Begini Cara Membangun Start Up Sukses

Begini Cara Membangun Start Up Sukses

BERDESA.COM – Kisah sukses membangun start up yang dicapai anak-anak muda seperti Facebook, WhatsApp dan Go-Jek segera menciptakan demam start up di seluruh dunia. Hasilnya, dalam waktu singkat beragam start up mencuat dan menjadi raksasa karena kehebatan ide mereka. Tetapi tak sedikit pula yang tumbang karena beragam hambatan.

Kegagalan start up bisa disebabkan banyak hal. Yang pasti karena sang pelaku kurang siap menghadapi berbagai tantangan dalam dunia start up. Lalu, apa saja yang harus kita siapkan agar kita bisa melaju kencang melibat tantangan-tantangan itu? Berikut ini kami suguhkan beberapa tips dasar agak Anda tak perlu gagal membangun start up Anda:

Bangun Mindset Anda Dulu

Kalau Anda hanya melulu memikirkan keuntungan saja, maka artinya Anda belum siap membangun start up. Karena semua usaha yang besar berawal dari ide. Ya, maka rumuskan ide yang hebat untuk dijadikan bisnismu. Dari ide itu bakal muncul produk yang akan Anda jual. Nah, fokuslah pada penciptaan produk dan mengenai bagaimana menjualnya. Jika kedua hal ini sudah berjalan, keuntungan profit dengan sedirinya bakal mengikuti Anda.

Eksekusi Ide Tepat Waktu

Sehebat apapun ide Anda tetapi dieksekusi di waktu yang salah maka semuanya sia-sia. Waktu yang salah bisa jadi terlambat dari momen yang ditetapkan atau malah kelewat cepat. Nah, kapan sebuah ide harus di eksekusi dan seperti apa sih ide yang hebar? Yang paling sederhana adalah, semakin banyak orang membutuhkan produk Anda maka itu pertanda ide Anda memang hebat. Dalam bisnis, jangan pernah lupakan pasar karena pasar itulah yang akan menentukan bisnis Anda. Sehebat apapun produk Anda tetapi pasar tidak menginginkannya, percuma saja.

Buat Business Plan yang Baik

Bisnis plan adalah rancangan konsep bisnis yang bakal menjadi acuan perjalanan Anda mengelola usaha. Yang Anda harus Anda penuhi dari ide bisnis Anda adalah produk atau jasa apa yang Anda buat, siapa pasar dan pembelinya, kapan produk itu harus dibuat, dimana dibuat dan bagaiana cara membuatnya. 5W1H ini harus Anda jawab. Dari jawaban-jawaban inilah kemudian Anda bisa mengembangkan business plan menjadi jauh lebih komplek dan menguntungkan

Punya Produk Unggul

Perusahaan Anda harus memiliki produk yang kuat. Seperti yang dilakukan McDonald. McDonald tidak hanya mengandalkan ayam gorengnya saja melainkan justriu kekuatannya lebih pada burger-nya.

Menyusun Program dan Strategi Marketing yang Kreatif

Karena Anda sedang membangun perusahaan baru dan meluncurkan produk baru pula maka Anda harus menyusun strategi marketing nan kreatif sehingga konsumen yang Anda bidik tertarik membeli produk Anda. Susunlah konsep marketing yang membuat orang yang Anda bidik segera mengenai produk Anda dengan biaya yang murah. Soalnya, strategi marketing yang baik belum tentu harus berbudget tinggi.

Gunakan Media Sosial dan Website

Media sosial adalah salahsatu instrumen yang langsung bersentuhan dengan setiap personal hingga ke wilayah yang sangat privat. Hal ini lah yang membuat promosi melalui sosial media menjadi sangat strategis karena konten promosi ini akan mengikuti siapapun selama HP berada dalam genggaman. Website adalah senjata yang lain. Website membuat eksistensi sebuah produk atau perusahaan menjadi kuat dan dipercaya.

Beberapa langkah inilah yang membuat banyak perusahaan start up berhasil melangkahi berbagai rintangan yang menghadangnya. Jika Anda seorang yang membangun start up, sebaiknya Anda camkan betul beberapa strategi ini.(aryadji/berdesa/dari berbagai sumber)

Foto: www.selular.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*