Beginilah Caranya Usaha Tanpa Modal Bagi Warga Desa

0
1296
Perajin menyelesaikan pembuatan produk mebel di industri mebel, Desa Tinap, ukomoro, Kab. Magetan, Jatim, Selasa (15/7). Menurut pemilik industri mebel tersebut, selama menjelang Lebaran, penjualan produk mebel naik sekitar 20 persen. ANTARA FOTO/Siswowidodo/ss/pd/14

BERDESA.COM – Benarkah ada usaha tanpa modal bisa berjalan dan bisa dilakukan orang-orang yang tinggal di wilayah pedesaan? Ada dan bahkan justru orang-orang yang tinggal di pedesaan memiliki potensi besar untuk melakukan itu. Bagaimana caranya?

Banyak orang beranggapan hidup di kota lebih mudah menamukan berbagai kebutuhan. Tetapi jarang orang berpikir bahwa di desa masih ada banyak hal yang tidak ada di kota dan bakal menarik jika itu dijual bagi orang di daerah perkotaan. Barang-barang atau produk-produk yang aroma pedesaannya kuat adalah produk yang selalu dicari orang-orang di kota. Maka?

Hebatnya, sekarang ini orang desa tidak perlu pergi ke kota untuk berjualan. Tidak perlu pula barang-barang itu dibawa ke kota. Bahkan tidak perlu pula barang yang kita jual harus barang milik kita sendiri. Semuanya bisa selesai hanya dengan beralatkan Handphone alias smartphone. Caranya, berjualan online. Maka, inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  1. Cari produk yang bisa dijual online

Produk yang bisa dijual online berarti produk yang bisa dikirim, tidak gampang rusak, memiliki daya tahan yang lama dan harus unik. Jika itu makanan maka makanan yang tahan lama dan punya keunggulan misalnya berkhasiat bagi kesehatan.

  1. Buat kesepakatan dengan pemilik produk
Baca Juga  Enaknya Wajik Salak Hingga BUMDes Turut Serta Memasarkannya

Temui si pembuat produk misalnya pembuat aksesori dari kayu. Temui si produsen dan buatlah kesepakatan dengan dia mengenai disain, kualitas produk dan volume produksi. Pastikan colume produksi yang bisa dia lakukan jika ada pesanan mendadak dalam jumlah besar. Terakhir, buat kesepakatan bahwa dia setuju Anda menjual produk itu melalui online alias internet,

  1. Buatlah gambar produk yang menarik

Anda bisa menciptakan beragam gambar produk yang menarik hanya dengan handphone yang Anda miliki. Kalau butuh inspirasi, bukalah internet atau media sosial dan lihatlah bagaimana orang-orang itu memotret produk yang dijualnya secara online.

  1. Upload ke Online

Anda bisa menjual melalui beberapa cara sekaligus. Pertama, jual melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, banyak orang sukses berjualan melalui dua media sosial ini. Atau Anda juga bisa menjualnya melalui toko online yang bertebaran di internet. Salahsatu pasar online yang harus Anda pakai sebagai tempat menjual produk desa adalah www.usahadesa.com. Website ini mengkhususkan dirinya hanya menjual produk desa dan UKM dan tak ada produk impor. Jangan kawatir, tidak ada pungutan biaya, jadi kenapa tidak Anda lakukan beberapa langkah itu sekaligus?

  1. Pelajari media sosial dan aktif-lah
Baca Juga  Kisah Sarno dan Warga Kali Pondok Menciptakan Listrik Mengandalkan Aliran Sungai

Media sosial seperti Facebook dan Instagram adalah dua perangkat online yang sangat banyak digunakan untuk berjualan aneka produk. Anda harus aktif menjual produk Anda melalui jaringan ini. Hubungi teman-teman Anda yang potensial membeli, klik teman dari teman Anda dan terus meluas. Ikutlah berbagai komunitas online yang mendukung proses penjualan atau beranggotakan segmen yang Anda bidik bagi produk Anda. Ada aneka trik dan tips mengenai cara berjualan melalui Facebook dan Instagram di internet yang bisa Anda pelajari dengan gratis.

  1. Mulai saja

Semua langkah ini baru akan terbukti jika Anda mulai melakukannya. Jadi, tak ada yang perlu Anda tunggu karena Anda tidak butuh modal untuk menjalankannya.

Pingin cepat terjual, Anda bisa menjadi supplier di www.usahadesa.com dan langsung menawarkan produk yang Anda punya di website itu. Usahadesa.com memiliki fasilitas dan fitur tempat Anda menawarkan beragam barang untuk ditawarkan puluhan ribu jaringan UKM, anggota komunitas dan produsen yang telah menjadi anggota komunitas Usahadesa.com. Selamat mencoba! (aryadji/berdesa)

Baca Juga  UKM Sebagai Pundi-Pundi Ekonomi Negeri

Foto: www.beritadaerah.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here