Berderet-deret Keuntungan Menjadi Desa Wisata

0
3846
Berderet-deret Keuntungan Menjadi Desa Wisata
Keindahan air terjun Sri Gethuk membuat obyek wisata desa ini menjadi primadona wisata di Yogyakarta

BERDESA.COM – Banyak warga pedesaan tidak menyadari mereka memiliki berbagai obyek yang bisa membuat desa mereka menjadi desa wisata hebat misalnya wisata alam air terjun, pemandangan alam nan elok atau obyek peninggalan sejarah yang menarik. Padahal kalau dikembangkan dengan serius, obyek-obyek itu bisa membuat desanya menjelma menjadi magnit bagi wisatawan. Pertanyaannya, semenarik apa sih menjadi desa wisata dan apa saja keuntungan yang diperoleh. Berikut ini berbagai keuntungan yang bisa dipanen sebuah desa wisata:

Menjadi Guyup Rukun

Hubungan antarwarga menjadi lebih guyup dan hangat . Ini terjadi karena mereka memiliki komitmen bersama membuat desanya nyaman dan aman didatangi orang-orang dari luar desa mereka yang berkunjung ke desa mereka sebagai wisatawan.

Munculnya Usaha Kuliner Desa

Banyaknya pengunjung ke desa mereka membuka peluang bisnis kuliner desa terutama menu-menu tradisional asli desa tersebut. Menu tradisional bakal menjadi daya tarik tambahan yang membuat orang tambah tertarik datang berwisata. Toko-toko dan warung makanan-minuman jadi laris karena banyaknya pembeli.

Muncul banyak peluang pendapatan bagi warga desa dan lapangan kerja

Banyak kebutuhan bagi para wisatawan seperti tempat menginap sehingga membuka peluang membuka usaha homestay. Peluang lain seperti penyewaan kendaraan menuju lokasi, jasa parkir, jasa pemandu atau orang yang memandu wisata, jasa binatu dan terbuka peluang menjual cindera mata khas desa tersebut. Semua peluang itu butuh SDM untuk menjalankannya, maka banyak lowongan kerja terbuka dengan sendirinya.

Baca Juga  Kearifan Lokal Sebagai Esensi Desa Wisata

Pendapatan bagi kas desa

Karena melibatkan warga dan perangkat desa dalam satu program bersama, desa sudah pasti bakal mendapatkan pendapatan dari banyaknya karcis masuk dan berbagai penggunaan pendapatan pajak

Transfer Pengetahuan

Para pengunjung berasal dari beragam latar belakang. Interaksi warga desa dengan para tamu akan mendatangkan banyak pengetahuan baru yang bisa membantu warga desa mendapatkan hal baru yang bisa mereka kembangkan untuk memajukan usaha atau taraf hidup mereka. Banyak berinteraksi dengan tamu dengan ramah akan memberi kesan yang baik sehingga pelancong yang datang akan merekomendasikan teman atau saudaranya untuk datang berkunjung ke desa wisata itu.

Promosi Desa

Desa wisata pastilah bakal terkenal. Ketenaran itu akan menciptakan kebanggaan bagi seluruh warga karena menjadi desa yang ingin dikunjungi banyak orang karena keindahannya, keramahannya dan berbagai hal baik yang melekat pada kehidupan desa itu.

Lingkungan Menjadi Bersih, Indah dan Rapi

Seiring kesadaran pentingnya menciptakan suasana yang nyaman bagi para pendatang maka warga menjadi lebih sadar pentingnya kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan dan pemeliharaan alam. Proses ini akan membuat desa menjadi jauh lebih indah dari hari ke hari, kehidupan warga semakin nyaman. Tidak hanya rejeki yang mereka dapat tetapi juga kesehatan dan kenyamanan.

Baca Juga  Pingin Wisata Desa Ramai, Buatlah Foto Instagrammable

Budaya dan Atraksi Seni Menjadi Hidup

Berbagai atraksi seni dan budaya mendapatkan tempat untuk hidup dan berkembang. Bahkan atraksi ini menjadikan desa wisata semakin eksotik sehingga semakin menarik orang untuk datang ke sana

Permainan anak menjadi penting

Jika selama ini permainan anak dianggap hanya dunia anak-anak sekarang telah menjadi salahstau daya tarik yang bisa dikelola untuk menambah daya tarik wisata desa. Tidak hanya anak-anak yang akan bahagia tetap para orangtua juga akan turut menikmati keceriaan anak-anak yang mendapatkan ruang untuk memainkan kesenangan mereka. Apa yang lebih menarik selain melihat anak-anak kita bahagia?

Banyak Kegiatan Menyenangkan di Desa

Suasana yang ramah dan riang gembira akan membuat suasana desa menjadi penuh keceriaan. Warga biasanya akan menciptakan banyak acara meriah seperti lomba-lomba kesenian, olah raga dan sebagainya. Suasana seperti ini sama sekali bukan perkara gampang mencapainya dengan cara selain menjadi desa wisata.

Lingkungan Alam Terperhatikan

Karena seluruh warga harus menjaga keindahan maka kelestarian alam menjadi penting untuk dijaga. Kesadaran ini bakal membuat alam desa menjadi semakin elok karena sangat dijaga. Tidak ada lagi penebangan pohon yang asal-asalan, penghijauan tidak perlu digembar-gemborkan, dengan sendirinya warga akan menjalankannya.

Baca Juga  Cara Menciptakan Kampung Sehat Sekaligus Mendatangkan Uang

Dukungan pemerintah menyediakan sarana prasarana

Sebagai desa tujuan wisata sudah tentu pemerintah berkewajiban mendukung prestasi itu dengan membangun berbagai sarana dan kemudahan seperti jalan, tempat ibadah dan sarana lainnya demi berkembangnya pariwisata di desa itu. Sangat menggiurkan bukan?(dji-1)

foto : wisatakejogja.files.wordpress.com

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Baca juga : Potensi BUMDesa Kelola Wisata Alam
Pendamping Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here