7 Tips Membuat Crowdfounding Agar Sukses Mendapat Banyak Modal

0
348
7 Tips Membuat Crowdfounding Agar Sukses Mendapat Banyak Modal

Kini pengusaha bisa membuat proyek startup bisnis dapat berjalan walaupun dengan modal minim sekalipun. Caranya adalah berkampanye melalui situs crowdfouding yang dapat  membantu para pengusaha memperoleh bantuan modal tambahan. Berikut 7 Tips membuat crowdfounding agar dapat sukses menarik banyak pemodal.

  1. Memastikan Produk Yang Ditawarkan Hebat

Tips membuat crowdfounding yang pertama adalah memastikan produk yang mau didanai merupakan produk yang hebat. Misalnya produk tersebut memiliki banyak manfaat. Dengan begitu kemungkinan pemodal akan banyak tertarik untuk memutuskan berinvestasi.

Bisa juga dengan membuat produk yang mampu menyelesaikan masalah di masyarakat. Karena kebanyakan produk yang banyak diminati dan laris di pasaran awalnya berasal dari sebuah permasalahan. Untuk menciptakan sebuah ide produk seperti ini bisa dibuat berdasarkan pengalaman atau bisa juga melihat yang sedang trend saat itu.

  1. Membuat Perkiraan Dana Yang Realistis

Setelah memastikan produk yang akan didanai, langkah selanjutnya adalah menetukan target yang realistis. Buatlah perkiraan alokasi pendanaan yang benar, jelas dan realistis. Usahakan membuat target yang masuk akal. Jangan sampai membuat target yang terlalu tinggi padahal yang dibutuhkan tidak sebanyak nilai tersebut.

Baca Juga  Cara Memanfaatkan Youtube Membangun Jaringan Pemasaran

Jika seandainya dana yang didapat melampaui target, sebaiknya lakukan ‘give back’ dengan cara melebarkan tujuan startup yang dibuat. Misalnya awalnya hanya membuat produk dengan 1 jenis, karena ada kelebihan dana bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa varian produk.

  1. Membuat Video Yang Menarik

Sebaiknya sisipkan sedikit saja deskripsi produk dengan menggunakan tulisan. Membuat f video yang menarik adalah salah satu tips membuat crowdfounding yang paling penting. Kini membuat video terbukti ampuh untuk menarik perhatian audiens dalam hal ini calon pemodal.

Membuat video tidak harus menggunakan property mahal, yang paling utama adalah pesan yang disampaikan dapat menarik perhatian. Video bisa berisi tentang produk yang dikerjakan, manfaat dan kegunaan produk tersebut dan lain-lain. Konten video sebaiknya dibuat lebih atraktif dan menarik serta tidak berdurasi terlalu lama.

  1. Menyisipkan Cerita Menarik

Walaupun video terbukti lebih efektif menarik perhatian audiens dalam hal ini pemodal, bukan berarti melalui tulisan cerita tidak bisa dilakukan. Untuk menarik perhatian pemodal, buatlah cerita yang menarik mengenahi proyek startup nantinya bisa berdampak baik bagi masyarakat. Dalam hal ini memang sangat membutuhkan kemampuan pembuat startup untuk menceritakan proyek pada khalayak.

Baca Juga  UMKM dan Start Up, Apa Bedanya?

Sajikan informasi tentang proyek startup produk secara detail seperti fitur yang dimiliki dan sebagainya. Karena semakin jelas dan mendetail informasi produk yang disampaikan, maka makin banyak peluang orang akan tergugah untuk menaruh sejumlah dana.

  1. Memberikan Apresiasi Untuk Pemberi Dana

Tips membuat crowdfounding ini juga tak kalah penting. Pemberi dana layak untuk mendapatkan reward sebagai apresiasi bahwa mereka ikut mendukung startup dapat berjalan. Bisa dilakukan dengan mencantumkan nama mereka di media – media yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

Selain mencantumkan nama pemberi modal, bisa juga dilakukan dengan cara lain untuk memberi mereka apresiasi. Diantaranya seperti memberikan souvenir berupa stiker, pin atau lainnya sebagai ucapan terima kasih telah berpartisipasi dengan menyumbangkan dana untuk perkembangan startup.

  1. Mempertimbangkan Saran dan Kecakapan Interaksi Pada Pemodal

Pemberi dana biasanya akan menilai sejauh mana keaktifan pembuat startup. Selalu pastikan untuk selalu fast respon saat calon pemodal bertanya sesuatu atau berkomentar. Untuk itu perlu pemahaman khusus mengenahi produk yang akan didanai. Semakin cakap saat menjelaskan pada pemodal, maka peluang mendapatkan dana akan semakin besar.

Baca Juga  8 Tips Memilih Crowdfouding Terbaik Untuk Anda

Selain cakap berinteraksi dengan pemodal, selalu pertimbangkan saran yang diutarakan oleh mereka. Dengan cara ini pemodal akan merasa dilibatkan dalam proyek startup yang akan mereka danai. Karena merasa dihargai, pemodal tidak akan segan dan ragu untuk mendukung dengan memberikan dana untuk proyek startup yang dibuat.

  1. Lakukan Update Informasi Secara Rutin

Pembuat startup sebaiknya melakukan langkah ini secara berkala. Hal yang bisa diupdate seperti pencapaian target misalnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut, atau respon positif yang telah diterima. Informasi ini akan membuat calon pemodal yang belum tahu akan menjadi tahu.

Akan lebih baik lagi, mereka yang belum tahu akan tertarik menaruh dananya untuk ikut berpartisipasi mengembangkan startup yang dibuat. Update informasi ini bisa dilakukan setiap hari atau minimal seminggu sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here