Beberapa Peluang Usaha di Desa Yang Cukup Menguntungkan

0
943

Peluang Usaha di Desa – Dahulu mungkin bagi banyak orang yang enggan untuk berbisnis di desa, hal itu lumrah karena dulu desa bisa dikatakan sebagai wilayah yang serba terbatas dalam banyak hal. Dulu untuk ke desa perlu memerlukan usaha yang lebih, dikarenakan akses jalan dari dan menuju desa bisa dikatakan masih sangat jelek, sehingga untuk menempuh beberapa desa memerlukan kendaraan khusus, bahkan ada desa yang harus ditempuh dengan berjalan kaki karena tidak bisa dimasuki sama sekali dengan kendaraan.

Hal ini yang kemudian menyurutkan para pelaku bisnis untuk mendirikan usahanya di desa. Selain itu pula, sarana dan prasarana yang terbatas sendiri juga menjadi kendala tersendiri, karena untuk mengadakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan membutuhkan investasi yang tidak sedikit, karena rata-rata harus dipenuhi dari kota. Maka dari itu, dulu banyak sekali pengusaha yang berpikir panjang untuk memulai usahanya di pedesaan.

Namun beda dulu beda sekarang, saat ini geliat perekonomian di pedesaan bisa dibilang mulai bergerak dinamis. Hal ini sejalan dengan program pemerintah bernama dana desa, dimana program ini bertujuan untuk memajukan kegiatan perekonomian di pedesaan dengan memberikan bantuan berupa dana dan pelatihan penggunaan dana tersebut. Dengan dana desa ini diharapkan kesejahteraan di pedesaan dapat merata pada semua warganya.

Baca Juga  Ciri Ciri Desa Swadaya Yang Mungkin Belum Banyak Orang Ketahui

Dana itu sendiri dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam hal menyangkut pembangunan desa, seperti membangun jalan, jembatan, dan sarana lainnya yang dapat mendukung aktifitas masyarakat di pedesaan. Dengan melihat fakta ini, maka stigma negatif yang melekat pada desa, perlahan sirna.

Para pelaku bisnis tidak perlu lagi untuk enggan membuka bisnisnya di pedesaan, apalagi sektor perbankan mulai membuka pintunya di pedesaan dengan kemudahan akses perbankan seperti pinjaman, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa peluang usaha yang dapat dibuka di pedesaan saat ini :

1. Peternakan

Baik bisnis beternak ayam, sapi, atau kambing, saat ini dapat berpotensi untuk memberikan keuntungan yang berlebih bagi para pelaku bisnisnya, karena saat ini banyak berdiri desa-desa wisata edukasi atau alam, yang salah satu wahananya adalah beternak. Dengan bekerja sama dengan pengelola desa wisata setempat, para pelaku bisnis peternakan dapat memperoleh keuntungan ganda, pertama dari hasil peternakannya dan kedua adalah dari hasil kunjungan wisatawan yang datang.

2. Bisnis Kuliner

Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan situasi desa saat ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, dengan mengangkat kuliner khas desa wisata setempat, maka potensi untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dengan menjajakannya di sebuah warung yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi bahan baku untuk membuat kuliner di desa biasanya sudah tersedia di desa tersebut, sehingga biaya produksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Baca Juga  Banyak Pengusaha Jepara Sukses Karena Promosi Online

3. Bisnis Sayuran Organik

Saat ini gaya hidup sehat adalah salah satu kebutuhan masyarakat masa kini, untuk mendukung pola hidup sehat itu sendiri adalah dengan memakan makanan yang sehat, sayuran organik adalah salah satu pendukung bagi pola hidup sehat itu sendiri. Para pelaku bisnis tentu saja perlu menggunakan lahan yang bisa digunakan untuk menanam sayuran organik dengan maksimal, dan lahan tersebut hanya ada di daerah di pedesaan.

Dengan tanahnya yang luas dan subur, maka potensi untuk mengembangkan sayuran organik sangat besar. Pasarnya tidak hanya warga di pedesaan tapi juga hingga di perkotaan sehingga makin banyak potensi keuntungan yang dapat diraih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here