6 Jenis Tanaman Hias Untuk Peluang Usaha di Desa

0
610

Semakin berkembangnya jaman, semakin banyak pula jenis bisnis yang bermunculan dengan model yang bermacam-macam pula. Ada beberapa bisnis yang dapat bertahan lama, namun ada juga beberapa bisnis yang tidak dapat bertahan lama karena tidak memiliki prospek yang bagus, biasanya itu hanya sekedar bisnis musiman.

Memulai bisnis tanaman hias dapat menjadi salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan karena bisnis ini masih sangat potensial untuk masa mendatang. Peminatnya pun terus bertambah dari waktu ke waktu.

Biasanya, konsumen tanaman hias ini adalah mereka yang ingin agar rumah mereka terlihat lebih cantik dan menarik. Sehingga mereka menghias halaman rumah ataupun interior rumah dengan tanaman hias.

Tak hanya rumah, tanaman hias ini juga kadang dipakai untuk gedung kantor atau taman. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba bisnis yang memiliki prospek yang sangat bagus untuk jangka ke depan. Bisnis ini bisa jadi lebih mudah untuk dilakukan jika Anda juga memiliki hobi yang sama, yaitu bercocok tanam atau merawat tanaman.

Baca Juga  Mau Mengoptimalkan Peluang Usaha Desa yang Ada, Begini Caranya

Namun jika Anda tidak memiliki pengetahuan dasar tentang tanaman hias dan ingin memulai bisnis ini, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu melalui internet atau orang terdekat yang sudah berpengalaman dalam bisnis tanaman hias ini.

Kemudian setelah Anda mengetahui metode dasar dalam menjalankan bisnis ini, cari tahu juga tanaman hias apa saja yang paling laku dan memberikan keuntungan lebih besar dalam bisnis ini. Berikut ada 6 tanaman hias sebagai peluang usaha desa yang paling menguntungkan:

1. Bunga Mawar

Sudah tidak diragukan lagi. Bunga yang satu ini menjadi tanaman hias yang paling populer diantara yang lainnya dan tentunya bunga mawar menjadi yang paling menguntungkan. Anda bisa menjual bibit bunga mawarnya saja untuk ditanam sendiri oleh para konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa menjual bunga mawar dalam pot. Dan yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah bunga potong mawar. Biasanya ini dijadikan bucket bunga sebagai hadiah ulang tahun, wisuda, untuk pernikahan dan lain sebagainya.

Baca Juga  Tips Sederhana Berbisnis Tanaman Hias di Desa

Hanya dari bisnis bunga mawar potong ini andabisa meraup sekitar Rp. 20 juta dalam sebulan. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang usaha desa yang tidak tanggung-tanggung karena bisnis tanaman hias bunga mawar dapat mencapai untung puluhan juta per bulannya.

2. Bunga Anggrek

Bunga anggrek menjadi saingan bunga mawar sebagai tanaman hias favorit masyarakat. Karena memiliki banyak penggemar inilah bunga anggrek menjadi salah satu bisnis tanaman hias yang menguntungkan.

Seperti bunga mawar, Anda bisa menjual bibit bunga anggrek dan juga menjual bunga anggrek yang sudah dewasa. Meskipun memiliki banyak penggemar, potensi penjualan bunga anggrek tidak sebesar bunga mawar karena bunga anggrek tidak bisa dijual sebagai bunga potong.

3. Bunga Matahari

Selain bunga anggrek dan bunga mawar, bunga dengan warna cerah ini juga menjadi favorit masyarakat. Bunga matahari memikat hati pecinta bunga karena perawatannya yang mudah. Untuk potensi bisnisnya memang masih kalah dibanding bunga anggrek dan bunga mawar.

4. Bunga Melati

Memiliki keindahan dan bentuk yang elegan menjadi daya tarik tersendiri bagi bunga matahari untuk memikat hati pecinta bunga. Bunga melati memiliki potensi bisnis sebesar bunga mawar karena bunga melati bisa dijual sebagai bibit, sebagai tanaman hias, dan juga sebagai bunga potong. Bunga melati sebagai bunga potong biasanya untuk keperluan acara atau bunga tabur.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Kemasan yang Gampang Dikembangkan

5. Bunga Kamboja

Bunga yang satu ini biasanya dikeramatkan orang-orang dan menjadi lambang kematian karena bunga ini sering ditemukan di pemakaman-pemakaman umum. Padahal sebenarnya bunga kamboja memiliki potensi bisnis yang cukup besar. Bunga ini dapat dijual bibitnya, sebagai pohon bunga kamboja, hingga kamboja bonsai.

6. Pohon Bonsai

Pohon bonsai memiliki harga yang sedikit mahal dan pelanggannya merupakan orang-orang dari kalangan ekonomi menengah keatas. Selain itu, tanaman hias bonsai bisa dibuat dari berbagai macam tanaman. Potensi dari bisnis ini juga sangat besar. Bisa menghasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah dari penjualan tanaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here