4 Manfaat Pengembangan Desa Sebagai Desa Wisata

0
5180
4 Manfaat Pengembangan Desa Sebagai Desa Wisata

Salah satu ciri dari desa yang masih berada dalam tingkatan Desa Berpotensi untuk tingkatan desa wisata adalah masih adanya masyarakat yang kurang memahami potensi yang berada di desanya. Perlu adanya pemahaman bagi warga untuk memahami manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata yang mana mungkin tidak semua akan menerima pada awalnya.

Oleh karena itulah, perlu adanya penjelasan atau penyampaian mengenai 4 manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata yang nantinya akan dirasakan oleh warga.

Manfaat tersebut juga perlu dijelaskan dalam jangka pendeknya, jangka panjangnya hingga beberapa desa yang bisa dijadikan percontohan sebagai desa wisata yang sukses. Berikut ke lima manfaatnya tersebut:

1. Tingkat Hidup Masyarakat Maju dan Budaya Serta Tradisi Dapat Lestari
Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata yang tentunya akan langsung memberikan dampak positif bagi warga tentu saja adalah dampak positif bagi tingkat kehidupan warga yang dalam hal ini seperti mampu memunculkan lapangan kerja baru hingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan melalui fasilitas desa yang diperbaiki agar layak dikunjungi.

Baca Juga  Wisata pantai sekaligus air terjun

Selain itu manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata lainnya adalah dapat menghidupkan budaya, tradisi atau lingkungan adat sebagai salah satu komoditas wisata budaya lokal yang juga menjaganya agar tetap lestari.

Karena umumnya, budaya atau tradisi ini sulit untuk dilestarikan karena mulai hilangnya ketertarikan pada budaya tersebut.

2. Manfaat Perekonomian Bagi Masyarakat Pedesaan
Selain manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata dalam hal tingkat hidup masyarakat serta pelestarian budaya, manfaat yang akan diterima oleh masyarakat selanjutnya adalah tentu saja dalam hal perekonomian.

Perlu dijelaskan pula manfaat desa wisata ini untuk perekonomian secara langsung maupun secara tidak langsung bagi masyarakat serta apa dampak jangka pendek dan panjangnya.

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata di sisi perekonomian secara langsung adalah keuntungan yang diperoleh dari objek wisata yang ditawarkan.

Sedangkan untuk manfaat tidak langsungnya adalah meningkatkan kunjungan ke desa sehingga perputaran perekonomian seperti dari hasil penjualan produk lokal bisa semakin lancar atau bahkan dikirim ke luar desa.

Baca Juga  Sektor Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA

3. Meningkatkan Keberadaan Industri Kecil Menengah
Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata selanjutnya adalah peningkatan industri kecil menengah yang memanfaatkan produk lokal sebagai bahan mentahnya.

Hal ini juga berhubungan erat dengan poin pertama serta poin kedua dari manfaat pengembangan desa wisata yakni meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat pedesaan dari meningkatnya tingkat perekonomian.

4. Promosi Produk Lokal
Selanjutnya untuk manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata adalah sebagai sarana promosi produk lokal. Selain meningkatkan pemanfaatan SDA seperti lokasi wisata, keberadaan desa wisata juga dapat memberikan manfaat untuk promosi produk lokal. Promosi produk lokal ini bisa menjadi sebuah ciri khas dari desa yang mana diharapkan juga akan meningkatkan penjualan.

Dengan ke empat manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata yang dapat dipaparkan secara langsung, diharapkan warga dapat menerima gambaran singkat bagaimana melalui wawasan baru tersebut serta strategi yang ada dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan dan mengembangkan desa ke arah yang lebih baik seperti dari sisi perekonomian.

Baca Juga  6 Destinasi Desa Wisata Bali Gianyar Yang Wajib Dikunjungi

Selain memberikan ke empat manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata, dapat juga diberikan beberapa contoh desa wisata yang telah berhasil mengembangkan wilayahnya menjadi lokasi kunjungan wisata yang menarik banyak pengunjung. Dapat diberikan pula wawasan mengenai manajemen serta strategi dalam mengembangkan desa sebagai desa wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here