5 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Malasari Desa Wisata Bogor yang Tersohor

0
1696
5 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Malasari Desa Wisata Bogor yang Tersohor

Bogor menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang terkenal dengan wisata alamnya. Salah satu cara menikmati wisata alam di Bogor adalah dengan mengunjungi desa-desa wisata Bogor. Beberapa desa wisata Bogor siap untuk menawarkan kecantikan pesona alamnya. Salah satu desa wisata yang menawarkan pesona wisata alamnya adalah Desa Malasari.

Kehadiran Desa Malasari ini dapat menjadi alternatif wisata baru bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bogor. Ada berbagai alasan kenapa wisatawan wajib untuk berkunjung ke desa ini. Namun, sebelum mengetahui alasan kenapa wajib berkunjung ke desa ini, baiknya lebih dahulu mengenal lebih dalam terkait Malasari. Simak ulasannya di sini.

Menjelajah Malasari

Malasari disahkan sebagai salah satu desa wisata Bogor pada taun 2015. Desa wisata yang satu ini lokasinya di Kecamatan Nangung, Kabupaten Bogor. Jaraknya kurang lebih 30 km dari ibukota kabupaten Bogor. Desa yang satu ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Utamanya dari segi wisata alam. Tak heran jika kemudian desa ini difokuskan menjadi sebuah desa ekowisata.

Desa ini hadir sebagai sebuah kombinasi antara wisata alam, budaya hingga keanekaragaman hayati yang mumpuni. Inilah yang kemudian banyak memancing wisatawan untuk berkunjung ke desa tersebut. Hal itu kemudian membuat Desa Malasari berkembang menjadi salah satu desa wisata Bogor yang tersohor.

Baca Juga  Menikmati Budaya Masa lampau di Desa Wisata Brayut

Kenapa Harus Berkunjung ke Desa Wisata Bogor Malasari?

Ada banyak alasan yang mendasari kenapa wisatawan wajib menyempatkan diri berkunjung ke desa ini. Pesona keindahan desa ini pasti akan membuat pengunjung enggan untuk pulang. Lalu ada daya tarik apa saja yang ditawarkan desa ini? Simak selengkapnya di sini.

  1. Terletak di Kawasan Wisata Halimun

Desa Malasari merupakan salah satu desa yang masuk sebagai Desa Halimun. Jadi yang dimaksud desa Halimun sendiri adalah kumpulan desa-desa wisata yang terletak di gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Total ada lima desa wisata yang terletak di gugusan taman nasional ini. Desa wisata Malasari adalah salah satunya.

Ada berbagai macam hal menarik yang ditawarkan oleh desa Halimun, termasuk Malasari. Mulai dari ekowisata, pariwista ramah, wisata pedesaan hingga wisata petualangan. Semuanya berusaha menjawab kebutuhan akan suasana desa yang nyaman lengkap dengan alam yang masih terjaga kondisinya. Tak heran jika wisatawawan yang berkunjung ke sini akan selalu ketagihan untuk kembali.

  1. Pesona Alam yang Luar Biasa

Tadi sempat disinggung sedikit tentang pesona alam dari desa wisata Bogor yang satu ini. Memang desa ini menghadirkan pesona alam yang luar biasa. Tak heran mengingat desa ini terletak di gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lansekap sawah berbentuk terasiring yang rapi akan menjadi pembuka keindahan desa ini.

Baca Juga  3 Tahap Perkembangan Desa Wisata

Keindahan alam tak hanya terletak pada hamparan sawah yang menarik hati saja, namun juga hadir dalam berbagai hal lain. Salah satunya adalah air terjun yang terdapat di desa ini. Kawasan agro desa ini tergolong lengkap, terbukti dengan hadirnya hutan tropis yang pastinya akan membuat pemandangan semakin menarik.

  1. Keanekaragaman Hayati

Sebagai salah satu desa yang terletak di taman nasional desa ini menghadirkan keanekaragaman hayati yang menarik. Apalagi sekitar 78% dari luas desa adalah kawasan taman nasional, ini tentu menghadirkan keragaman flora fauna yang tak sedikit. Beragam jenis tumbuhan hadir di sini. Bahkan hadir sekitar 75 jenis anggrek di dalam kawasan ini.

Untuk dunia fauna sendiri desa ini juga tak ingin ketinggalan. Ini dibuktikan dengan beragam fauna yang hadir di kawasan desa ini yang bersinggungan dengan taman nasional. Mulai dari macan tutul, kukang, monyet, hingga elang hadir di sini. Hadirnya beraneka macam spesies burung ini seringkali membuat kegiatan birdwatching dilakukan di desa ini.

  1. Sajian Seni Budaya yang Menarik
Baca Juga  Desa Blekok, Destinasi Wisata Baru di Desa Klatakan

Ternyata desa wisata Bogo ini masih kental dengan budayanya. Salah satu kegiatan budaya yang rutin dilakukan adalah Seren Taun. Dalam terminologi Sunda sendiri, seren berarti seserahan sedangkan taun berarti tahun. Jadi tradisi Seren Taun adalah tradisi melakukan seserahan tiap tahun. Seserahan dilakukan dengan sebuah upacara, sedangkan yang diserahkan adalah hasil panen selama setahun.

Tradisi ini hadir sebagai salah satu bentuk syukur atas hasil panen yang didapat. Selain itu ia juga hadir sebagai bentuk permohonan berkah kesuburan serta panen yang melimpah.  Tradisi ini dilakukan setiap pergantian tahun.

  1. Berbagai Kegiatan Wisata

Ada berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan di desa ini. Bagi penggemar wisata petualangan nampaknya harus mencoba wisata petualangan yang hadir di sini. Salah satu wisata yang terkenal adalah HalimunAdventure Journey atau Hajo. Melalui wisata ini pengunjung akan diajak mengikuti rangkaian petualangan di alam bebas.

Itulah beberapa alasan kenapa wisatawan wajib berkunjung ke desa wisata Bogor yang satu ini. Selain kelima alasan tersebut, tentu masih ada banyak alasan lain yang menjadi alasan kenapa wisatawan wajib berkunjung ke sini. Jadi tunggu apalagi? Sudah siap menjelajah Desa Malasari?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here