Bingung Mau Buka Usaha Apa di Desa? Buka Pertamini Aja!

0
2243

Kini banyak orang tertarik untuk berbibsnis. Baik tua, muda, kini semakin “tahu” bagaimana enaknya berbisnis. Namun, dalam memulai bisnis, apalagi untuk pebisnis pemula yang baru pertama terjun ke dunia bisnis, rasanya memang ngeri-ngeri sedap. Kita perlu mempertimbangkan dengan matang, apa dan bagaimana bisnis kita akan berjalan. Salah perhitungan sedikit saja, bukan tidak mungkin bisnis yang kita jalankan berhenti atau gulung tikar.

Ada banyak pertimbangan dalam membuka usaha baru, seperti dalam memilih lokasi. Dalam memilih lokasi bisnis, kita bisa memilih tempat di  kota dengan asumsi lebih ramai, namun, harga yang ditawarkan tentu sangat tinggi, apalagi jika Anda memilih tempat di pusat kota. Berbeda dengan di desa, kita bisa mendapatkan lahan yang luas dengan harga yang mungkin sama dengan sebidang tanah sempit di pusat kota, namun, prhatikan aksesnya.

Tidak heran, dengan pertimbangantersebut banyak orang yang memilih untuk membuka usaha di desa. Mungkin Anda akan terbayang bisnis di desa melulu soal sayuran, peternakan dan sejenisnya, jangan salah, peluang bisnis di desa ada banyak sekali yang bisa dicoba. Salah satu usaha yang bisa kita coba di desa adalah membuka POM mini atau pom bensin mini.

Baca Juga  Suka Menjahit? Buka Jasa Jahit Aja!

Mungkin jika di kota kita bisa dengan mudah menemukan dimana leak pom bensin,namun, di desa mungkin letaknya cukup jauh. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka bisnis pom mini atau pom bensin mini atau yang dikenal dengan nama Pertamini. Pertamini ini meskipun merupakan singkatan dari Pertamina mini, merupakan bagian yangberbeda ya.

Mungkin Anda familier dengan penjual bensin eceran berbotol,nah pertamini merupakan the better version of it. Jadi Pertamini layaknya SPBU, pertamini menjajakan bensin menggunakan mesin seperti yang ada di SPBU, lengkap dengan selang dan nozzle. Jaman semakin maju, mesin Pertamini juga mengalami kemajuan.

Dari awalnya berupa dispenser manual menggunakan tabung takar berubah menjadi mesin digital seperti yang ada di SPBU saat ini. Peluang usaha Pertamini ini sangat cocok untuk dibuka di desa mengingat biasanya, kita baru akan menemukan SPBU di pusat kota kecamatan, sedangkan kalau sedang apes, orang yang kehabisan bensin di jalan bisa langsung menuju Pertamini Anda.

Binis ini layak dicoba karena terbukti menguntungkan. Saat ini, siapa yang tidak menggunakan kendaraan bermotor? Hampir mayoritas masyarakat memiliki kendaraan bermotor. Layaknya makanan, bensin menjadi sumber tenaga bagi kendaraan bermotor, oleh karenanya, tidak perlu ragu untuk membuka usaha ini karena bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang bisa dibilang tidak ada matinya.

Baca Juga  Startup-Startup Untuk Pembangunan Desa

Selama orang masih menggunakan kendaraan bermotor yang membutuhkanbensin, selama itu lah usaha Anda ini akan berjalan. Salah satu keuntungan membuka bisnis pertamini dibandingkan dengan membuka bisnis bensin eceran adalah dengan menggunakan mesin tersebut, pembeli tentu lebih yakin akan volume bensin sesuai harga yang mereka bayar.

Bisnis Pertamini atau pom bensin mini memiliki keuntungan yang tidak main-main lho. Katakanlah dalam sehari, jika kita mampu menjual total 100 liter – 150 liter Pertalite dan Pertamax untuk satu liter Pertalite dihargai Rp 9.000/liter atau selisih Rp 1.200 dengan harga jual di SPBU/pom bensin, hitung saja berapa yang kita dapatkan. Belum lagi jika Anda memiliki beberapa cabang pertamini di desa-desa sekitar desa Anda.

Katakanlah dua cabang saja, silahkan hitung pemasukan Anda dalam sebulan. Kita ambil contoh jika dalam sehari rata-rata bensin dapat terjual 100 liter saja, maka kita bisa mengantongi keuntungan sebesar Rp 120.000 per harinya atau sekitar Rp 3,6 juta per bulannya. Bagaimana? Menarik, bukan?

Baca Juga  Inspirasi Bisnis Desa: Bisnis Ternak Ayam Potong Omset Puluhan Juta untuk Pemula

Untuk dapat membuka bisnis ini kita membutuhkan biaya yang cukup besar, memang, namun kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari bisnis menarik ini. Sebenarnya masih banyak lagi peluang usaha desa yang bisa Anda coba. Tidak ada salahnya mencoba bisnis pertamini ini karena seperti yang sudah dituliskan sebelumnya bahwa kebutuhan akan bensin kurang lebih sama dengan kebutuhan manusia akan makanan. Oleh karenanya, kita tidak perlu ragu untuk mencoba membuka bisnis pertamini ini. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here