Begini Caranya Warga Desa Menjual Produk Melalui Internet

Begini Caranya Warga Desa Menjual Produk Melalui Internet

BERDESA.COM – Siapa bilang desa tidak bisa membuat hidup orang menjadi sejahtera. Melalui internet kini desa manapun kini sudah tak bisa dianggap terpencil lagi. Sebaliknya, sesungguhnya desa memiliki potensi besar untuk membangun kesejahteraan karena berbagai potensi unik yang dimiliknya yang selama ini belum banyak diketahui orang. Caranya?

Sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Di Indonesia saja, memasuki 2016 ini tercatat 134 juta orang aktif menggunakan internet. Meski sebagian baru mengenal sebatas media sosial tetapi usaha jual beli melalui internet makin hari makin meraksasa omsetnya. Ini adalah jalur yang bisa dimainkan oleh orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan yakni berjualan melalui internet produk-produk desa mereka.

Tak perlu pusing, buka www.usahadesa.com dan ikuti petunjuk menjadi penjual maka dalam hitungan menit anda bakal memiliki toko online sendiri di sana. www.usahadesa.com adalah portal pasar online yang mengkhususkan diri menjual produk desa dan UKM berkualitas ke seluruh penjuru dunia. Jadi, kini warga dusun di daerah pegununganpun bisa menawarkan produknya kepada orang di tengah lautan manusia kota New York, Amerika. Masalahnya, siapa yang akan bisa melakukan itu soalnya sebagian besar warga desa gagap teknologi internet, sementara anak-anak mudanya sudah berbondong-bondong ke kota.

Hanya butuh beberapa anak muda saja untuk menjalankan bisnis ini. Tugasnya, melakukan identifikasi alias menemukan produk apa saja yang kira-kira bernilai jual di internet. Anda tinggal membuka berbagai toko online di internet lalu melihat apa saja barang yang ada di sana yang kira-kira ada di desa Anda. Itu artinya produk yang sama bakal bernilai jual karena bahkan sudah terpampang di toko online. Akan lebih baik jika Anda menemukan produk desa yang bahkan belum banyak dijual orang di toko online. Misalnya kerajinan berbahan kulit, kayu apalagi jika produk itu hanya ada di desa Anda.

Jika sudah memiliki daftarnya, datangi produsen dan tanyakan kapasitas produksinya, berapa yang bisa mereka hasilkan dalam satu hari atau satu minggu atau satu bulan. Berapa biji dia punya stok dan sebagainya. Soalnya, di internet sewaktu-waktu bisa terjadi pembelian sehingga stok produk sangat penting sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi pembeli Anda.

Tetapi jangan kawatir, Anda bahkan bisa menjual hasil bumi seperti beras atau telur asin karena di usahadesa.com ada fasilitas untuk memesan produk tertentu atau Anda bahkan bisa menawarkan buah pepaya yang baru dipanen sebulan ke depan. Gampang kan?

Jika produk Anda sudah terpampang yang Anda perlu lakukan hanyalah memonitor saja karena sewaktu-waktu bakal ada yang membeli Anda harus segera mengemas dan mengirimnya sesuai aturan yang ditetapkan Usahadesa.com. Bayangkan jika anda memiliki 20 item produk yang Anda jual di Usahadesa.com, semakin banyak produk semakin besar kemungkinan produk Anda dibeli orang. Jadi, Anda sudah punya toko online tanpa perlu membangun toko atau kulakan. Gampang bukan?(aryadji)

Foto: www.satuharapan.com

Baca juga: Strategi Menjual Produk Desa Melalui Online 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*