Anda Pelaku UMKM dan Pingin Dapat Akses Wifi Gratis, Ini Caranya

0
2549

BERDESA.COM – Anda pelaku UMKM dan ingin mendapatkan bantuan Wifi gratis sehingga bisa leluasa berjualan online? Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) siap membantu memberikan fasilitas wifi gratis untuk UMKM yang telah berbadan hukum. Ini adalah bagian dari upaya pemerintah mendorong pelaku UMKM agar bisa muai masuk ke sistem ekonomi digital.

Pernyataan itu sebagaimana dikutip dari Liputan6.com disampaikan Deputi Infrasruktur Bekraf Hari Sungkani menyatakan, pihaknya siap memberikan bantuan biaya pengadaan internet nirkabel atau wireless (wifi). Bantuan ini diberikan dengan harapan UMKM bisa memasarkan produk-produknya melalui jaringan perdagangan online.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan fasilitas ini adalah UKM itu harus berbadan hukum. Bantuan tidak bisa diberikan secara perseorangan. “ Jadi misalnya di Klaten ada kelompok UMKM berbentuk koperasi, carilah satu tempat agar para penjual bisa memasarkan melalui online. Disitu dirikanlah wifi. Kita bisa membayarkan wifi setahun ke depan. Misalnya biaya langganan wifi Rp. 5 juta per bulan, kita bayarkan Rp. 60 juta per tahun,” katanya.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Mengajukan Crowdfunding for Startups di Indonesia

Untuk mendapatkan bantuan ini harus pula disertakan dalam proposal mengenai prospek dan target yang akan dicapai UKM jika mendapatkan fasilitas wifi ini. “ Harus diajukan dan harus ada janji pada saya akan jualan berapa? Kalau tidak ada hasil yang pasti ya saya tidak bisa kasih bantuan ini,” katanya. Bentuk UKM-nya juga harus jelas seperti koperasi atau yayasan dan yang pasti bukan perseorangan. Satu lagi, bantuan ini hanya diperuntukkan bagi industri kreatif dan harus memiliki prospek menyerap tenaga kerja di lingkungan tempatnya berada.

Yang pasti, fasilitas seperti ini diluncurkan pemerintah untuk mendorong perkembangan pemasaran produk UMKM melalui sistem digital. Sistem digital atau melalui jaringan internet adalah salahsatu saluran promosi yang diyakini ke depan bakal menjadi tulang punggung ekonomi dunia. Sehingga UKM harus bergegas memanfaatkan teknologi ini.

Apalagi Indonesia adalah salahatu negara dengan jumlah pengguna internet yang sangat besar. Tak kurang dari 131 juta warga negeri ini telah menjadi pengguna internet dan aktif menggunakan jaringan online untuk beragam aktivitas. Hanya saja, dari pengguna yang sudah begitu besar, masih sangat sedikit pengguna internet yang memanfaatkan internet untuk mengembangkan usahanya khususnya dalam hal pemasaran.

Baca Juga  Enam Hal Penting Agar Tak Tertipu Ketika Belanja Online

Padahal sesungguhnya, sistem ekonomi digital bisa menciptakan efisiensi besar-besaran bagi pra pelak UKM karena bisa membangun jaringan pemasaran luas tak terbatas dengan modal yang sangat kecil. Kecilnya anggaran operasional pemasaran melalui online bisa memangkas hingga 80 persen biaya promosi konvensional yang biasanya dikeluarkan usaha-usaha UMKM.Tetapi masalahnya, masih banyak pelaku UMKM yang kesulitan memasuki sistem ekonomi digital karena berbagai kendala mulai dari keterbatasan penguasaan teknologi hingga keterbatasan akses internet di desanya.(adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here