Berinvestasi Di Akseleran Equity Crowfunding

0
861
Berinvestasi Di Akserelan Equity Crowfunding

Setiap perusahaan ingin mengembangkan usahanya dengan membuka berbagai cabang. Salah satu kendala untuk  mendirikan cabang yakni membutuhkan modal yang besar. Sumber pendanaan umumnya didapatkan dari pinjaman.  Namun setiap ada pinjaman pasti akan membayar  bunga. Salah satu solusi dari pemecahan masalah ini adalah berinvestasi seperti di akseleran equity crowdfunding.

Akserelan equity crowdfunding merupakan akses investasi dengan peer to peer pinjaman platform di Indonesia yang menghubungkan UKM untuk mengembangkan usaha. Dengan memakai equity crowfunding, pengusaha terbebas dari membayar kewajiban pokok dan bunga. Selain itu, penggalang dana tidak mempunyai kewajiban untuk memberikan jaminan untuk meraih pendanaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak artikel dibawah ini.

Apa Itu Equity Crowdfunding?

Crowdfunding adalah mencari dana dengan cara mengumpulkan sejumlah kecil uang untuk proyek dengan sejumlah orang melalui platform offline maupun online. Terdapat tiga jenis crowdfunding yaitu reward based atau donation based crowdfunding, loan based crowdfunding atau crowdlending serta equity crowdfunding

Equity crowdfunding merupakan pemberi dana yang memberikan imbalan dalam bentuk saham kepada investor besar. Jumlah saham yang diberikan berbeda-beda tergantung penawaran dari perusahaan penggalang dana yang berdasar pada valuasi dari perusahaan tersebut.

Baca Juga  Pemerintah Lahirkan Toko Tani Indonesia Online, Mirip E-Commerce

Investasi Dengan Akserelan Equity Crowfunding

Akseleran menghubungkan antara UKM yang membutuhkan dana dengan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman untuk mengembangkan bisnis. Suku bunga lebih bersaing dan fleksibilitas dalam waktu pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan jaminan pada permodalan kepada pelaku bisnis.

Selain itu, akseleran membuka peluang untuk memberikan pinjaman kepada pelaku UKM untuk memperoleh hasil yang menarik dan setara dengan risiko yang ada. Berikut ini akan dijelaskan keuntungan dan risiko berinvestasi melalui akseleran equity crowdfunding.

Keuntungan Akseleran Equity Crowdfunding

Setiap akan memulai berinvestasi, ataupun meminjam dana kenali keuntungan dan resiko nya. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut keuntungan serta risiko yang akan ditimbulkan jika berinvestasi di akseleran equity crowfunding.

  • Semakin Tinggi Risiko, Semakin Besar Keuntungannya. Besarnya jumlah kepemilikan saham suatu perusahaan dalam berinvestasi, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan jumlah saham kecil. Ketika harga pasar saham perusahaan tinggi dan dibeli oleh perusahaan yang lain, maka kemungkinan akan mendapatkan keuntungan berkali lipat. Contoh keuntungan besar yang dapat diperoleh melalui investasi equity crowdfunding melaui penyertaan modal di startup adalah whatsapp diakuisisi oleh facebook sebesar US$19 milyar. Keuntungan ini didapat dari penanaman saham besar.
  • Kepuasan Investor. Akseleran akan memberikan kepuasan kepada investor. Hal ini disebabkan oleh penggalang dana akan mengkampanyekan pergerakan bisnis investor secara detail dari usaha yang akan didanai. Sehingga, akan tercipta kepuasan tersendiri dari para investor untuk mewujudkan keuntungan yang besar.
  • Kemudahan Berinvestasi. Melalui equity crowdfunding platform akan mempertemukan investor dengan penggalang dana. Sehingga platform dapat diakses oleh investor yang telah terakreditasi serta semua masyarakat yang memiliki dana lebih dan mau berinvestasi. Akseleran telah melakukan penseleksian uji hukum dan keuangan terhadap bisnis yang menggalang dana.
Baca Juga  7 Tips Membuat Crowdfounding Agar Sukses Mendapat Banyak Modal

Akseleran juga menyelesaikan documentasi hukum dan memproses segala administratif dari investasi yang dilakukan. Sehingga investor dapat fokus untuk memilih usaha yang dipandang baik untuk diinvestasikan serta lebih mudah dan efisien.

Risiko Akseleran Equity Crowdfunding

Tujuan berinvestasi yakni mendapatkan keuntungan. Namun, dibaliknya setiap berinvestasi pasti memiliki risiko yang akan timbul dari penanaman modal ini. Berikut risiko dalam inverstasi.

  • Risiko Kegagalan Usaha. Menjadi sangat signifikan dalam berinvestasi yaitu kegagalan usaha yang diinvestasikan. Kegagalan ini membuat nilai investasi investor menjadi hilang sepenuhnya.  Risiko menjadi lebih besar apabila bisnis tersebut tidak mempunyai aset yang bernilai saat likuidasi untuk dibagikan kepada pemegang saham.
  • Risiko Investasi Tidak Liquid. Apabila investasi modal pada perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di bursa efek Indonesia (BEI), maka modal pada start-up tidak mudah untuk dicairkan. Agar dapat mencairkan investasi tadi, harus dengan menjual saham melalui bursa efek. Mengingat tidak terdapat pasar yang memperdagangkan saham dari perusahaan rintisan, maka diwajibkan mencari pembeli yang berminat sebelum mencairkan investasi.
  • Risko Adanya Kemungkinan Penipuan. Sistem online membuat investor dapat berinteraksi dengan siapa saja tanpa mengetahui identitasnya. Sehingga, memudahkan seseorang untuk menciptakan identitas palsu, mengakibatkan selalu terbukanya kemungkinan penipuan.
Baca Juga  Pengusaha, Inilah Kelebihan Crowdfunding Syariah Solusi Pembiayaan Halal

Itulah beberapa keuntungan dan risiko berinvestasi. Daripada meminjam uang untuk modal, mending berinvestasi saja di akserelan equity crowdfunding. Mempunyai Investasi, keuntunganpun bisa didapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here