Banyak Pengusaha Jepara Sukses Karena Promosi Online

Banyak Pengusaha Jepara Sukses Karena Promosi Online

Berdesa.com – Jika pasar offline berguguran, tidak demikian dengan bisnis online. Industri kreatif seperti kerajinan kayu ternyata laris manis dipasar online. Di Jepara, banyak pengusaha yang pendapatanya meningkat gara-gara melakukan promosi menggunakan jalur online.

Datangnya teknologi internet dan maraknya pemasaran online membuat pusat industri ukiran kayu Jepara ketiban rejeki nomplok. Menyadari besarnya kanal pemasaran online, banyak pengusaha Jepara memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Hasilnya, produktivitas mereka naik tajam.

Wakil Ketua Asosiasi Perajin Kayu Jepara (APKJ) Zainuddin menjelaskan, sekarang ini banyak pengusaha kayu di Jepara kaya mendadak gara-gara memanfaatkan internet dalam memasarkan produk ukiran kayunya. Mereka yang ketiban rejeki ini rata-rata pengusaha muda. Soalnya, kemampuan pemasaran melalui teknologi internet umumnya hanya dikuasai orang-orang muda.

Keunggulan utama pemasaran online bagi para pengusaha Jepara adalah, karena jauh lebih efisien dalam hal promosi.” Memang jauh lebih mudah melalui online ini karena tidak butuh showroom,” ujar Zainudin. Padahal membangun showroom butuh biaya yang tidak sedikit mulai dari sewa tempat, memoles tempat hingga membuat produk sampel untuk dipajang di showroom.

Melalui jual beli online, pengusaha hanya cukup memasang gambar saja ke website atau akun media social mereka. Kecepatan internet dalam share membuat gambar-gambar itu segera menyebar dan menyambar banyak konsumen. Hebatnya, berkat pemasaran jalur online ini, pemasaran yang dijangkau bukan hanya area dalam negeri melainkan juga mampu menggaet para pembeli dari luar negeri. Bandingkan dengan cara konvensional melalui showroom, iklan dan penjualan offline melalui gerai-gerai.

Akibatnya, para pengusaha yang mengandalkan pasar lokal tidak mengembang secepat pengusaha muda yang menggunakan internet ini. “ Untuk meningkatkan kemampuan pemasaran ini kami terus melakukan pelatihan agar para pengusaha bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya” kata Zainudin.

Namun terbukanya peluang pasar melalui internet juga membuat persaingan semakin tajam. Jadi para pengusaha juga harus mampu menciptakan berbagai inovasi agar produknya menarik minat calon pembeli dari berbagai belahan dunia. Soalnya internet mempermudah siapa saja dalam mendapatkan calon pembeli sehingga inovasi menjadi salahsatu yang harus ditawarkan.

Sejauh ini para pengusaha masih bergerak sendiri membangun pemasaran online-nya. Zainudin berharap pemerintah memberikan peran terhadap perkembangan ini sehingga berbagai peluang melalui internet bisa dinikmati lebih banyak pengrajin kayu di Jepara yang telah menjadi tulang punggung sebagian warga daerah ini. Misalnya dengan membangun portal khusus jual-beli kayu ukir Jepara. (aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*