Berburu Batik Giriloyo

Berburu Batik Giriloyo

BERDESA.COM – Yogyakarta merupakan salah satu tujuan para pemburu batik. Selain sebagai oleh-oleh, wisatawan kerap membeli batik di Yogyakarta sebagai koleksi sendiri. Berbagai jenis merk, varian dan ragam batik dapat ditemukan di Yogyakarta.

Mulai dari baju batik, tas batik, hingga souvenir bermotif batik bisa ditemukan di kota gudeg ini. Apabila anda ingin berburu batik tulis dengan motif indah, Anda bisa mendapatkannya di Kampung Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Kampung Giriloyo adalah salah satu sentra batik tulis Yogyakarta yang sampai saat ini bertahan untuk membuat batik tulis khas Keraton Mataram secara tradisional. Kampung Giriloyo sebenarnya adalah nama sebuah dusun yang terletak di sebelah selatan pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Batik Giriloyo yang dilestarikan secara turun temurun kini menjadi salah satu bagian dari daerah batik di Indonesia yang paling dicari pencinta batik. Bukan hanya karena kehalusan pekerjaannya tetapi juga Batik Giriloyo sangat mempertahankan batik motif tradisional seperti Sidomukti, Wahyutumurun, atau Sidoasih.

Sebelum menjadi batik nan menawan, Batik Giriloyo dibuat melalui beberapa proses pewarnaan alami. Batik Giriloyo tidak memakai warna sintetis, makanya warna pada batik tulis tidak terlalu cerah/ngejreng, karena pewarnaannya menggunakan pewarna alami yang berasal dari kulit kayu, akar, kulit buah dan lainnya dari tanaman.

Proses pewarnaannya pun cukup rumit, misalnya sebelum memulai membatik, kain dipukul-pukul dahulu agar lunak tidak kaku. Setelah selesai melakukan pembatikan dengan malam, bahan batik tadi dicelup, kemudian dilorot/dikerok malamnya, selanjutnya ketika ingin memberi warna lain maka harus menutup dengan malam alias membatik lagi dengan mengikuti lukisan yang sudah jadi tadi, kemudian diwedel/dilorot lagi tergantung berapa warna yang diinginkannya.

Secara umum, harga batik Giriloyo berkisar 350 ribu hingga 1,5 juta. Bagi pecinta batik, tidaklah heran apabila harga batik Giriloyo termasuk mahal. Apalagi batik tulis dari bahan sutera, dengan seni batik yang tinggi, harganya sangat fantastis. Itulah harga nilai seni yang dikerjakan secara handmade.(bd05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*