4 Langkah Promosi Produk Lokal Melalui Desa Wisata

0
1963
4 Langkah Promosi Produk Lokal Melalui Desa Wisata

Salah satu manfaat dari pengembangan desa menjadi sebuah desa wisata adalah memberikan jalan promosi untuk memasarkan produk lokal yang ada. Mengapa demikian? Karena dengan semakin dikenalnya desa sebagai tempat wisata, maka produk setempat pun akan dikenal baik sama seperti dengan desa sebagai wisata. Berikut 4 langkah promosi produk lokal melalui desa wisata.

1. Menentukan Produk Lokal Berpotensi
Sebagai langkah promosi produk lokal melalui desa wisata yang pertama adalah dengan menentukan produk lokal mana yang berpotensi. Dengan demikian, promosi yang akan dilakukan melalui desa wisata mampu memberikan sebuah ciri khas bagi desa.

Dengan memiliki sebuah ciri khas, maka diharapkan akan menambah potensi dalam kompetisi atau persaingan produk.

Selain itu, dengan menemukan produk lokal yang berpotensi juga dapat membantu masyarakat desa dalam menyalurkan produk-produknya. Dengan demikian, langkah promosi produk lokal melalui desa wisata ini memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat dan mengurangi biaya produksi untuk bahan mentah karena merupakan hasil alam setempat.

Baca Juga  Wisata pantai sekaligus air terjun

2. Meningkatkan Kualitas Produk
Karena produk lokal nantinya akan diharapkan sebagai ciri khas dari desa wisata yang dapat dipromosikan, maka dari itulah perlu adanya kontrol kualitas atas produk yang dipromosikan. Sebagai langkah promosi produk lokal melalui desa wisata, bisa diawali dengan peningkatan mutu SDM agar dapat meningkatkan proses pengolahan bahan mentah agar dapat menjadi produk bermutu tinggi.

Selain itu, peningkatan kualitas produk ini juga penting dalam langkah promosi produk lokal melalui desa wisata agar mampu bersaing di tengah pasar baik pasar lokal atau mungkin nantinya juga dapat merambah pasar internasional. Apalagi, merambah pasar internasional di era seperti sekarang ini bukanlah hal yang tidak mungkin.

3. Branding Nama Desa dengan Produk
Selanjutnya untuk langkah promosi produk lokal melalui desa wisata adalah branding nama desa dengan nama produk lokal yang dipromosikan. Dengan demikian, akan ada timbal balik positif yang akan tercipta yakni desa wisata yang dipromosikan melalui produk lokal yang dipasarkan atau produk lokal yang dipromosikan melalui promosi desa wisata.

Baca Juga  Menikmati Budaya Masa lampau di Desa Wisata Brayut

Karena timbal balik dari branding produk dengan desa wisata, keduanya saling dapat meningkatkan satu sama lainnya yakni meningkatkan permintaan pasar untuk produk yang dipasarkan atau meningkatkan kunjungan untuk ke desa wisata. Dengan demikian, keduanya dapat saling bergantung sama lain dan bisa menekan biaya promosi kedepannya.

4. Pemanfaatan Teknologi
Baik dalam langkah promosi produk lokal melalui desa wisata maupun dalam prinsip pengembangan desa menuju desa wisata, teknologi tidak dapat dilepaskan perannya.

Pasalnya di era seperti sekarang ini, teknologi, terutama internet dan media sosial, memiliki peranan penting serta menjadi bagian dari keseharian masyarakat kita.

Dengan pemanfaatan teknologi sebagai salah satu langkah promosi produk lokal melalui desa wisata, akan ada cakupan promosi yang lebih luas dan bisa memungkinkan juga akan menekan biaya promosi.

Selain itu, untuk SDM dari pemanfaatan teknologi tersebut, bisa juga mendayagunakan masyarakat desa yang ada melalui pelatihan-pelatihan atau workshop tertentu.

Itulah ke empat langkah promosi produk lokal melalui desa wisata yang bisa dijadikan patokan atau arah tujuan baik untuk tujuan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Baca Juga  3 Tahap Perkembangan Desa Wisata

Tentunya dengan harapan bahwa tujuan dari pengembangan desa menjadi sebuah desa wisata juga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat pedesaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here