3 Tips Meningkatkan Peluang Usaha Desa Menjanjikan Untuk Kesejahteraan Desa  

0
542

Tinggal di daerah sepi seperti di pedesaan bukan berarti memaksa kita untuk tidak bisa berusaha mencari sumber pendapatan lain yang menjanjikan. Apabila anda jeli melihat peluang bisnis yang ada di desa, maka anda bisa meraih kesuksesan dan bahkan membawa nama desa anda untuk dikenal di tengah masyarakat.

Berikut ini ada beberapa tips mengembangkan peluang usaha desa menjanjikan yang secara finansial dapat membantu perekonomian masyarakat desa termasuk anda sendiri. Karena akan sangat baik pula apabila usaha ini pada akhirnya juga menjadi lapangan pekerjaan baru bagi desa anda.

Lalu apa sajakah tips tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Mencari dan Juga Memahami Potensi Desa Anda

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan peluang usaha di desa, bukan dengan hanya sekedar mencari potensi apa yang akan bisa dikembangkan, namun juga berusaha memahami bagaimana potensi tersebut dapat dikembangkan. Pemahaman ini sangat penting, karena percuma saja bila nantinya malah mengalami kegagalan.

Pengembangan potensi tersebut haruslah terencana dari jangka pendek, menengah dan juga jangka panjang. Perencanaan tersebut sangatlah penting dengan dasar apa yang anda kembangkan nantinya sebagai salah satu peluang usaha desa dapat berkembang secara berkelanjutan.

Baca Juga  Inilah 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Dengan adanya perencanaan tersebut pula, langkah yang nantinya ditentukan juga terarah sehingga setiap daya dan upaya yang dilakukan nantinya memberikan dampak perkembangan yang terukur. Beberapa contoh potensi yang bisa dikembangkan adalah potensi wisata di desa.

Pengembangan dari potensi tersebut bisa mengarah pada pengembangan kuliner hingga kerajinan tangan untuk mengisi pusat oleh-oleh atau bahkan pengembangan untuk kuliner dan kerajinan tangan yang khas dari desa anda tersebutlah yang dikembangkan hingga ke luar daerah.

Melibatkan Perangkat Desa

Dalam mengawali peluang usaha desa anda mungkin anda masih berfokus dengan bagaimana anda memahami potensi desa anda agar dapat dikembangkan kedepannya. Nah, sebagai langkah pertama yang bisa dilakukan, anda bisa melibatkan perangkat desa seperti karang taruna untuk dapat memahami arah pengembangan usaha.

Hal ini penting karena apa yang anda kembangkan nantinya tidak hanya ada dalam skala kecil satu atau dua rumah tangga saja, namun bisa dengan mengajak seluruh masyarakat desa untuk mendukung ide anda dalam memanfaatkan potensi yang ada agar desa menjadi lebih sejahtera.

Baca Juga  Program Satu Dinas Satu Desa Miskin Sebagai Upaya Menekan Kemiskinan

Salah satu pentingnya melibatkan perangkat desa ini juga bisa berkaitan dengan perijinan. Perijinan tersebut juga penting apabila anda ingin menggunakan potensi desa untuk mengembangkannya menjadi salah satu desa wisata. Dengan begitu, pengembangan rencana tersebut tidak akan menyalahi peraturan di desa.

Pemanfaatan IT Dalam Pengembangan Usaha Desa

Hal ketiga yang perlu diperhatikan dalam upaya untuk meningkatkan peluang usaha desa bagi desa anda adalah dengan memanfaatkan IT. Pemanfaatan IT bisa diawali dengan bagaimana membuat desain promosi yang menarik kemudian dilanjutkan dengan membuka media sosial yang mempromosikan peluang usaha desa anda.

Hal tersebut mungkin sederhana sebelum nantinya anda dapat mengintegrasikan pelayanan desa dengan menggunakan IT. Tujuan utama dari pemanfaatan IT ini agar apa yang sedang anda upayakan atau anda tingkatkan dalam desa dapat dipromosikan secara positif sehingga berdampak pada terbukanya akses jaringan bisnis ke desa.

Untuk saat ini bila desa anda mengutamakan dengan mengembangkan desa wisata, dampak yang diharapkan adalah membuka peluang usaha yang lain. Misalnya peluang usaha pada kerajinan tangan dan juga kuliner, dengan begitu akan lebih bisa mensejahterakan masyarakat di desa.

Baca Juga  Langkah Awal Merintis Desa Wisata

Masyarakat di desa bisa mengambil peran masing-masing di dalamnya. Misalnya dengan menjual makanan khas desa, mulai dari makanan ringan, makanan yang diolah kembali sesuai dengan khas daerah anda, buah-buahan hingga minuman khas desa. Belum lagi kerajinan tangan yang bisa menjadi oleh-oleh untuk para pengunjung.

Itulah ketiga tips yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam meningkatkan peluang usaha desa anda sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian desa dan juga anda tentunya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat positif bagi anda dan juga bagi pengembangan desa sehingga mensejahterakan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here