4 Langkah Mendapat Modal Tanpa Meminjam

4 Langkah Mendapat Modal Tanpa Meminjam

BERDESA.COM – Mau membangun usaha, apakah sudah siap modal dana? Tersedianya sejumlah dana sebagai modal dalah bagian yang sangat penting dalam usaha. Sebenarnya ada banyak pihak menawarkan modal, salahsatunya meminjam pada lembaga perbankan. Tetapi seyakin apa Anda akan mampu menjalankan usaha itu. Soalnya, jika meleset, bukan hanya usaha yang amblas tetapi hutang menumpuk bakal segera pindah ke pundak Anda. Berani?

Jangan anggap gampang soal meminjam modal ini karena memulai usaha baru bukan hanya butuh energi besar melaikan juga harus menempuh banyak tantangan. Tak mungkin pula sebuah usaha langsung membahana dan menghasilkan banyak uang dalam tempo singkat. Maka menjalankan usaha dengan modal pinjaman sungguh tinggi resikonya. Lalu adakah cara lain agar rencana membangun usaha tetap bisa berjalan? Berikut ini beberapa alternatif yang bisa dilakukan agar Anda tidak perlu menghabiskan sisa hidup menanggung hutang gara=gara usaha gagal mengembang:

  1. Modal Tabungan

Ini cara yang paling konvensional, aman sekaligus menunjukkan jika Anda memiliki daya juang yang kuat. Jika Anda memiliki mimpi membangun usaha dan tidak mau menanggung resiko besar,cara ini yang paling aman. Ini logika yang gampang memang tetapi sebenarnya ini proses yang bakal memberikan Anda kesiapan yang luar biasa. Pendeknya begini, Anda merumuskan sebuah rencana usaha termasuk modal yang Anda butuhkan. Lalu Anda mulai menabung bulan demi bulan dari penghasilan Anda. Kesabaran Anda menuju pencapaian pengumpulan modal itu saja sudah menunjukkan Anda seorang yang sangat hati-hati dan pintar menghitung target. Kemampuan Anda menyisihkan uang setia bulan menunjukkan Anda memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik dan disiplin yang hebat. Beberapa proses ini sudah menunjukkan Anda memiliki peluang menjadi penguasaha yang sukses begitu bisnis berjalan.

  1. Kerjasama dengan Teman

Memiliki banyak teman adalah sebuah anugerah. Salahsatunya bisa mendapatkan partner usaha dalam hal dana. Anda bisa mengajak teman yang memiliki modal untuk bekerjasama membangun usaha. Dengan catatan, Anda harus punya konsep yang jelas dan model bisnis yang bagus dan layak dijalankan.

Catatan pentingnya, meski berpartner dengan teman baik, tetapi urusan usaha haruslah berjalan profesional. Jangan sampai teman Anda kecewa karena cara Anda yang buruk dalam menjalankan usaha. Patikan semua perjanjian kerjasama telah selesai dibicarakan misalnya mengenai posisi teman Anda, apakah hanya sebatas setor modal atau sekaligus berkecimpung dalam urusan operasional. Lakukan perjanjian mengenai pembagian hasil dengan baik dan saling menguntungkan karena uang teman Anda adalah hasil yang dia kumpulkan dengan perjuangan dan waktu yang lama.

  1. Crowdfunding

Adalah teknik mengumpulkan modal dari beberapa pihak sekaligus. Yang harus Anda lakukan adalah merumuskan konsep usaha, business plan hingga hitungan keuntungan yang bisa diraih perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Lalu konsep itu Anda sodorkan pada beberapa Situs Crowdfunding yang banyak bertebaran di internet seperti  Kickstarter, indiegogo, rockethub, symbid, crowdcube, crowdfunder, crowdrise, somolend, appbacker dan lain sebagainya

Jika proposal Anda cukup baik sebagai sebuah konsep usaha, biasanya bakal mendapatkan respon yang baik dari investor. Sudah ada banyak perusahaan yang mendapatkan dana dengan cara ini. Jumlah modal yang dikucurkan juga bukan main-main, bisa mencapai milyaran, sesuai kapasitas usaha yang dipilih para calon funding. Maka sebaiknya Anda mulai mencari referensi mengenai seperti apa proposal yang baik dan menarik bagi para calon investor itu.

  1. Menjadi Dropshipper

Dropshipper artinya orang yang menjalankan marketing dan menjualkan produk dari perusahaan lain tanpa harus keluar modal. Para dropshipper bakal mendapat keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan perusahaan pemilik produk dengan harga pada konsumen yang berhasil dilakukan si dropshipper.

Di internet ada banyak perusahaan dropship seperti usahadesa.com yang menunggu Anda menjualkan produk mereka. Ini adalah sistem kerja yang saling menguntungkan. Mereka memiliki produk siap jual dan Anda memiliki kemampuan menjual tetapi tak perlu mengeluarkan modal untuk kulakan. Tertarik mencoba?(aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*