Tinggi Respon Pasar Produk Pertanian Melalui Online

0
375

BERDESA.COM – Harapan baru meningkatkan kesejahteraan petani terbuka lebar kini yakni menjual produk desa utamanya pertanian dan perkebunan melalui internet. Seperti yang dilakukan Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) dengan meluncurkan Sentral Promosi dan Pemasaran Produk Pertanian Nusantara (SP4N) berbasis website dengan nama www.inaagro.pertanian.go.id. Dalam hitungan menit melalui pemasaran website itu beberapa order datang dari beberapa negara.

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Ditjen P2HP, Jamil Musanif kepada sejumlah wartawan mengungkapka, penjualan produk pertanian melalui website diharapkan mampu meningkatkan ekspor produk pertanian unggulan Indonesia.”Pasca beberapa menit dibuka, website telah menerima notifikasi pemesanan dari negara Belanda, Belgia dan Amerika,” kata Jamil Musanif.

Kini para petani tinggal membuka internet dan dengan mudah bin cepat bakal mereka temukan banyak toko online yang membuka akses mereka bertemu dengan para calon pembeli. Cara ini bakal lebih menguntungkan bagi petani yang hampir semuanya tinggal di desa. Apa saja keuntungannya? Pertama, cara ini akan memotong rantai distribusi hasil pertanian mereka menjadi lebih pendek sehingga menciptakan peluang harga penjualan yang lebih rasional bagi petani.

Baca Juga  Tepung Mocaf ‘Made In’ Ibu-ibu Pacitan yang Terus Meluaskan Pasar

Kedua, melalui internet jauh lebih efisien karena meotong biaya promosi sebagaimana penjualan offline. Ketiga, bisa melakukan tawar-menawar sendiri dengan calon pembeli bahkan bisa menawarkan produknya jauh hari sebelum panen tiba dengan harga yang lebih manusiawi. Masalahnya apakah para petani yang umumnya warga desa angkatan tua itu ‘gape’ main internet?

Sangat bisa. Para petani, nelayan pelaku UKM di pedesaan bisa bekerjasama dengan anak-anak muda di lingkungannya untuk menjadi jembatan bagi para petani menjalankan proses berjualan online melalui internet. Anak-anak muda itu pula yang akan melakukan pemotretan dan memonitor perkembangan penjualan hingga melakukan transaksi, mengemas dan mengirimkan produk pada pembeli. Selain membantu petani, para pemuda ini juga mendapatkan pekerjaan.

Petani juga bisa langsung berjualan ke pasar online. Salahsatunya melalui www.usahadesa.com. Usahadesa.com adalah pasar online yang mengkhususkan diri membantu para petani, nelayan, peternak, pengrajin dan siapa saja warga yang memiliki produk dan ingin menjual secara luas melalui internet. Usahadesa.com yang berkantor pusat di Yogyakarta inilah tempatnya menjual berbagai produk desa tadi. (aryadji/berdesa)

Baca Juga  Membangun Suasana Islami dengan Kaligrafi Modern, Ini Produknya

Baca juga: Besar, Peluang Penjualan Online Produk Pertanian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here