4 Manfaat Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Rumahan

0
802
4 Manfaat Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Rumahan

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat desa adalah dengan melaksanakan atau dengan mengadakan pelatihan usaha rumahan yang bisa dikembangkan menjadi UMKM atau home industri. Ada 4 manfaat dari kegiatan pelatihan usaha ini yakni sebagai berikut.

Memberikan Peluang Meningkatkan Kesejahteraan

Manfaat pertama dan yang paling utama dari pelatihan usaha rumahan adalah memberikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan. Hal ini memang patut diperhatikan oleh pemerintah daerah agar semakin banyak pemberdayaan untuk peningkatan ekonomi daerah. Salah satunya adalah dengan pelatihan usaha ini yang diharapkan mampu menambah penghasilan dari hasil produk yang dijual.

Produk yang dihasilkan dari pelatihan usaha rumahan ini sendiri tidak sebatas pada produk konsumsi seperti makanan dan minuman saja, akan tetapi juga masuk dalam produk barang pakai seperti hiasan, perabot rumah hingga hiasan atau karya seni. Apabila semakin banyak variasi dari industri rumahan ini maka diharapkan juga akan semakin minim persaingan di dalam daerah.

Baca Juga  Meningkatkan Kualitas Taman Bacaan Di Desa, Masih Perlukah?

Mengembangkan Daerah

Manfaat kedua dari pelatihan usaha rumahan ini adalah guna mengembangkan daerah. Pengembangan daerah ini bisa dihubungkan dengan desa wisata atau pengembangan daerah lainnya yang berhubungan dengan daerah. Yang paling dekat dari pengembangan daerah ini adalah dengan mengenalkan atau mempromosikan suatu daerah dengan melakukan branding produk yang kemudian diharapkan akan menjadi kekhasan di daerah tersebut.

Untuk pengembangan wisata pun juga bisa dikembangkan industri rumahan tersebut menjadi pusat oleh-oleh atau malah sebagai sarana untuk wisata itu sendiri sepeti perkebunan buah yang kemudian melakukan pemrosesan buah buahan menjadi barang jadi lainnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemanfaatan Produk Daerah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pelatihan usaha rumahan juga bertujuan memberikan manfaat untuk pengembangan daerah dalam bidang pariwisata, pelatihan usaha rumahan ini juga memberikan sebagai upaya pemanfaatan produk daerah yang mana dalam hal ini merupakan produk mentah yang menjadi ciri khas dari daerah seperti hasil bumi.

Dengan adanya upaya pelatihan ini, maka diharapkan produk dari daerah tersebut memiliki kesempatan untuk ditingkatkan nilai jualnya sehingga berbagai manfaat lainnya dapat dicapai.

Baca Juga  Pelatihan Membuat Desa Wisata

Seperti contohnya produksi sirup rumahan sebagai hasil produk pelatihan usaha rumahan. Selain memiliki nilai jual yang lebih tinggi, buah yang yang menjadi bahan mentah dari sirup ini juga menjadi lebih tahan lama sehingga pemasarannya bisa mencapai daerah yang lebih jauh lagi.

Menyerap Tenaga Kerja

Manfaat keempat dari pelatihan usaha rumahan ini adalah sebagai upaya penyerapan kerja di daerah. Hal ini juga dapat mencegah adanya urbanisasi atau perpindahan penduduk ke kota akibat minimnya lapangan pekerjaan di desa atau daerah. Hal ini bisa berdamapk baik bagi pengembangan daerah yang menjadi manfaat di poin kedua.

Dengan demikian diharapkan daerah tidak hanya mengandalkan kegiatan perekonomiannya untuk memproduksi barang mentah saja namun juga produksi barang jadi yang dalam hal ini diproduksi melalui usaha rumahan.

Umumnya generasi usia muda akan memilih untuk pergi ke kota guna mencari kesempatan kerja di kota. Namun dengan adanya pelatihan usaha rumahan ini, generasi muda di daerah juga memiliki modal untuk bersaing meskipun dari daerah.

Baca Juga  MEMBANGUN USAHA HANYA MODAL HP SAJA

Produksi dari usaha rumahan ini juga tidak bisa dianggap remeh karena pemasarannya di era internet seperti saat ini bisa mencapai berbagai daerah yang mana jauh dari daerah itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here