6 Sisi Positif Adanya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

0
1069
6 Sisi Positif Adanya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

Pemberdayaan ekonomi rakyat merupakan upaya pengerahan sumber daya untuk mengembangkan potensi ekonomi rakyat guna meningkatkan produktifitas rakyat. Tujuan dari pemberdayaan ekonomi masyarakat desa adalah meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.

Ada banyak sekali manfaat atau sisi positif dengan adanya pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat ini. Berikut beberapa poin pentingnya pemberdayaan ekonomi yang harus kita pahami.

  1. Menjadikan Masyarakat Lebih Mandiri

Perekonomian masyarakat adalah perekonomian yang dilakukan langsung oleh rakyat. Perekonomian ini diselenggarakan oleh rakyat dan bersumber dari potensi serta kekuatan masyarakat dalam menjalankan perekonomian mareka sendiri.

Dengan begitu, berarti masyarakat bisa lebih mandiri dalam menentukan arah perekonomiannya sendiri. Mereka yang menentukan apa potensi yang bisa diangkat dan bagaimana untuk menjalankan potensi tersebut. Dengan cara ini pula membuat masyarakat lebih mandiri dalam menjalankan ekonominya sendiri.

  1. Membantu Usaha Menjadikan Perekonomian Yang Besar & Modern

Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa bertujuan untuk menjadikan ekonomi yang besar,modern, kuat dan memiliki daya saing tinggi dalam mekanisme pasar yang benar. Perekonomian yang duluan berjalan dengan cara tradisional harus didorong untuk berubah menjadi perekonomian yang modern.

Baca Juga  Perbedaan Ekonomi Masyarakat Desa Dan Kota

Saat ini perkembangan teknologi semakin maju sehingga memaksa siapa pun untuk ikut arus perubahan zaman. Jika perekonomian masih mengandalkan cara lama (tradisional) maka bersiaplah untuk tergerus dengan zaman dan tidak bisa ikut berkembang,

  1. Terjadinya Perubahan Struktural Dalam Ekonomi

Perubahan struktural ekonomi yang dimaksud adalah perubahan ekonomi dari sistem tradisional ke sistem ekonomi modern. Dari ekonomi yang bersifat lemah menuju ke ekonomi bersifat kuat dan dari ekonomi subsiten ke ekonomi pasar serta dari ekonomi yang ketergantungan ke ekonomi yang mandiri.

Ada beberapa langkah-langkah perubahan struktural yang harus dilalui agar perubahan struktural ini bisa terjadi. Diantaranya:

Penguatan Kelembagaan

Harus ada kelembagaan yang kuat dalam mengatur dan menjalankan sistem ekonomi masyarakat. Lembaga ini akan tegas membantu proses perubahan struktural agar terjadi dengan kondusif.

Penguasaan Teknologi

Untuk bisa menjalankan ekonomi sistem modern tentunya dibutuhkan keterampilan dalam teknologi. Oleh karena itu masyarakat mau tidak mau harus mencoba dan belajar untuk menguasai teknologi yang ada. Dengan begitu masyarakat akan lebih banyak belajar tentang berbagai hal tidak hanya ekonomi saja.

Baca Juga  Membangun Dari Desa

Pemberdayaan Sumberdaya Manusia

Terakhir, bagaimana akan menjalankan ekonomi yang baik dan berkemajuan jika sumberdaya manusia yang akan menjalankannya belum siap. Oleh karena itu dibutuhkan pemberdayaan sumberdaya manusia yang tepat agar perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik.

  1. Terjalinnya Kemitraan Yang Baik

Melakukan pemberdayaan ekonomi tidak hanya cukup dengan peningkatan produktifitas, memberikan kesempatan yang sama untuk berusaha atau memberikan suntikan modal semata. Namun harus ada kerjasama atau kemitraan yang baik antara yang telah maju dengan yang masih lemah atau yang belum berkembang.

Dengan cara ini antara satu sama lain bisa menguatkan dan memberikan stimulan bagaimana cara menjalankan perekonomian agar kuat dan berkembang. Sehingga antara satu dan lainnya bisa menjaga agar semuanya maju.

  1. Mendorong Munculnya Wirausaha Baru

Dengan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat tentunya semakin mencorong munculnya wirausaha baru. Karena kemudahan yang diberikan dari pemanfaatan modal, sumberdaya manusia dan teknologi yang ada. Antara usaha yang telah maju dan yang masih lemah saling tolong menolong untuk angkit dan berkembang.

  1. Penguatan Industri Kecil
Baca Juga  Pengaruh Kota Terhadap Desa Dalam Bidang Informasi Dan Teknologi

Perekonomian masyarakat tidak bisa terlepas dari industri kecil yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat tersebut. Dengan adanya perekonomian masyarakat mampu membantu menguatkan perekonomian industri kecil agar gulung tikar. Karena seperti yang kita tahu bahwa industri kecil sangat lemah jika tidak ada bantuan atau pun pembinaan dari industri yang sudah mapan.

Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat mencakup banyak hal, diantaranya seperti peningkatan akses bantuan untuk modal usaha, peningkatan akses untuk pengembangan sumber daya manusia, peningkatan akses ke sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung ekonimi masyarakat tersebut.

Banyak sekali manfaat yang akan bisa dirasakan dengan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa ini. Baik untuk para pekerja atau pun para pemilik industri kecil. Ekonomi dalam masyarakat akan terus maju dan bisa bersaing dengan ekonomi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here