Alur Usaha yang Aman Bagi BUMDesa

Alur Usaha yang Aman Bagi BUMDesa

Sebagai badan yang bakal lekat dengan kegiatan usaha, BUMDesa juga musti memiliki pertimbangan jelas ketika merumuskan unit usaha yang akan dijalankannya. Soalnya sebagai badan usaha maka setiap kegiatan yang dijalankan oleh BUMDesa harus mampu menghasilkan pendapatan yang terukur dengan proses kerja yang juga terstruktur sebagaimana lembaga bisnis yang lain.

Berikut ini 9 elemen bisnis kanvas yang dibutuhkan untuk menciptakan alur bisnis yang kuat yang harus dipenuhi BUMDesa. Jika telah memenuhi unsur-unsur ini, berarti ide usaha yang akan didirikan BUMDesa telah memiliki arah yang jelas dan cukup matang untuk dijalankan.

  1. Siapa konsumen produk Anda. Siapakah kalangan yang Anda sasar sebagai pengguna produk Anda. Stasiun televisi menciptakan beragam program pada jam-jam tertentu untuk membidik segmen mereka. Misalnya, film anak-anak diputar pada pagi atau sore hari karena anak-anak bakal jatuh terlelap lebih cepat daripada orang dewasa.
  1. Keuntungan Bagi Pelanggan. Apa keuntungan bagi pelanggan jika memakai produk kita. Pada bagian ini kita harus mampu menjelaskan keunggulan produk kita dibanding produk yang sama yang ditawarkan perusahaan lain.
  1. Saluran Yang Tepat. Dapatkan saluran yang tepat untuk menyampaikan keunggulan produk kita pada kosumen yang kita sasar. Kenapa mobil mewah beriklan di majalah khusus gaya hidup? Karena segmennya tepat dengan pembaca majalah yang para pembacanya keluarga berpenghasilan tinggi.
  1. Revenue Streams. Pendapatan yang didapat harus dimanfaatkan untuk semaksimal mungkin meningkatkan usaha. Jangan sampai pendapatan membiayai hal-hal yang tidak mendukung peningkatan bisnis misalnya untuk membeli bahan baku yang ternyata tidak terpakai atau alat yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan.
  1. Hubungan Baik dengan Pelanggan. Perusahaan yang baik akan memperlakukan pelanggannya dengan sangat baik agar tidak berpaling pada perusahaan atau produk lain. Maka sistem dan kualitas pelayanan terhadap para pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis.
  1. Aktivitas Kunci. Sebuah perusahaan harus tahu aktivitas-aktivitas penting apa yang harus dilakukan untuk menciptakan peningkatan keunggulan perusahaan. Misalnya menempatkan pentingnya menyajikan pelayanan yang baik bagi pelanggan atau penanganan cepat bagi pelanggan yang mendapatkan masalah pada produk yang kita jual pada mereka.
  1. Mengelola Sumber Daya. Pastikan segala sumber daya yang dimiliki perusahaan dikelola dengan baik mulai dari bahan baku, penataan sistem manajemen, penataan sumber daya manusia dan bagaimana opersional kerja dijalankan. Semua bagian itu harus dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi efektif mencapai target perusahaan.
  1. Mengelola Kemitraan. Bukan hanya hubungan dengan pelanggan yang harus kita bangun sebaik mungkin tetapi juga dengan mitra lain seperti suplaier produk, dengan tim pemasaran dan berbagai pihak yang bekerja sama dengan perusahaan kita.
  1. Struktur Biaya. Faktor sangat penting mengenai keuangan adalah bagaimana mengelola perusahaan dengan biaya operasional yang efisien dan efektif. Hitung dengan cermat setiap resiko yang mengandung kemungkinan kerugian sehingga perusahaan Anda tidak perlu kehilangan banyak dana karena harus menutup kerugian. (aryadji/berdesa)

Foto: www.kabarbisnis.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*