5 Perbandingan Ciri Ciri Desa dan Kota

0
172
5 Perbandingan Ciri Ciri Desa dan Kota

Desa dan kota memang sangat berbeda. Namun bukan berarti salah satunya merupakan hal yang buruk atau negatif. Keduanya memiliki karakteristik sendiri dan juga ciri-ciri sendiri yang memberikan fungsi tersendiri dalam tatanan masyarakat. Berikut ini ada 5 perbandingan ciri ciri desa dan kota.

Wilayah

Perbandingan dari ciri ciri desa dan kota yang pertama adalah wilayahnya. Wilayah dari pedesaan cenderung lebih luas daripada wilayah perkotaan. Namun bukan berarti tidak ada desa yang kecil atau tidak ada kota besar. Namun jika dibandingkan dengan luas wilayah daerah perkotaan dan juga daerah pedesaan pasti pedesaan lebih jauh memimpin.

Perbandingan Jumlah Penduduk dan Wilayah

Yang membedakan antara ciri ciri desa dan kota adalah dari sisi jumlah penduduk dan wilayahnya. Wilayah dari desa cenderung lebih luas daripada pembagian wilayah di kota. Hanya saja kepadatan penduduk di desa cenderung lebih kecil daripada penduduk di kota. Hal ini memberikan banyak faktor lainnya dalam tatanan sosialnya.

Sedangkan ciri ciri desa dan kota dalam sudut pandang kota, kepadatan penduduk di kota lebih tinggi. Dalam satu daerah tertentu jumlahnya bisa berkali-kali lipat dari penduduk desa yang menyebabkan adanya faktor lainnya yakni rumah tinggal yang padat memunculkan lingkungan kumuh sedangkan minimnya kepadatan penduduk meninggalkan lemahnya pembangunan infrastruktur.

Baca Juga  Program Dana Desa Entaskan 5.000 Desa Tertinggal

Karakteristik Penduduk

Selanjutnya untuk ciri ciri desa dan kota yang ada adalah pada karakteristik penduduk. Karakteristik penduduk di desa lebih mengutamakan kebersamaan, pasalnya dalam suatu wilayah desa umumnya masih ada hubungan kekeluargaan diantara warganya. Hal itu menyebabkan masyarakat desa sangat menyukai kegiatan bermasyarakat dan gotong royong karena sifat homogennya.

Berbeda dengan masyarakat pedesaan, masyarakat kota lebih individualis dan juga realis. Salah satu alasannya adalah karena masyarakat kota lebih heterogen yang mana berasal dari berbagai daerah dan berbagai latar belakang yang berbeda pula sehingga anggapannya sedikit lebih sulit untuk mengutamakan kebersamaan.

Mata Pencaharian

Selain ciri ciri desa dan kota dalam hal perbandingan jumlah penduduk dan wilayah serta karakteristiknya, ciri ciri desa dan kota yang lainnya ada pada mata pencaharian dimana masyarakat kota memiliki mata pencaharian yang lebih variatif daripada masyarakat pedesaan. Pekerjaan tersebut juga sangat mengikuti perkembangan jaman.

Berbeda dengan masyarakat kota, masyarakat pedesaan memiliki pekerjaan yang juga homogen seperti dari karakteristik masyarakatnya. Mata pencaharian masyarakat pedesaan tidak jauh dari bidang agraris serta hidup sebagai nelayan. Oleh karena itulah, pekerjaan dari masyarakat pedesaan lebih mengikuti alam, cuaca dan juga iklim ketimbang perkembangan jaman.

Baca Juga  Desa Majasari Desa Unggulan Yang Menjadi Barometer

Infrastruktur

Perbandingan dari ciri ciri desa dan kota selanjutnya ada pada infrastruktur yang dimiliki dimana masyarakat perkotaan lebih memiliki fasilitas atau infrastruktur yang lebih lengkap ketimbang di desa. Namun hal ini terkadang juga tidak dapat dibandingkan karena kebutuhan dari kedua masyarakat tersebut sangat jauh berbeda.

Fasilitas atau infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan cenderung lebih sederhana namun primer seperti masalah pengairan, saluran listrik dan berbagai hubungan lainnya sedangkan untuk fasilitas atau infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan cenderung sebagai kebutuhan sekunder seperti keberadaan taman, gedung olahraga dan lainnya.

Itulah ke lima perbandingan ciri ciri desa dan kota yang perlu dipahami karena tidak semua hal tentang perkotaan atau pedesaan itu buruk ataupun baik saja namun pemahaman itu diharapkan dapat berbuah pada pertumbuhan yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here