Apa itu CSR, Ini Penjelasannya

0
5391

BERDESA.COM – Ada banyak kegiatan yang dibiayai CSR (Coorporate Social Responsibility). Tetapi apakah sebenarnya SCR? Secara harafiah CSR adalah sebuah respon atau tangungjawab yang dilakukan oleh suatu perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya dalam bentuk berbagai kegiatan.

Kegiatan itu bisa berupa menciptakan program pembangunan lingkungan hidup di sekitar perusahaan, membangun fasilitas umum bagi warga sekitar perusahaan, pemberian beasiswa pada warga miskin sekitar perusahaan hingga program lain yang intinya turut mendongkrak pendapatan dam kesejahteraan warga dan lingkungan sekitar. Bolehkah CSR dimanfaatkan untuk mendorong percepatan usaha kalangan UMKM di pedesaan?

Bisa saja karena salahsatu visi CSR adalah membangun perbaikan kesejahteraan atau penguatan ekonomi sosial masyarakat. Misalnya, dana CSR yang dimanfaatkan untuk melakukan pelatihan pengelolaan pertanian modern agar warga sebuah area masyarakat memiliki kemampuan meningkatkan produksi pertanian yang lebih tinggi dan berkualitas. Bisa juga CSR berupa bantuan peralatan kerja bagi suatu kelompok masyarakat produktif yang selama ini terganjal ketiadaan peralatan kerja. CSR juga bisa diarahkan pada perbaikan kualitas SDM di tengah masyarakat.

Baca Juga  5 Indikator Pembangunan Ekonomi Desa Yang Berhasil

Beberapa hal yang tercakup dalam kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan antara lain: tata laksana perusahaan, kesadaran perusahaan terhadap lingkungan, standar bagi karyawan dan kondisi tempat kerja, hubungan dengan masyarakat dan investasi sosial. Jadi sebenarnya, meski perusahaan mengeluarkan sejumlah dana, tetapi sebenarnya CSR memberi banyak keuntungan bagi perusahaan seperti hubungan sosial dengan masyarakat sekitar menjadi baik, mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat sekitar sehingga mendapatkan dukungan yang baik dari lingkungan. CSR juga sebuah kekuatan besar untuk membangun kelestarian lingkungan dan hidup.

Dengan pemahaan ini berarti dana CSR sesungguhnya sangat strategis didapatkan oleh desa-desa yang memiliki protensi ekonomi tertentu. CSR dengan cara yang unik itu akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat.

Beberapa perusahaan yang aktif melakukan SCR adalah :

  1. Pertamina

Pertamina adalah salahsatu perusahaan yang memiliki beragam kegiatan CSR guna membantu pemberdayaan masyarakat.

  1. Danone (Air Mineral Aqua)

Danone terus mendampingi berbagai kelompok mayarakat mengenai akses air bersih dan menargetkan dirinya sebagai perusahaan yang berkonstibusi aktif dalam bentuk CSR soal pemenuhan kebutuhan air minum untu warga masyarakat. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here