaha ini juga cocok dijadikan sebagai bisnis rumahan.

Sediakan baju lengkap untuk keluarga seperti, gamis, daster, jilbab, baby doll, celana pendek, kaos, kemeja pria, baju anak-anak juga baju untuk bapak-bapak. Jika modal yang Anda memiliki cukup besar, Anda bisa menjual baju secara kredit. Hal ini dapat dilakukan untuk lebih menarik minat para pembeli. Karena biasanya, meskipun harga yang Anda tawarkan sudah termasuk murah, tetap saja ada orang yang merasa keberatan untuk membeli secara tunai.

Baca Juga  Manisnya Peluang Budidaya Jambu Air Manis Madu, Begini Cara Mendapatkan Peluangnya

Tetapi jika modal Anda kecil, jangan coba-coba untuk menjual secara kredit. Karena jika mereka tidak segera membayar atau kredit yang Anda lakukan macet, usaha jual baju Anda tentu akan macet juga karena tidak ada perputaran uang untuk membeli barang baru lagi.

Jika Anda masih ragu, berikut adalah 5 poin yang bisa Anda jadikan pertimbangan mengapa usaha jual baju di desa sangatlah potensial:

1. Kebutuhan Primer Setiap Orang

Pakaian adalah kebutuhan utama yang diperlukan oleh setiap orang. Kategori dari konsumen berbagai macam, muda atau tua, pria atau wanita, pengusaha atau pegawai kantoran, dan lain sebagainya. Kategori-kategori ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan target pasar yang akan dibidik.

Semakin banyak target pasar, makin banyak pula varian produk yang akan dibuat, maka pasarnya pun akan semakin luas dan memiliki potensi keuntungan yang semakin besar. Anda juga bisa memasarkan bisnis Anda ke desa lain yang desanya tidak memfokuskan pada pengembangan industri usaha ini.

2. Persaingan Relatif Longgar

Mengembangkan usaha pakaian seperti ini di desa memiliki persaingan bisnis yang bisa dibilang relatif minim sebab dalam satu desa biasanya belum ada pesaingnya atau sudah ada namun masih sedikit. Oleh sebab itu, usaha ini masih memungkinkan untuk terus berkembang dan maju. Berbeda sekali dengan di kota yang sudah ada toko-toko yang menjajakan produk pakaian.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Kemasan yang Gampang Dikembangkan

3. Barangnya Tahan Lama

Salah satu kelebihan dari bisnis pakaian adalah barang ini bisa tahan lama. Tidak ada label kadaluarsa seperti halnya makanan maupun produk sejenisnya. Anda dapat melakukan berbagai strategi pemasaran agar produk pakaian yang Anda jual dapat laku tanpa harus takut basi dan harus buru-buru menjualnya.

Hal ini juga bisa meminimalisir kerugian, dan juga usaha dengan waktu hidup lama seperti ini sangat cocok untuk usaha rintisan semacam ini. Oleh sebab itu, usaha ini dapat menjadi salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan.

4. Modal Fleksibel

Modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha pakaian ini bisa dibilang relatif minim dan juga dapat disesuaikan dengan kemampuan. Anda juga bisa memulai merintis usaha ini dengan menjual pakaian beberapa lusin terlebih dahulu, sekedar untuk mengetahui tren pasar saat ini. Jika sudah, Anda bisa menjual dengan jumlah yang banyak.

5. Dapat Dijual Dengan Sistem Kredit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa orang yang lebih suka dengan pembelian secara kredit. Karena Anda berjualan di pedesaan, hal ini sangat lumrah untuk dijalankan karena menyasar konsumen yang memang berdaya beli rendah.

Baca Juga  Hebatnya Jualan Lewat Internet Bagi UKM

Itu tadi adalah 5 poin yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk mulai merintis usaha pakaian di desa. Apalagi saat ini sistem online sudah bisa masuk desa sehingga Anda pun bisa menjual pakaian dan memasarkannya lewat sosial media. Tidak harus memakai sistem konvensional lagi. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here