5 Keuntungan Menggunakan Konsep Atau Ide Crowdfunding Dalam Berbisnis

0
601
5 Keuntungan Menggunakan Konsep Atau Ide Crowdfunding Dalam Berbisnis

Crowdfunding merupakan suatu usaha penggalangan dana untuk memodali suatu proyek melalui internet. Ide crowdfunding sendiri telah banyak digunakan oleh para pengusaha masa kini karena dipandang lebih efisien dan dapat dipercaya. Meskipun dalam kenyataannya para pemberi modal harus teliti memilih seseorang yang akan diberi modal supaya dapat balik modal dan untung.

Konsep crowdfunding tak hanya banyak dibicarakan di luar negeri, namun juga di Indonesia. Ditambah lagi terdapat berbagai macam situs crowfunding yang membantu para petani dan pekerja lainnya yang tak memiliki modal usaha. Berikut merupakan keuntungan menggunakan konsep atau ide crowdfunding dalam berbisnis.

  1. Efisiensi

Pendanaan dengan sistem crowdfunding dilakukan secara online dengan akses internet sehingga dapat mengakses berbagai situs crowdfunding dimanapun dan kapanpun. Selain lebih efisien, para pengguna juga dimanjakan dengan penguploadan proposal usaha di situs crowdfunding. Hal ini menyebabkan para investor lah yang akan memilih proposal sehingga pengusaha tidak perlu mengejar investor.

Ide crowdfunding ini dikatakan efisien karena tidak perlu bersusah payah menghubungi para investor hingga menghemat tenaga, waktu dan biaya. Kini, para pengusaha dapat mendapatkan modal saat menjalankan ataupun mengembangkan usaha dengan crowdfunding.

  1. Memperluas Jaringan
Baca Juga  7 Tips Membuat Crowdfounding Agar Sukses Mendapat Banyak Modal

Crowdfunding membuat para investor dan penerima dana yang mulanya tak saling kenal satu sama lain menjadi kenal. Ditambah lagi jika para investor itu senang dengan penerima modal yang menguntungkan mereka. Oleh karena itu, dapat dikatakan jika ide crowdfunding dalam berbisnis memperluas jaringan.

Selain itu, apabila bisnis yang dilakukan sukses maka tidak menutup kemungkinan para penanam modal mengundang pemberi modal ke event tertentu. Hal ini dapat digunakan oleh penerima modal untuk memasarkan produknya dan mencari tambahan investor lain untuk bisnisnya. Perluasan jaringan ini tentu sangat menguntungkan baik untuk para investor dan penerima modal.

Para investor atau penanam modal dapat mengetahui berbagai macam pembisnis yang ada di sektornya. Hal ini karena terdapat banyak penerima modal di crowdfunding yang dapat ditelusur jejaknya termasuk sosial medianya.

  1. Menyalurkan Bakat Dan Minat

Adanya ide crowdfunding ini menjadikan siapapun yang terlibat didalamnya dapat menyalurkan bakat serta minatnya. Baik itu minat dalam bisnis pertanian, peternakan, perikanan dan sebagainya. Siapapun yang terlibat dalam bisnis ini mampu menyalurkan pendapatnya serta memberikan umpan balik kepada pencipta jika ada kesalahan.

Baca Juga  Pengertian Dan Sistem Crowdfunding Yang Dapat Dijadikan Pedoman Berbisnis

Selain itu, crowdfunding sendiri tidak hanya bertujuan untuk mengumpulkan dana tetapi juga dapat digunakan sebagai tes ide atau projek. Crowdfunding juga dapat mengurangi resiko terhadap keinginan konsumen yang berubah ubah. Hal ini karena konsep bisnis yang “Sell it before Build it”, dimana sistem ini hanya dapat ditemukan di crowdfunding.

Bukanlah pengusaha sukses yang ada di crowdfunding namun masyarakat umum yang ingin mencoba untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Hal itulah mengapa crowdfunding ini sangat cocok untuk para pemula yang belum memiliki banyak modal karena tidak akan terlalu terbebani. Konsep yang menarik untuk membuat siapa saja tergabung didalamnya tanpa khawatir gagal.

  1. Mendapatkan Suku Bunga Kompetitif

Situs-situs crowdfunding dalam meminjamkan dana kepada penerima modal tidaklah seperti bank atau lembaga keuangan yang menawarkan jasa pinjaman lainnya. Platform crowdfunding ini menyediakan suku bunga yang sangat kompetitif bagi pelaku bisnis.

Bunga yang ditetapkan di platform ini yaitu berkisar 6,48% – 17% per tahun yang sifatnya flat. Dalam artian suku bunga yang dibayarkan setiap tahunnya akan selalu sama dan tidak berubah-ubah. Sedangkan jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lain, bunga yang ditawarkan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung fluktuasi keuangan saat itu.

Baca Juga  Pemanfaatan Teknologi eDagang (ecommerce) Bagi BUMDes dan UKM Desa

Oleh karena itu, ide crowdfunding ini sangat bagus untuk diterapkan para pembisnis khususnya yang masih takut untuk gagal dalam berbisnis. Suku bunga yang sangat kompetitif dengan sistemnya yang sama dari tahun ke tahun menjadikannya memiliki sistem yang dapat diprediksi kedepannya.

5.Tidak Ada Uang Muka Atau Jaminan

Platform crowdfunding memberikan keleluasaan bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan modal tanpa harus menyediakan uang muka ataupun jaminan. Khususnya jaminan berupa harta benda kepada situs crowdfunding sendiri. Selama pelaku bisnis sanggup membayar modal yang diberikan, maka proses pendanaan pun akan tetap berjalan lancar sesuai kesepakatan awal.

Demikian ulasan singkat mengenai berbisnis dengan konsep atau ide bisnis crowdfunding ini. Ide bisnis yang sangat menarik untuk dicoba diera digital saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here