5 Crowdfunding Websites yang Paling Populer

0
811
5 Crowdfunding Websites yang Paling Populer

Dalam bahasa Inggris, Crowdfunding berarti urun dana. Merupakan sistem pendanaan dari sejumlah besar orang untuk membiayai usaha bisnis atau proyek baru (profit atau non profit). Sebelum populernya internet, pencari modal yang melakukan crowdfunding mendatangi satu persatu investor. Setelah era digital, banyak situs crowdfunding  yang bermunculan atau dikenal dengan crowdfunding websites. Beberapa situs tersebut yang sudah populer adalah sebagai berikut:

  1.  Kickstarter

Berbasis di New York, Amerika. Salah satu jenis crowdfunding websites yang bergerak di bidang industri kreatif melalui kikckstarter.com . Diluncurkan pada 28 April 2009, lebih dari 5 juta orang melalui situs ini telah mendanai lebih dari 130.000 proyek industri kreatif. Proyek tersebut misalnya di bidang teknologi, game, makanan, dll

Investor yang berperan ikut andil melalui situs ini dapat melihat bagaimana bentuk proposal proyek tersebut. Setelah berhasilnya proyek, investor akan mendapatkan sejumlah rewards(hadiah) sebagai gantinya. Reward yang didapatkan bisa berupa barang atau soft file. Contohnya, seorang start up pembuat game apabila berhasil, maka akan memberikan salinan awal dari game tersebut kepada para investor.

  1. Indiegogo
Baca Juga  Mengenal Crowdfunding Dan Penggunaan Dana Crowdfunding Untuk Usaha

Indiegogo merupakan crowdfunding websites yang fokus pada industri kreatif di bidang musik atau film independen  dan badan amal. Berbasis di San Fransisco, indiegogo.com berdiri pada tahun 2007 dan memulai untuk mengerjakan proyek pada tahun 2008. Indiegogo merupakan crowdfunding websites pertama di dunia berawal dari sebuah band indie di San Fransisco yang meminta para fans untuk biaya pembuatan album band tersebut.

Investor yang menggunakan situs ini dapat berkontribusi dengan jumlah modal yang ditetapkan. Reward yang didapatkan adalah akses bebas masuk atau undangan saat peluncuran film maupun album musik indie. Untuk bidang sosial, para pendonor (investor) tidak akan mendapatkan reward, melainkan daftar nama penyumbang dana akan dicatat dan hasil sumbangan juga ditampilkan pada website ini.

  1. Rockethub

Merupakan Crowdfunding websites yang bergerak untuk fokus pendanaan di bidang proyek industri kreatif. Hal unik dari Crowdfunding ini adalah terdapat program fuelpad dan launcpad yang dibuat untuk para pencari modal (pengkampanye) untuk mengkolaborasikan potensi promosi dan partner pemasaran mereka agar proyek yang dijalankan berbuah kesuksesan. Hal ini bertujuan untuk menarik minat investor dalam jumlah besar.

Baca Juga  7 Tips Membuat Crowdfounding Agar Sukses Mendapat Banyak Modal

Investor yang ingin berdonasi dapat mengaksesnya melalui rockethub.com. Selanjutnya para investor akan diberikan sejumlah persyaratan dan ketentuan minimal jumlah dalam memberikan donasi. Reward yang diperoleh adalah sampel produk yang diberikan apabila proyek tersebut dinyatakan berhasil menjadi sebuah perusahaan start up.

  1. Kitabisa

Crowdfunding websites yang didirikan pada 2013 ini dapat diakses melalui kitabisa.com. Bidang kemanusiaan dan proyek besar untuk kemajuan negara menjadi tujuan dari pendirian crowdfunding ini. Sistem yang digunakan ialah memotong 5% sebagai biaya administrasi bagi yang ikut serta pada program (campaign) bidang teknologi, dan 0% biaya administrasi untuk program donasi bencana alam atau zakat.

Pemotongan biaya sebesar 5% akan digunakan sebagai biaya operasional untuk mengembangkan teknologi website dan perbaikan kualitas layanan. Tujuannya adalah agar semakin memeperluas jaringan dalam melakukan kegiatan penggalangan dana di Indonesia maupun dunia. Meskipun crowdfunding belum terlalu populer di Indonesia, kitabisa.com sudah mendanai ratusan program dengan nilai milyaran hingga saat ini.

  1. Gandengtangan

Apabila sejumlah crowdfunding memilih untuk memberikan dana, gandengtangan.com merupakan crowdfunding websites yang memberikan pinjaman dengan bunga rendah bagi para pencari modal. Investor yang terdiri dari beberapa individu akan memberikan dana dengan ketentuan sesuai kontrak kerja yang diajukan. Tujuan dari berdirinya website ini adalah untuk membantu pelaku usaha yang tidak memiliki kesanggupan membayar bunga pada pinjaman melalui bank.

Baca Juga  Berikut Perbedaan Peer-to-peer Lending dan Crowdfunding yang Harus Diketahui

Gandengtangan.com mempunyai fokus yang tertuju pada ukm atau usaha mikro yang memiliki nilai terhadap dampak sosial di masyarakat . Skema pendanaan dapat dimulai minimal dengan jumlah Rp.50.000. Investor dapat menggunakan dana yang didepositkan secara berkelanjutan dan tidak hanya fokus pada satu pemilik usaha.

Crowdfunding merupakan jalan alternatif bagi para pencari modal untuk mendanai usahanya. Selain mudah mendapatkan modal, manfaat jangka panjang banyak diperoleh untuk kemajuan perusahaan start up yang sedang dibangun. Dari sisi kemanusiaan, crowdfunding websites juga merupakan sarana yang relatif aman untuk menyalurkan dana sosial karena tercantum dengan jelas aliran dana dan jenis kegiatan sosial yang dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here