Bisnis Modern di Desa Ini Menguntungkan Sekaligus Kekinian

0
686
Inspirasi Bisnis Modern di Desa

Salah satu dampak positif dari meluasnya penggunaan sosial media adalah cepatnya arus informasi tersebar ke penjuru tanah air. Hal ini tak hanya memudahkan kita untuk mengakses sebuah informasi namun dari sisi ekonomi juga berdampak pada berkembangnya berbagai bisnis modern di desa.

Berkembangnya bisnis modern di desa karena pengaruh media sosial yang semakin berkembangnya dan berubah fungsi yang awalnya untuk bersosialisasi, namun kini sebagai sarana mempromosikan sebuah bisnis.

Kemudahan tersebut masih ditambah berkembangnya platform digital serta insfrastruktur yang mampu menjadi jembatan antara kota dan desa. Segala kemudahan tersebut menjadikan banyak inovasi bisnis baru yang berkembang di desa. Nah, berikut adalah ide – ide bisnis modern yang bisa kamu jalankan di desa:

1. Usaha Waralaba

Dengan memilih usaha jenis ini kamu akan mendapatkan kemudahan dalam meraih kepercayaan masyarakat. Kamu juga tak perlu melakukan riset produk atau membuat bahan promosi karena biasanya pihak waralaba akan menyediakan kebutuhanmu. Meski begitu kamu tetap harus melakukan analisa terhadap pangsa pasar dan daya beli masyarakat desa yang akan menjadi target kamu.

Baca Juga  Punya Uang 5 Juta? Buka Warkop Aja!

2. Usaha Berbasis Online

Jika disekitarmu menyimpan sebuah potensi baik kerajinan, pertanian maupun kuliner, kamu bisa memasarkannya melalui berbagai platform digital. Telah banyak kisah sukses dari bisnis model ini. Atau jika kamu kamu hobi memasak, kamu bisa memasarkan masakanmu melalui platform ojek online, dengan begitu kamu tak membutuhkan modal untuk sewa tempat.

3. Fashion

Dampak dari perkembangan media sosial adalah kemudahan para remaja untuk mengetahui tren fashion terkini. Hal itu mendorong mereka untuk selalu up to date terhadap perkembangan fashion, terutama dari para idola mereka. Kondisi tersebut dapat kamu manfaatkan dengan membuka lapak busana, baik yang berbasis offline maupun online. Dari bisnis ini pun kamu juga bisa berperan sebagai dropshipper ataupun reseller.

4. Cuci Steam

Cuci Steam ini menjamur jumlahnya di perkotaan, namun belum banyak yang menjamahnya di pedesaan. Mengingat perkembangan dunia otomotif yang juga merambah sampai ke pelosok desa, usaha jenis ini layak untuk dipertimbangkan untuk dijalankan di desa.

Baca Juga  Keripik Pisang Kekinian, Peluang Usaha Desa Prospektif Naik Daun di 2019

5. Warung Kopi

Bisnis ini termasuk bisnis modern di desa dengan perputaran uang yang amat cepat. Kopi dan senja adalah sesuatu yang sangat happening di kalangan remaja tak terkecuali di pedesaan. Tren tersbut dapat kamu manfaatkan untuk dijadikan sumber pendapatan.

6. Mainan Anak

Tak hanya kalangan remaja yang cepat sekali menangkap sebuah tren namun juga anak-anak. Akses internet yang telah meluas memungkinkan seorang anak di pedesaan untuk menonton kartun kesukaannya kapanpun dia mau. Untuk itu kamu perlu rajin mengupdate tren kartun anak-anak untuk masuk dalam bisnis ini.

7. Pertanian dan Peternakan

Satu dasawarsa lalu bertani dan beternak masih dianggap sebelah mata bagi para pengusaha muda. Namun kini dengan perkembangan dunia teknologi, memudahkan para petani dan peternak dalam menjalankan mata pencahariannya. Kita tak harus lagi memiliki lahan yang lapang atau berpanas-panasan di sawah untuk menjadi seorang petani modern.

8. Perawatan Tubuh

Jenis bisnis ini juga dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan media sosial. Jika dulu sebuah salon hanya melayani pangkas rambut atau creambath, kini mulai banyak salon-salon kecantikan yang berkembang dengan berbagai macam jasa mulai dari eyelash hingga sulam alis.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil Berpotensi Keuntungan Besar     

Diantara bisnis modern di desa diatas kamu harus memilih yang sesuai dengan ide yang kamu miliki. Pastikan kamu memiliki sumberdaya yang memadai sebelum memilih salah satunya dan jangan lupa untuk selalu melakukan analisa pasar karena tren dan kebiasaan dari masyarakat akan terus berkembang.

Pada dasarnya konsumen lebih tertarik pada pedagang yang memberikan kemudahan lebih dibanding pedagang lain. Itulah alasan mengapa inovasi begitu penting untuk selalu diterapkan pada sebuah bisnis dan inovasi tidak harus melulu pada produk.

Untuk menemukan ide inovasi kamu harus membuat sebuah catatan secara rinci strategi yang ingin kamu raih, lalu tulis solusi apa yang bisa ditemukan untuk melakukan inovasi. Semoga setelah membaca artikel ini kamu akan mendapatkan inspirasi untuk kesuksesan usaha kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here