Berdaya dengan Kerupuk Gurita

Berdaya dengan Kerupuk Gurita

BERDESA.COM – Kabupaten Kaur merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Bengkulu yang memiliki potensi perikanan melimpah. Gurita, hewan sejenis moluska menjadi salah satu komoditas andalannya. Selama ini, gurita diolah menjadi aneka macam kuliner seperti gulai, rendang atau sate. Tentu gurita olahan ini merupakan makanan lezat dan bergizi tinggi sebagaimana umumnya ikan-ikan segar dari lautan yang mengandung protein tinggi.

Salah satu penggagas awal pembuat kerupuk gurita adalah Novi Juspitasari, peserta Program Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP3) Propinsi Bengkulu mencoba mengolah gurita menjadi kerupuk. “Produk Kerupuk Gurita merupakan produk baru. Selama ini masyarakat hanya mengenal kerupuk berbahan baku udang dan ikan. Padahal kerupuk gurita juga tak kalah enaknya dibanding kerupuk udang atau ikan tengiri,” tuturnya saat dihubungi Berdesa.com, Selasa (29/12).

Terbukti apa yang dikatakan Novi benar adanya. Kerupuk gurita disambut baik oleh masyarakat setempat maupun para wisatawan. Menurut Novi, konsumen justru banyak membeli kerupuk gurita yang masih mentah. Adapun harga kerupuk gurita dibanderol sebesar Rp. 70.000,00 per kilogramnya.

Namun demikian, ia tak menolak apabila konsumen membeli kurang dari satu kilogram. “Terkadang ada juga yang beli kerupuk gurita seharga Rp. 8000 atau Rp. 10.000. Ya, saya kasih saja,” ungkapnya. Dalam proses produksi, ia menggandeng warga Desa Tanjung Aur 1. Adapun tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat setempat sekaligus mengurangi angka pengangguran.

Menurutnya, proses produksinya tidak gampang. Ada sejumlah tahapan yang perlu dilakukan. Yakni sebelum dicampur tepung dan bumbu, gurita terlebih dahulu harus digiling hingga halus. Selain itu, faktor cuaca juga berperan penting dalam proses produksi kerupuk gurita. “Kalau sedang hujan, kerupuk tak bisa dijemur dan terpaksa harus dijemur di dalam rumah,” pungkasnya.(bd01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*