Adonara, Pesona Desa Wisata Berkelas Dunia

Adonara, Pesona Desa Wisata Berkelas Dunia

BERDESA.COM- Kecantikannya telah tersebar di dunia melalui foto-foto yang memotret keelokannya. Tetapi di alam nyata, pulau ini belum banyak dikunjungi orang. Itulah pesona alam Adonara, pulau kecil di ujung timur Pulau Flores. Keindahan pantai di pulau ini adalah surga wisata bagi para pelancong dunia. Jadi tidaklah berlebihan jika Adonara menjadi desa wisata berkelas dunia.

Berukuran 509 kilometer persegi Adonara adalah berlian wisata Kabupaten Flores Timur. Begitu indah pantainya sehingga inilah pulau yang banyak dikunjungi fotografer dunia mengabadikan alam permainya. Hampir seluruh bagian alam pulau ini sangat menarik menjadi obyek wisata mulai pantai pasir putih dengan air nan jernih hingga pemandangan gunung dan perbukitan.

Bagi penyuka jalan-jalan ke alam yang masih perawan, inilah tempat yang wajib dikunjungi. Berbeda dengan pantai-pantai terkenal lainnya, menikmati wisata di pulau ini butuh persiapan yang matang. Pasalnya, belum banyak fasilitas untuk bisa mengantarkan pengunjung ke tempat ini. Belum ada gerbang menuju obyek wisata bahkan beberapa pantai indahnya belum diberi nama.

Pantai Neren Watotena adalah salahsatu pantai yang paling banyak dikunjungi orang. Inilah pantai dengan pasir putih dan air sebening kaca. Meski pantai ini tidak terlalu panjang, tetapi pemandangan alam yang tersaji di pantai ini bakal membius siapapun yang menatapnya. Itulah kenapa pulau ini disebut Romantic Island.

Pantai Watotena bisa dicapai melalui Larantuka, Ibukota Flores Timur. Larantuka adalah kota yang memiliki pesona wisata religius yang dirayakan warga setemat setiap tahun. Dari Larantuka butuh satu jam dengan kapal untuk menyeberang ke Adonara. Jangan kawatir, pemandangan selama perjalanan bakal menjadi pengalaman menarik karena kejernihan air dan alamm bawah laut yang memesona.

Pengunjung bakal mendarat di Waiwerang lalu naik angkutan umum. Hanya butuh 30 menit saja untuk bisa menikmati pesona desa wisata zamrud nusantara ini. Uniknya, hingga kini pantai ini masih sangat asli karena industri wisata belum menyentuh daerah ini.

Pulau-pulau kecil di sekitar Adonara adalah juga pesona yang tak boleh terlewatkan, salahsatunya Pulau Pasir Putih yang fenomenal. Pulau kelelawar misalnya, adalah pulau kecil yang hanya dihuni pasukan kelelawar. Pulau itu terlihat sangat dekat dengan Adonara.

Pulau pasir putih adalah seonggok pasir yang menyembul di tengah laut di antara pulau Adonara dan Lombata. Saat air pasang onggokan pasir putih itu hanya tampak puncaknya, sebaliknya jika air surut bakal menjadi pulau kecil berwarna putih. Begitu indahnya tempat ini sehingga seringkali wisawatan betah menginap di tempat ini berhari-hari hanya dengan membawa payung penahan terik saja.

Dengan deretan pesona desa wisata seperti itu sesungguhnya jika dikembangkan dengan baik, pulau-pulau ini bisa menjadi surga wisata bagi pelancong dunia sehingga bisa mendatangkan pendapatan bagi warga sekitarnya. Inilah kekayaan alam Indonesia yang sangat berpotensi menjadi magnit pariwisata berkelas dunia.(dji-1)

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Pasar Pertanian Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*