5 Kunci Sukses Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

0
3571
5 Kunci Sukses Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

Ekonomi masyarakat desa menjadi indikator keberhasilan perkembangan ekonomi sebuah negara. Hal itu karena bagian terkecil dari sebuah negara adalah desa, yang hingga kini masyarakatnya masih jauh dari kesan maju. Dalam upaya memajukan desa peningkatan ekonomi masyarakat desa terlebih dahulu harus dilakukan oleh pemerintah. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa cara seperti:

  1. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur

Pertama, sudah diketahui umum jika infrastruktur adalah kunci utama kemajuan ekonomi sebuah desa. Namun sayangnya masih banyak sekali proyek infrastruktur desa yang terbengkalai dan tidak terselesaikan. Hal ini menjadi kendala utama dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa. Infrastruktur menjadi poin penting sebuah desa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Infrastruktur yang memadai memudahkan masyarakat desa untuk melakukan mobilisasi barang dan jasa keluar dan masuk desa. Kemajuan infrastruktur juga akan menarik minat investor untuk berinvestasi bagi kemajuan desa.

Jika ada investasi maka pembangunan sarana transportasi untuk kelancaran kegiatan ekonomi akan semakin meningkat. Maka meningkatkan pembangunan infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

  1. Memajukan Potensi Desa
Baca Juga  4 Program Prioritas Kementerian Desa Beserta Tujuannya

Kedua, setelah masalah infrastruktur bisa teratasi maka selanjutnya adalah mengembangkan potensi yang dimiliki desa. Jika menggunakan kejelian dalam mengamati kehidupan masyarakat desa, maka pasti akan ditemukan potensi besar yang dimiliki sebuah desa yang bisa dikembangkan. Pengembangan potensi desa ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa tentunya.

Potensi pedesaan yang bisa dimajukan seperti berbagai kerajinan tangan, obyek wisata, hasil bumi, kekayaan kuliner semua potensi yang ada di desa. Pemerintah harus memegang peranan untuk mengontrol upaya memajukan potensi desa yang ada dan memberi fasilitas yang dibutuhkan. Sedangkan masyarakat harus berperan aktif ikut memajukan potensi desa tempat tinggalnya sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa.

  1. Membangun Sumber Daya Manusia Yang Ada Di Desa

Ketiga, saatnya untuk memikirkan sumber daya manusia sebagai potensi besar untuk membantu proses percepatan peningkatan ekonomi masyarakat desa. Semua upaya untuk meningkatkan ekonomi tidak akan lepas dari sumber daya manusia di desa sebagai pelaku utama. Untuk itu membangun SDM sangat penting untuk dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah desa.

Baca Juga  Membangun Desa Swadaya Menjadi Desa Swasembada

Sampai saat ini persoalan SDM di desa masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk diselesaikan. Presiden sudah menegaskan setelah masalah infrastruktur terselesaikan maka selanjutnya yang perlu dibenahi adalah pembangunan SDMnya. Setelah semua teratasi maka ekonomi masyarakat desa akan mengalami peningkatan yang signifikan.

  1. Memanfaatkan Teknologi

Keempat, setelah sumber daya manusia dibangun maka kini telah mampu ikut serta berperan aktif meningkatkan ekonomi masyarakat. Untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat desa lebih lanjut bisa memanfaatkan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan sebagai upaya peningkatan ekonominya.

Memajukan ekonomi desa menggunakan teknologi pasti akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan tanpa teknologi. Sebagai upaya promosi potensi yang dimiliki desa misalnya, bisa memanfaatkan teknologi internet. Disini lah pemerintah memiliki peran penting untuk menyediakan koneksi internet bagi masyarakat desa.

Selain teknologi internet masih banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan perekonomian masyarakat desa. Seperti misalnya teknologi pengolahan bahan makanan, pengawetan bahan makanan, packing dan lainnya untuk memasarkan potensi kuliner desa. Pemerintah desa harus pandai memberikan materi tentang teknologi tepat guna sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakatnya.

  1. Melakukan Proses Berkelanjutan
Baca Juga  Hal Yang Dapat Dilakukan Dalam Meningkatkan Kehidupan Ekonomi Masyarakat Desa

Kelima, ketik masyarakat desa sudah membenahi infrastruktur, memajukan potensi desa, meningkatkan kemampuan SDM dan teknologi maka pemerintah tinggal menindak lanjuti. Pemerintah pusat atau desa tinggal memberikan program sebagai kelanjutan proses pembangunan ekonomi desa. Program yang diberikan harus bisa melibatkan semua elemen masyarakat desa dalam pelaksanaannya.

Selain itu program harus dilakukan secara berkelanjutan dan terencana sehingga semua elemen bisa memberikan kontribusi kepada ekonomi desa. Program yang berkelanjutan adalah upaya pemerintah untuk menjaga eksistensi dari pemerintah sebagai fungsi pengawas dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Demikian adalah kunci sukses peningkatan ekonomi masyarakat desa yang bisa dilakukan oleh pemerintah desa bekerjasama dengan masyarakatnya. Kemajuan masyarakat desa bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga masyarakatnya. Oleh karena itu pemerintah harus pandai merangkul dan memfasilitasi masyarakat untuk memajukan desa bersama-sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here