4 Program Prioritas Kementerian Desa Beserta Tujuannya

0
7150
4 Program Prioritas Kementerian Desa Beserta Tujuannya

Biasanya jika kita membahas mengenai desa tentunya akan bermunculan citra negatif soal desa.  Baik itu kumuh, tertinggal, jauh dari perkotaan, dan lain sebagainya. Untuk itu, Kementerian Desa saat ini menetapkan 4 program prioritas kementerian desa untuk menghilangkan stigma negatif ini. Berikut adalah 4 program prioritas kementerian desa beserta tujuannya.

  1. Prukades

Program Prukades adalah salah satu dari 4 program prioritas kementerian desa yang memiliki kepanjangan yaitu Produk Unggulan Kawasan Desa. Output dari program prukades ini tentunya adalah potensi desa yang dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, prukades memiliki tujuan lain dan berikut adalah tujuan dari program prukades

  • Mendorong petani menjadi ahli dan terampil. Saat desa sudah bertumpu pada produk unggulan, nantinya akan muncul petani yang akan fokus terhadap budi daya sebuah komoditas tertentu. Didukung pula dengan peningkatan kapasitas, program ini bisa menjadi ajang belajar sesama petani sehingga petani menjadi semakin ahli dan terampil.
  • Menarik kehadiran investor. Adanya program ini juga tidak menutup kemungkinan untuk menarik kehadiran investor untuk bekerja sama serta bermitra dengan masyarakat desa. Investasi ini bisa dimunculkan dengan kerja sama pengolahan komoditas, kerja sama budi daya, maupun kerja sama pada pemasaran produk. Sudah pasti hal ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.
  • Membentuk cluster ekonomi. Dalam program ini, beberapa desa akan membentuk sebuah cluster ekonomi yang berfokus pada produk terntentu. Cluster ekonomi adalah pembangunan berbasis bentang alam di mana desa yang kondisi alamnya sama juga memiliki keunggulan produk yang sama. Dari sini, mereka akan bersama-sama mengunggulkan komoditas sehingga berhasil meluncurkan produk unggulan.
  • Membuka lapangan kerja baru. Hal ini tentunya membuat warga desa yang semula menganggur kini mendapatkan lapangan pekerjaan baru. Sebagian angkatan kerja di Indonesia berada di pedesaan dan dengan adanya program ini membuat lapangan kerja baru semakin terbuka.
  • Menanggulangi kemiskinan. Tujuan akhir dari program ini sudah tentu menanggulangi kemiskinan di pedesaan. Di samping itu, program ini juga menjadi tujuan besar lahirnya UU desa.
  1. Embung Desa
Baca Juga  Pengertian Desa Menurut Undang-Undang Yang Berlaku

Sebagian wilayah di desa masih memiliki potensi alam yang baik dan belum tercemar. Untuk itu, kementerian desa meluncurkan program embung desa. Tujuan dari embung desa adalah sebagai berikut.

  • Memunculkan kemandirian pangan. Musim tanam di Indonesia bisa dilakukan sepanjang tahun mengingat Indonesia adalah negara tropis. Hal ini tentunya membuat Indonesia tidak perlu mengimpor lagi komoditi dari luar negeri dan Indonesia bisa menjadi negara kemandirian pangan.
  • Memunculkan potensi wisata baru. Embung bisa dibuat dengan desain yang baik serta dipadukan dengan sarana pendukung wisata. Hal ini tentunya dapat memunculkan potensi wisata baru di desa.
  • Menyediakan ketersediaan air. 82% penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian sehingga membutuhkan ketersediaan air dalam budi daya pertanian. Pembangunan embung desa ini juga dapat mendorong petani untuk meningkatkan produksi dengan drastis.
  • Sumber protein masyarakat. Di dalam embung sendiri juga bisa digunakan untuk budi daya berbagai jenis ikan. Seperti yang kita ketahui, ikan merupakan sumber protein yang tinggi sehingga dengan ini kebutuhan protein masyarakat akan terpenuhi.
Baca Juga  Ini Dia Ide Lomba Menyambut Kemeriahan Kemerdekaan RI Di Desa

BUMDesa

BUM Desa bertujuan untuk mendorong kemandirian desa serta memperkuat usaha-usaha yang ada di desa. Hal ini karena dana desa bukan menjadi sumber utama akan tetapi menjadi stimulus untuk pembangunan desa. Kementerian Desa melalui 4 program prioritas kementerian desa ini didukung oleh BUMN dengan terbentuknya PT Mitra BUM Desa.

Kedepannya, semua produk yang disubsidi oleh pemerintah serta diproduksi BUMN akan disalurkan lewat BUMDesa. Harapan dari program ini bisa menjadi jalan bagi BUMDesa untuk bermitra dengan PT. Mitra BUM Desa. Dana hibah pemerintah seperti Saprodi pertanian nantinya juga akan disalurkan melalui Badan Usaha Masyarakat Desa.

Sorga Desa

Program ini adalah program yang bertujuan untuk membangun sarana prasarana olahraga desa agar pemuda desa bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat. Jika kegiatan olahraga desa sudah aktif, maka bisa didorong dengan Liga Desa yang memperlombakan berbagai cabang olahraga.

Program Prioritas yang dicanangkan oleh Kementerian Desa ini sangat mendorong desa untuk dikenal masyarakat luas. Di samping itu, beberapa aset desa juga bisa terawat dengan baik jika sebelumnya aset desa tersebut terbengkalai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here