Bagaimana Memanfaatkan Potensi Desa Sebagai Peluang Usaha Desa

0
435

Indonesia dianugerahi alam dan sumber daya yang luar biasa untuk dimanfaatkan. Oleh karena itulah meskipun hidup di desa, bukan berarti anda kehilangan kesempatan untuk membangun bisnis anda terutama untuk membantu masyarakat desa dalam membuat lapangan pekerjaan baru yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan desa. Lalu, bagaimana sebenarnya cara untuk memanfaatkan potensi desa sebagai peluang usaha desa yang menghasilkan? Berikut ulasannya.

1. Mencari Potensi Yang Bisa Dikembangkan

Hal pertama yang bisa anda lakukan sebelum mencari atau bahkan membuka potensi desa sebagai peluang usaha desa sebagai desa wisata adalah dengan mencari peluang yang bisa dikembangkan. Anda harus mengenali terlebih dahulu potensi apa yang sudah lama ada dan juga dapat dikembangkan secara berkelanjutan atau yang sebaiknya tidak hanya bersifat sementara.

Beberapa potensi yang bisa anda promosikan dan juga dikembangkan adalah seperti potensi desa wisata dan juga desa wisata kuliner. Desa wsiata memanfaatkan sumber daya alam yang masih asri dan juga sangat mampu memberikan kesan berbeda ketika dikunjungi. Seperti contohnya, sungai yang jernih, air terjun, sendang, danau kecil, mata air, dan lainnya.

Baca Juga  Potensi Desa Yang Bisa Dikembangkan di Era Modern

2. Mencari Pendapat Ahli

Hal kedua yang bisa dilakukan ketika sudah menentukan sumber daya alam yang bisa dimanfaaktan sebagai potensi peluang usaha desa yang mana bisa menjadi peluang usaha desa. Pendapat ahli tersebut dibutuhkan terutama untuk yang mengandalkan potensi alam berupa sumber daya alam seperti potensi wisata alam. Alasannya adalah karena pengunjung wajib mendapatkan tanggungan keselamatan.

Pendapat dari ahli tersebut juga dapat sebagai masukan sebagai bentuk pengembangan peluang usaha desa seperti contohnya pemanfaatan sungai di desa sebagai wisata olahraga arum jeram, tubing dan lainnya. Pendapat ahli ini penting karena dengan demikian kita bisa mendapatkan gambaran yang jelas yang bisa dimanfaatkan sebagai ide pengembangan.

3. Membuatnya Layak

Hal selanjutnya yang juga bisa dilakukan dengan layak adalah dengan membuat lokasi wisata atau produk dari potensi desa anda lebih layak. Seperti apabila anda memanfaatkan hasil produk kebun sebagai salah satu pemilihan potensi maka hasilnya bisa meningkatkan harga jual. Sebagai contoh adalah ketika anda memakan apel dan anda juga memakan keripik apel sebagai upaya untuk meningkatkan nilai jual dari apel tersebut.

Baca Juga  TUJUAN UTAMA

Berbeda dengan produk promosi peluang usaha desa untuk penjualan produk, upaya agar dapat meningkatkan kujungan dari obyek wisata desa yang mana merupakan salah satu peluang usaha desa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan penyediaan kursi taman, kamar mandi yang bersih, penyediaan makanan ringan sebagai oleh-oleh, dan juga lahan parkir yang aman. Sebagai bentuk promosi, jangan sampai anda menarif dengan biaya yang mencekik pengunjung. Karena sebenarnya mereka yang akan banyak berkunjung adalah anak muda dengan uang jajan yang terbatas.

4. Promosi

Hal ke empat yang bisa dilakukan sebagai pengembangan potensi desa melalui peluang usaha desa adalah dengan melakukan promosi. Promosi tersebut disasarkan tentu saja melalui internet karena memang diketahui promosi dengan memanfaatkan internet memiliki kelebihan cakupannya lebih luas. Bahkan anda juga bisa melakukan paid promote atau promosi berbayar yang mana dengan demikian anda semakin memperluas hasil promote tersebut dengan berbagai kalangan.

Hal ini berarti produk dari peluang usaha desa dengan mempromosikannya melalui internet dan juga menggunakan media sosial sangatlah penting dan ada baiknya jika anda memang memanfaatkannya dengan baik. Jangan lupa, anda juga harus membangun brand yang mana akan berdampak pada penjualan produk anda.

Baca Juga  BUMDesa: Ruang Apresiasi Untuk Menggairahkan Ekonomi dan Mengentaskan Kemiskinan Desa

Itulah ke empat peluang usaha desa yang bisa dikembangkan dari potensi desa yang ada, yang terpenting adalah bagaimana anda mengenali potensi desa anda dan dapat bersama-sama dan juga mengembangkannya secara gotong royong, baik yang pekerja maupun memberikan masukan-masukan agar desa anda memiliki nilai jual yang tinggi untuk kunjungannya atau bahkan juga untuk produk khas yang bisa meningkatkan kesejahteraan dari desa anda.

Selamat berusaha, selalu sukses, dan jangan berhenti untuk terus berupaya meningkatkan potensi desa sebagai peluang usaha desa anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here