6 Destinasi Desa Wisata Bali Gianyar Yang Wajib Dikunjungi

0
922
6 Destinasi Desa Wisata Bali Gianyar Yang Wajib Dikunjungi

Selain terkenal dengan pantainya, Bali juga memiliki beberapa destinasi desa wisata menarik terutama di daerah Gianyar. Ini tentunya bisa dijadikan solusi atau rekomendasi tujuan liburan lainnya bagi pengunjung. Dan berikut 6 destinasi Desa Wisata Bali Gianyar yang wajib dikunjungi. Diantaranya:

1. Desa Wisata Singapadu Kaler

Desa ini bisa dibilang menarik karena sangat terkenal dengan aneka kesenian yang masih terjaga hingga saat ini. Tidak hanya itu tempat wisata ini juga memiliki potensi pertanian yang sangat baik.

Melihat lahan yang masih asri, disini dibuat sebuah agro wisata untuk mengikat minat wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya itu, disini wisatawan juga bisa belajar tentang aneka kesenian lokal seperti Joged Bumbung, Kesenian Arja, dan sebagainya. Untuk lokasinya sendiri ada di Desa Singapadu Kaler, Kec. Sukowati, Gianyar.

2. Desa Wisata Taro

Selain Desa Singapadu Kaler, masih ada desa wisata lain yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bali yaitu Desa Taro. Desa ini termasuk ke dalam salah satu desa yang tertua di Bali. Selain itu banyak juga kisah atau benda peninggalan masa lampau yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga  Restrukturisasi Pelayanan Pada Desa Wisata

Di desa ini wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Selain sawah, ternyata disini juga terdapat sebuah hutan yang masih sangat alami. Namun hal lain yang membuat tempat ini istimewa adalah terdapat lembu albino yang dianggap keramat. Untuk yang ingin berkunjung, lokasinya ada di Desa Taro, Kec. Tegallalang, Gianyar. .

3. Desa Wisata Singapadu Tengah

Desa Wisata Bali Gianyar lainnya yang juga patut untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Singapadu Tengah. Letaknya yang tidak jauh dari Desa Singapadu Kaler, membuat tempat ini bisa dijadikan destinasi wisata selanjutnya. Dan daya tarik utama dari tempat ini adalah adanya Pura Dalem Desa Adat Negari.

Pura ini bisa dibilang sangat bersejarah karena merupakan peninggalan Kori Agungnya. Tidak hanya itu bangunannya pun sangat megah dan gagah dari sudut manapun. Didalamnya juga terdapat beberapa arca kuno yang masih disucikan. Dan untuk yang ingin berkunjung tempat ini lokasinya ada di Desa Singapadu Tengah, Kec. Sukawati, Gianyar.

4. Desa Wisata Batuluan

Desa Batuluan juga termasuk desa wisata lainnya yang bisa dijadikan tujuan wisata ketika berada di Bali. Untuk lokasinya sendiri ada di Desa Batuluan, Kec. Sukawati, Gianyar. Salah satu daya tariknya adalah pengunjung bisa melihat tradisi Mepantigan. Dimana tradisi ini adalah wujud bakti krama Bali kepada Dewi Sri atas kemakmuran yang diberikannya.

Baca Juga  Desa Samiran, Desa Yang Bertransformasi Menjadi Desa Wisata

Tidak hanya tradisi Mepantigan saja yang menarik, disini juga ada pertunjukan Tari Barong yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Selain itu disini juga tersedia banyak sekali tempat yang menyediakan oleh oleh khas Bali. Dan bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner khas Bali dengan harga terjangkau, juga bisa menemukannya disini.

5. Desa Wisata Kerta

Destinasi Desa Wisata Bali Gianyar lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Desa Wisata Kerta. Desa ini berada di Kecamatan Payangan, Gianyar, Bali. Daya tarik utamanya adalah disini terdapat wisata trekking. Selain itu disini juga terdapat banyak sekali peninggalan bersejarah yang menarik untuk dipelajari.

Peninggalan sejarah yang dimaksud adalah adanya peninggalan Sarkofagus atau peti kubur. Uniknya peti kubur ini berbeda dengan peti pada umumnya karena terbuat dari batu murni. Melihat hal tersebut, Desa Wisata Kerta bisa dimanfaatkan sebagai wisata edukasi bagi wisatawan yang menyukai sejarah atau benda-benda kuno.

6. Desa Wisata Kemenuh

Selain beberapa destinasi yang sudah dijelaskan diatas, masih ada Desa Wisata Bali Gianyar lainnya yang patut untuk dikunjungi. Dan nama desa itu adalah Desa Wisata Kemenuh. Lokasinya sendiri ada di Kecamatan Sukowati, Kabupaten Gianyar, Bali. Apa yang menarik dari desa ini? Salah satunya adalah adanya Air Terjun Tegenungan.

Baca Juga  Desa Kuno Kerajaan Majapahit Dibawah Jalan Tol di Jawa Timur

Ini tentunya merupakan hal yang unik dimana sebuah desa memiliki sebuah air terjun yang sangat indah. Bahkan air terjun ini termasuk salah satu yang terbaik di Bali. Tidak hanya itu, saat berkunjung kesini pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah serta angin yang berhembus sejuk.

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa banyak sekali destinasi Desa Wisata Bali Gianyar yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Dan tentunya setiap desa ini memiliki keunggulan dan daya tarik masing masing yang sayang untuk dilewatkan. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here