Bingung di Desa Mau Ngapain? Ini Dia Peluang Usaha Desa Paling Menjanjikan

0
12437
Bingung di Desa Mau Ngapain? Ini Dia Peluang Usaha Desa Paling Menjanjikan

Peluang Usaha Desa Paling Menjanjikan – Jargon “Bangga Membangun Desa” sudah lama di gaungkan oleh Pemerintah Daerah Propinsi di wilayah Jawa, khususnya PemProv Jawa Tengah. Tentunya dengan maksud untuk membangkitkan perekonomian desa dan mengaktifkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. Hal tersebut di dukung pula oleh Program Pemerintah Pusat yang telah sudah menggulirkan dana desa hinggaa 1 Miliar per desa.

Hal yang umum di pikirkan untuk memulai usaha biasanya adalah modal. Oleh karena itu, program-program yang dijalankan desa berkaitan dengan usaha rakyat mungkin bisa di manfaatkan dengan melalui pengajuan proposal atau permohonan bantuan dana usaha dengan membuat profil usaha Anda yang berprospek.Berikut Peluang Usaha Desa yang paling menjanjikan saat ini!

Membuat Barbershop / Tukang Cukur

 

Fenomena tukang cukur ala salon sedang merebak saat ini. Pelajari cara kerja, amati, dan tiru. Tentu saj usaha jasa ini membutuhkan keahlian khusus. Tukang cukur di desa biasanya dengan tempat seadanya, bahkan ada tukang cukur keliling.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Apa yang membuat beda dengan tukang cukur biasanya? Tentu saja adalah pelayanannya. Demgan harga 10 ribu, kostumer akan mendapatkan pelayanaan cukur, sedikit pijat di pundak dan kepala serta keramas. Jadi, begitu keluar dari tempat cukur, langsung dalam kondisi rapi dan bahagia. Anda setidaknya harus menyiapkan tempat yang layak dengan dua bangku khusus cukur dan keramas.

Ternak Lebah Madu

 

Begitu banyak manfaat madu sehingga pasarnya pun cenderung stabil dengan harga yang bagus pula. Dengan kondisi desa yang belum begitu padat penduduk,  Peluang Usaha Desa ternak lebah sangat menjanjikan. Beberapa syarat utama yang harus dipenuhi untuk memulai usaha ternak lebah antara lain:

  1. Menentukan tempat yang jauh dari keramaian, banyak bunga, dan kondisi cuaca atau suhu sekitar tidak lebih dari 26 derajat celcius. Jika daerah kamu lebih dari itu maka dapat disiasati dengan penggunaan kayu yang tebal untuk sarang agar lebah madu nyaman.
  2. Terdapat air bersih di sekitar peternakan, bisa dari sumur atau sungai yang belum tercemar.
  3. Mudah di akses oleh kendaraan. Jadi memudahkan Anda untuk merawat dan memanen serta memasarkan hasil ternak lebah madu.
  4. Mendapatkan bibit lebah. Anda dapat membuat perangkap dengan cara memancing yang dibuat dengan batang kelapa berongga atau biasa orang menyebutnya glodok yang dipasang di dahan pohon rindang. Kemudian di pindahkan ke tempat yang sudah disediakan dengan perlahan. Namun lazimnya, para peternak pemula akan membeli bibit unggul kepada peternak profesional lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan.
Baca Juga  Kecamatan Kaubun, Melaju Membangun Desa Mandiri

Jika Anda memiliki lahan yang luas di Desa,  maka bisa dimanfaatkan dengan memulai beternak lebah madu. Pelajari caranya dengan membaca atau datang langsung ke peternakan lebah yang sudah cukup sukses di daerah Anda.

Tukang Servis HP atau Elektronik

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap orang memiliki perangkat elektronik pribadi atau ponsel saat ini. Besar peluang usaha Anda di desa untuk berkembang, karena sedikit orang yang memiliki keahlian perbaikan hp di desa. Tapi tidak punya ketrampilan?

Jangan bingung jika Anda memiliki semangat untuk belajar. Investasikan uang untuk kepala Anda! Saat ini banyak sekali tempat kursus kilat khusus untuk perbaikan HP dan alat elektronik dengan jangka waktu satu bulan.

Di Surabaya misalnya, dengan biaya 5 juta, dalam waktu satu  bulan Anda akan dapat menguasai ketrampilan memperbaiki hp. Fasilitas yang didapatkan adalah tempat menginap selama belajar, alat-alat komplit untuk membuka bengkel hp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here