3 Dampak Positif Ekonomi Pengembangan Desa Wisata

0
951
3 Dampak Positif Ekonomi Pengembangan Desa Wisata

Pengembangan sebuah desa yang memiliki potensi wisata baik dari bentangan alamnya, produk lokalnya maupun keunikan adat dan budaya didalamnya tentu saja salah satunya didasarkan pada peningkatan kesejahteraan rakyat dalam bidang ekonomi. Berikut ini ada 3 dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata yang bisa menjadi acuan dalam pengembangannya.

Lapangan Kerja Baru
Dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di desa. Apabila sebelumnya warga desa hanya mengandalkan hasil pertanian atau peternakan, dengan adanya pengembangan desa sebagai desa wisata ini diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lokal yang sudah ada.

Agar dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata ini juga tersasar dengan baik, maka SDM yang nantinya akan diserap juga perlu ditingkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas SDM tersebut juga bisa menjadi salah satu dampak positif yang membuat desa menjadi lebih berkembang. Pelatihan dapat dilakukan dari dinas maupun secara swadaya.

Ketika pengembangan desa wisata telah berjalan dengan baik, penyerapan tenaga kerja baru sebagai dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata juga bisa menyasar desa desa di sekitarnya.

Baca Juga  Wisata Desa Dan Seribu Kunang-Kunang

Dengan demikian, manfaat yang dicapai dari pengembangan desa wisata tidak hanya terasa bagi desa asal namun juga bagi sekitarnya yang dapat membantu kelancaran pengembangan.

Peningkatan Penjualan Produk Lokal
Dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata selanjutnya adalah meningkatnya penjualan produk lokal sehingga meningkatkan perekonomian warga desa. Seperti yang telah ditekankan dalam prinsip pengembangan desa yakni keutamaan penggunaan produk lokal dalam pengembangan desa wisata sangatlah penting demi kemajuan desa.

Selain itu, dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan akses untuk warga untuk melakukan penjualan ke luar daerahnya atau bahkan ke luar negeri sekalipun. Hal ini juga perlu didukung dengan branding yang kuat dari desa serta SDM yang mampu untuk memanajemen penjualan.

Salah satunya yang nyata dari dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata adalah desa wisata yang dimanfaatkan sebagai salah satu cara promosi produk produk lokal yang ada dalam desa. Manfaat promosi ini juga akan meningkatkan status desa sebagai desa wisata sehingga akan memberikan manfaat timbal balik.

Baca Juga  Cara Menciptakan Kampung Sehat Sekaligus Mendatangkan Uang

Peningkatan Pembangunan Infrastuktur Desa
Selanjutnya untuk dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata yang dapat dirasakan atau bahkan diutamakan adalah meningkatnya pembangunan infrastruktur desa.

Hal ini penting baik bagi sebuah desa wisata agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung ataupun bagi warga desa sendiri agar dapat merasakan manfaat yang diberikan dari hadirnya desa wisata.

Pembangunan infrastruktur sebagai dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata bisa dipilih untuk fasilitas umum yang mana tidak terjangkau oleh pemerintah seperti jalan disekitar jalan utama hingga lokasi jual beli oleh oleh yang nantinya juga bisa dibuat sebagai pasar kecil guna memberikan lokasi jual beli antara pengunjung dan warga desa secara nyaman dan aman.

Peningkatan pembangunan infrastruktur desa sebagai dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata, selain untuk kepentingan wisata juga baik adanya apabila digunakan untuk kepentingan warga desa juga. Itulah mengapa sebaiknya desa wisata dikelola oleh SDM lokal atau warga desa sendiri agar tercipta kesejahteraan dari desa untuk desa.

Baca Juga  Pameran untuk Promosi Desa Wisata

Itulah 3 dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata yang bisa dirasakan oleh desa yang juga bisa dijadikan acuan dalam pengembangan desa wisata agar dapat memberikan manfaat positif bagi desa yang menjadi dasarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here