Beberapa Fungsi Desa Yang Bisa di Optimalkan Berdasarkan Potensinya

0
635
Beberapa Fungsi Desa Yang Bisa di Optimalkan Berdasarkan Potensinya

Bagi sebuah negara, keberadaan sebuah desa tidak bisa dipisahkan dari jalannya perekonomian sebuah negara. Antara desa dan kota sebagai bagian dari wilayah suatu negara tidak bisa dipisahkan perannya, masing-masing baik desa maupun kota memiliki peran dan fungsinya masing-masing dan saling terkait dalam pemenuhan kebutuhan, contohnya sebuah kota tidak dapat memenuhi kebutuhan bahan baku yang hanya bisa diproduksi oleh kota sedangkan desa sendiri tidak dapat memasarkan bahan baku apabila tidak ada akses untuk masuk ke kota.

Keberadaan desa sendiri kadangkala seolah dianggap tidak penting apalagi desa yang dianggap tidak memiliki potensi sama sekali sehingga sebuah desa cenderung tertinggal dari kota dalam berbagai sektor, padahal ada banyak sekali potensi di setiap desa apabila pihak-pihak terkait mau menggali dan menanalisa lebih dalam lagi. Berdasarkan fungsinya, desa di bagi menjadi beberapa fungsi yaitu :

  1. Penyedia bahan mentah

Sebagaimana kita ketahui bahwa desa merupakan suatu wilayah yang mayoritas wilayahnya banyak dikelilingi oleh lahan-lahan yang bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat, contohnya adalah bahan mentah.

Baca Juga  Apa Itu Aset Desa dan Bagaimana Ketentuan Pengelolaannya

Dengan adanya bahan mentah, perusahaan-perusahaan yang biasanya berada dikawasan kota atau perbatasan kota dan desa dapat menjalankan usahanya dengan adanya bahan mentah ini seperti perusahaan keripik kentang tentu membutuhkan bahan mentah seperti kentang dan yang lainnya agar dapat memproduksi produknya tersebut.

Dengan pengelolaan produksi bahan mentah yang baik maka desa sebagai penghasil bahan mentah tersebut dapat mendorong perekonomiannya sendiri.

  1. Sumber Tenaga Kerja

Dijaman industri sekarang ini kebutuhan akan tenaga kerja sangat penting sekali, namun untuk memperoleh tenaga kerja yang murah tidaklah mudah apabila mencari di kota, desa lah menjadi solusinya, di desa biasanya banyak sekali tersedia tenaga kerja produktif namun ada kelemahannyam, bila dibandingkan dengan tenaga kerja kota.

Tenaga kerja dari desa memiliki skill yang relatif terbatas sehingga hanya mampu melakukan pekerjaan tertentu saja, namun hal itu sebenarnya dapat diatasi apabila tenaga-tenaga kerja desa ini diberikan pelatihan yang memadai sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja dari kota.

  1. Mitra pembangunan kota
Baca Juga  Perbedaan Undang-Undang Pemerintahan Desa Tahun 2016 dan 2017

Seperti yang sudah dibahas diawal, desa dan kota tidak bisa berdiri, keduanya memiliki keterkaitan dan saling membutuhkan, dengan tidak semua sumber daya bisa ditemukan di kota sehingga kota membutuhkan kota, sedangkan desa membutuhkan informasi, serta pasar dan pelatihan dengan sarana dan prasarana yang lebih lengkap dan hanya tersedia di kota.

Maka dari itu bisa dikatakan kota dan desa adalag mitra, masing-masing pada akhirnya memberikan kemajuan satu sama lain. Sehingga apabila terjadi konflik antara desa dan kota, bisa dipastikan pembangunan secara mikro dan makro akan terganggu.

Lalu dari poin-poin diatas, dapat disimpulkan bahwa ada ada banyak sekali fungsi desa yang bisa dioptimalkan bila dilihat pula dengan pengkategorian desa berdasarkan dengan potensinya, seperti contoh desa nelayan, sesuai namanya desa ini memiliki potensi untuk menghasilkan berbagai macam bahan baku dari keaneka ragaman hayati lautan.

Dan dengan pengelolaan yang baik dan terkontrol, desa ini mampu memasok hasil alamnya ke kota tanpa merusak kelestarian alamnya sehingga dengan kelestarian alam yang baik dan terjaga dapat ditingkatkan menjadi desa wisata khas yang dapat memancing wisatwan dari kota untuk dapat berkunjung dan pada akhirnya memberikan dampak perekonomian yang positif bagi desa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here