20 Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

0
69879

Peluang usaha rumahan di desa – Kepada warga desa, jangan kawatir, sekarang ini ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa membawa kehidupan ekonomi Anda melesat cepat. Ini terjadi karena kini desa bukan lagi tempat terpencil yang identik dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa justru menjanjikan banyak peluang usaha yang luar biasa.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet adalah salahsatu salahsatu kekuatan yang menciptakan banyak peluang usaha rumahan di desa. Teknologi internet membuat desa tidak lagi ketinggalan dari kota.

Malah desa memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki orang-orang di kota. Hebatnya lagi, berbagai usaha di desa bisa dikembangkan dengan skala modal kecil.

Berikut ini 20 peluang usaha rumahan di desa yang sekarang ini bisa dikembangkan menjadi peluang pendapatan yang potensial dan mudah dikembangkan baik secara offline maupun online. Peluang-peluang ini dibagi dalam dua model usaha yakni offline dan online:

  1. Peluang Usaha Offline

Adalah jenis usaha yang bisa dikembangkan di rumah dengan mengandalkan pasar lokal yakni kawasan desa tempat kita tinggal dan sekitarnya. Pendapatan pada model usaha ini berasal dari konsumen yang datang ke rumah kita dan melakukan pembelian produk atau jasa yang kita sediakan.

Kepercayaan adalah landasan yang sangat penting dalam usaha ini karena sebagian besar konsumen kita adalah orang-orang yang kita kenal. Kualitas produk yang buruk atau pelayanan jasa yang tidak mumpuni bakal menjadi hambatan besar dan bisa membuat usaha kita ‘kukut’ alias gagal.

Beberapa peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan yang bisa dikembangkan secara offline seperti:

  1. Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Ingatkah Anda, bertahun lalu jika Anda pergi ke tempat pangkas rambut maka Anda akan ditawari pilihan model rambut dari poster yang memuat berbagai gaya rambut andalan pria masa itu. Nah, sekarang gambar-gambar pada poster itu sudah tidak mujarab lagi. Soalnya di jaman ini tersedia jauh lebih banyak pilihan model rambut mutahir.

Terutama bagi anak muda jaman sekarang, potongan rambut tak cukup lagi dengan potongan yang rapi atau standar. Kini mereka akan datang dengan model yang terpampang pada layar telepon genggamnya. Semua orang saat ini yakin dan percaya, model rambut memiliki pengaruh besar mendongkrak penampilan mereka. Ini belum termasuk model cat rambut yang beraneka warna.

Bagi para perempuan, ada lebih banyak urusan lagi yang berhubungan dengan rambut ini. Beragam layanan bisa diberikan mulai dari creambath hingga perawatan kulit wajah dan sebagainya. Berbagai layanan ini sekarang sagat dibutuhkan warga desa dan termasuk peluang usaha rumahan di desa yang cukup jitu untuk mengeruk rupiah.

  1. Membuka Jasa Menjahit

Usaha dibidang fashion adalah jenis usaha yang tidak ada matinya, termasuk usaha yang berhubungan dengan pakaian. Soalnya, sekarang ini semua orang pingin tampil ciamik di mata orang lain. Berbeda dengan jaman dahulu, pakaian bagi orang-orang di jaman sekarang bukan hanya sekedar lembaran kain penutup tubuh untuk memenuhi etika.

Melainkan telah menjelma menjadi estetika seni berpenampilan yang akan menunjukkan kelas sosial si pemakainya. Ditambah lagi maraknya berbagai model pakaian yang membuat semua orang rela merogoh kocek demi mendapatkan baju model paling anyar.

Masalahnya, bagi warga desa, mendapatkan pakaian baru bukan persoalan mudah karena jarak yang jauh dari kota dan harga yang tak bersahabat jika mereka harus selalu membeli di kota. Maka menjahitkan pakaian adalah cara yang bisa menjawab dua persoalan itu: mendapatkan pakaian sesuai keinginan dengan biaya yang tidak membuat kantung terkuras.

Belum lagi bagi orang yang badannya terlalu gemuk atau terlalu kurus. Maka membuka jasa menjahit menjadi peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda kembangkan. Soalnya, jasa ini benar-benar berdasar kemampuan personal seorang penjahit sehingga penjahit yang piawai membuat potongan pakaian yang bagus dengan kualitas jahitan yang baik bakal menjadi kombinasi yang membuat banyak orang rela antri mendapatkan jasanya.

  1. Usaha di Bidang Makanan

Jika Anda suka meracik bumbu dan bahan makanan di rumah dan hasil racikan Anda mengundang decak-kagum sanak-saudara, ada baiknya Anda mulai memikirkan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini: kuliner.

Ini adalah usaha yang tidak ada matinya dan bisa dikembangkan dimanapun, kapanpun dalam skala modal berapapun. Kok bisa? Ya, karena Anda bisa memilih berbagai jenis makanan untuk dijual sesuai dengan kepiawaian Anda meraciknya.

Jika Anda jagoan mengolah menu khas desa, maka mulailah menyediakan berbagai jenis sayur dan lauk. Tak harus menyewa kios di pinggir jalan karena di desa, pemasaran paling handal adalah melalui ‘kekuatan mulut’ alias promosi dari mulut ke mulut.

Begitu beberapa orang cocok dengan cita rasa yang Anda tawarkan maka berita lezatnya masakan Anda bakal segera menyebar ke seantero desa. Hasilnya, setiap pagi bakal banyak kaum ibu yang datang membeli. Mereka adaah para ibu yang tak mau kehilangan waku dan tenaga karena harus berkutat di dapur sehingga memilih membeli sayur dan lauk saja.

Peluang usaha rumahan di desa dibidang makanan ini bisa ditingkatkan dengan cara menerima pesanan makanan dalam jumlah besar (catering) untuk acara-acara hajatan, pertemuan dan sebagainya. Semuanya cukup dikerjakan dan digelar di rumah saja.

  1. Jasa Laundry

Siapa bilang membopong setumpuk pakaian kotor ke jasa pencucian hanya dilakukan orang kota? Warga desa pun sudah membutuhkan jasa ini. Soalnya, jika dihitung-hitung, mengguanakan jasa laundry alias pencucian pakaian bisa jauh lebih irit daripada mencuci sendiri di rumah.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Dingin, Menguntungkan dan Sehat

Dengan menyerahkan urusan pakaian kotor ke laundry maka akan banyak waktu yang dimiliki ibu-ibu untuk mengerjakan hal yang lain. Mencuci sendiri, selain membuat tagihan listrik melonjak karena tersedot mesin cuci, juga membuat tagihan air meningkat. Belum lagi urusan menyeterika yang butuh waktu berjam-jam itu. Makanya sebagian besar orang kini memilih laundry sebagai jawabannya.

Usaha seperti ini bisa Anda buka di rumah Anda dengan memanfaatkan ruang teras rumah atau ruang depan rumah Anda. Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci, timbangan, seterika dan kantung plastik untuk menjalankan usaha ini.

Enaknya usaha ini adalah Anda punya halaman luas untuk menjemur dan tak perlu meninggalkan rumah untuk mengerjakannya. Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini bakal meraksasa jika Anda menyediakan jasa antar-jemput.

  1. Warung kelontong

Yang satu ini sudah terbukti. Warung kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang sudah lazim dilakukan. Ketersediaan barang yang beragam dan harga adalah salahsatu kunci keberhasilannya.

Maka, Anda harus pintar mencari toko grosir alias tempat kulakan yang murah. Meski bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada cash flow alias uang setiap hari  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan karena kehabisan amunisi. Mau toko Anda cepat mengembang?

Anda harus menciptakan sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang notabene sebagian besar adalah tetangga Anda. Salahsatu caranya dengan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan toko Anda dan setiap setahun sekali misalnya sebelum lebaran Anda membagi-bagikan bingkisan lebaran bagi tetangga Anda.

Selain menjaga silaturahmi, ini adalah salahsatu cara untuk mengikat mereka menjadi pembeli fanatik di toko kita. Satu lagi, selalu ramah-tamah pada semua orang. Soalnya, ada banyak toko di desa ditinggalkan pembeli karena pemiliknya pelit senyum, ini fakta.

  1. Jasa Pembuatan Mebel dan Konstruksi

Peluang usaha rumahan di desa yang kini sangat dibutuhkan adalah jasa pembuatan berbagai perkakas rumah tangga seperti almari, kursi, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen.

Termasuk pula di dalamnya jasa perbaikan berbagai perkakas itu. Soalnya, tidak semua orang akan membeli perkakas yang baru ketika hanya sebagian saja yang rusak. Berbagai kebutuhan ini bisa Anda jadikan peluang usaha yang menguntungkan. Kuncinya, kehalusan penggaraan produk yang Anda olah dan juga disain yang menarik hati tetangga.

Anda bahkan tidak perlu mengerjakan sendiri pekerjaan ini melainkan mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian menyerut, memotong dan kemampuan tukang kayu umumnya. Sementara Anda lebih banyak bergerak pada pemasaran alias mencari pemesan, mengumpulkan disain dan mencari bahan baku yang murah.

Kenapa usaha ini menarik, karena berbagai produk berbahan kayu yang dijual di kota-kota itupun sebagian besar dikerjakan orang-orang di desa. Jadi, kenapa harus ke kota untuk membeli perkakas rumah tangga? Lagipula, memesan perkakas langsung pada pembuatnya akan jauh kebih murah dibanding membeli di toko mebel di kota.

  1. Beternak Lele

Inilah peluang usaha rumahan di desa selanjutnya. Ada banyak pilihan ketika Anda menjatuhkan pilihan pada jenis usaha ini. Pertama, Anda bisa beternak khusus pembibitan lele.

Artinya, pekerjaan Anda hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit. Setelah itu Anda hanya tinggal memberikan makanan khusus seperti cacing sutera bagi benih untuk tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Tak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumah Anda untuk membelinya.

Kedua, Anda memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini Anda harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah Anda. Keunggulan lele adalah, jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun.

Beternak lele bukan hanya mudah dijual karena banyaknya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

  1. Beternak Ayam Kampung

Ayam kampung adalah jenis daging yang tak tergantikan oleh ayam potong. Kualitas nutrisi dan keamanan daging ayam kampung dari berbagai penyakit membuat konsumsi ayam kampung menjadi kebutuhan yang terus meningkat sekarang ini.

Beternak ayam kampung untuk konsumsi rumah makan-rumah makan menjadikannya peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda coba. Ayam-ayam hasil peliharaan Anda bisa disetorkan ke kota. Modal besar yang Anda miliki adalah lahan di desa yang masih relatif luas.

Hanya orang desa yang sebenarnya sangat potensial mengembangkan usaha ini. Selain itu, usaha ini akan juga memberikan jaminan gizi bagi keluarga Anda sendiri karena mengkonsumsi ayam yang dipelihara sendiri tentu jauh lebih murah ketimbang harus merogoh kocek di rumah makan.

  1. Jamur Tiram

Ingin memiliki pendapatan harian? Usaha mengembangkan jamur tiram adalah jawabannya. Bertani jamur tiram adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat strategis. Pertama, usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur jenis ini tersedia banyak di desa dengan harga yang murah-meriah seperti serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam.

Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu. Keuntungan yang Anda miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya.

Anda bisa mempelajari bahan, proses dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya. Jika Anda sudah rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini secara rutin maka jamur ini akan tumbuh setiap hari.

  1. Pertanian Organik
Baca Juga  Peluang Usaha Yang Bagus di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini sangat menarik dikembangkan di desa dan dijual di kota. Makanan organik memiliki kadar gizi yang tinggi dengan tingkat kesehatan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Itulah makanya orang-orang kota mulai berburu makanan berbahan organik.

Apakah orang desa tidak menyukainya? Bukan tidak suka, justru sebaliknya, karena konsumsi orang-orang di desa sesungguhya sebagian besar justru sudah organik. Nah, dengan kesuburan tanah desa dan masih relatif terlindung dari kontaminasi bahan-bahan kimia, pertanian organik sangat mungkin dikembangkan di desa. Asal Anda tahu, harga sayur mayor organik jauh lebih tinggi dibanding sayur-mayur biasa.

  1. Jasa Disain dan Cetak-mencetak

Sekarang ini semua orang butuh jasa disain mulai dari spanduk, papan nama toko, salon dan bermaca jenis usaha. Mereka juga butuh jasa ini untuk berbagai even seperti perikahan dan sebagainya.

Jasa pembuatan disain sekaligus mencetaknya adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda kembangkan. Usaha ini bisa Anda kembangkan pada jasa penulisan dokumen, printing dan fotokopi. Pada jenis usaha ini Anda bisa menggaet beberapa konsumen sekaligus seperti fotokopi, butuh pengetikan dokumen hingga cetak dan jilid.

Keunggulan yang harus Anda miliki adalah kemampuan menciptakan disain yang cantik. Jangan kawatir, kemampuan seperti ini bahkan bisa Anda pelajari secara otodidak atau melalui tutorial di internet. Syaratnya hanya satu, Anda memiliki computer atau laptop dan menyuai dunia seni terutama disain grafis.

Beberapa peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan yang bisa dikembangkan secara offline seperti:

Adalah jenis usaha menggunakan teknologi komunikasi berbasis internet. Jangan salah, pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 131 juta orang yang berarti separuh warga negeri ini aktif menggunakan internet termasuk warga desa. Anak-anak muda hampir semuanya telah mengakrabi hal yang satu ini.

Nah, angka itu sudah menunjukkan bahwa sebagian besar warga desa sudah menggunakan akses internet untuk berbagai keperluan. Maka sesungguhnya usaha dengan menggunakan teknologi internet sangat menarik dikembangkan di desa terutama dengan memanfaatkan media sosial. Maka usaha dengan memanfaatkan teknologi internet telah menjadi salahsatu peluang usaha rumahan di desa yang menarik untuk dikembangkan.

Satu lagi, usaha dibidang online sebenarnya tidak identik dengan teknologi yang rumit atau jual beli jarak jauh, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan usaha pemenuhan kebutuhan kehidupan warga desa sendiri. Berikut ini beberapa peluang usaha rumahan di desa dengan berbasis pada teknologi digital atau internet:

  1. Menjual Produk Kuliner Desa Secara Online

Keunggulan jual beli melalui online adalah Anda bahkan tidak perlu membangun toko atau menyewa ruko yang mahal. Anda juga tidak perlu kulakan produk dengan duit sendiri lalu menjualnya. Melainkan Anda bisa menjual produk atau barang orang lain karena Anda bisa berposisi sebagai marketing saja.

Desa memiliki banyak produk yang bisa dijual secara online mulai dari kuliner yakni makanan khas desa yang tahan berhari-hari untuk dikirimkan melalui pos. Misalnya jenis makanan kering seperti rempeyek dan aneka jenis kerupuk. Dengan pengemasan yang baik Anda juga bisa jualan gudeg, rendang dan sebagainya.

Bahkan seorang ibu di Sidoarjo mendapatkan omset Rp. 3 juta sehari dengan berjualan pecel. Caranya? Pecel itu direbus lalu dikeringkan, dikemas secara rapat dengan kemasan plastic kedap udara. Sambalnya juga di kemas dalam bentuk kering. Pemesan tinggal mengucurkan air mendidih sebelum menikmatinya.

Makanan khas desa adalah jenis makanan yang selalu dirindukan semua orang terutama yang tinggal di kota. Soalnya makanan khas desa memiliki cita rasa yang tak bisa diduplikasi oleh rumah makan di kota. Sudah jelas, ini adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak dikembangkan.

  1. Menjual Asesoris dan Suvenir Khas Desa

Menjual souvenir adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat potensial. Seperti yang dilakukan Borneo-B, sebuah toko online yang menjual aneka aksesoris dengan daya tarik utama manik-manik khas Daya Kalimantan.

Manik-manik atau disebut mutu manikam buatan tangan asli Kalimantan terbukti mampu memincut hati berbagai kalangan perempuan baik di pasar domestik maupun manca negara. Produk Boreo-B bahkan sudah sering tampil dalam peragaan busana bertarat nasional dan internasional.

Hasilnya, selain menciptakan pendapatan bagi para perempuan Dayak yang mengerjakan pembuatan aksesoris ini juga membuat tanah Borneo menjadi terkenal ke seantero dunia. Borneo-B bukan hanya berhasil menjual keindahan aksesoris bagi para perempuan melainkan juga turut membuat karya bangsa Indonesia dikenal dunia.

  1. Menjual Mebel Online

Bertahun-tahun para pengukir kayu Jepara menjual keindahan karya mereka secara konvensional dengan mendirikan galeri di pinggiran jalan di Kota Jepara. Tapi kini sebagian seniman alam ini telah menggunakan internet untuk menjual produknya. Langkah itu menciptakan keuntungan besar bagi mereka karena memotong biaya marketing besar-besaran.

Langkah yang sama dilakukan para tukang kayu di Desa Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Warga desa di perbukitan yang berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul ini sekarang tak perlu lagi keliling kota dan perkampungan dengan gerobak untuk menawarkan daun pintu, jendela dan berbagai perkakas kayu yang mereka buat.

Melainkan cukup dengan memajang foto segala perkakas mereka di halaman market place alias pasar online dan order berdatangan dari sana. Cara kerja seperti ini membuat jualan mebel online menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menguntungkan.

  1. Membangun Toko Online untuk Dijual di Desa
Baca Juga  Inilah Tanda-tanda Anda Sudah Siap Memulai Usaha

Fokus penjualan toko online yang satu ini justru ke desa. Anda bisa mencari berbagai produk yang dibutuhkan warga desa dan menjadi penjualnya. Misalnya, jika sebagian besar desa Anda dihuni para petani maka Anda bisa menjual berbagai alat pertanian untuk dijual pada warga.

Keunggulan sistem jual beli ini adalah Anda akan bisa memberikan penawaran harga yang lebih murah dibanding warga harus beli secara langsung di toko di kota. Soalnya, penjualan oline bisa memotong biaya distribusi karena langsung dijual dari pabrik.

Tak hanya alat pertanian tetapi juga berbagai kebutuhan seperti makanan, fashion mulai dari pakaian dan segala perlengkapannya semisal sepatu, alat kecantikan dan sebagainya. Toko Anda bakal unggul dengan harga yang lebih rendah ketimbang toko. Kehebatan toko online adalah bisa menghadirkan produk yang tak banyak tersedia di toko sekitar desa atau kota Anda sekalipun.

  1. Jasa Pembuatan Website dan Pengelolaannya

Inilah salahsatu peluang usaha rumahan di desa yang juga menarik saat ini. Sekarang ini semua orang butuh website sekaligus pengelolaannya, termasuk warga desa. Contohnya adalah Desa wisata. Desa wisata butuh wisawata dari luar desa sehingga butuh promosi wisata melalui online.

Hebatnya pekerjaan ini, jasa pembuatan website tidak mempersyaratkan untuk tinggal di kota karena bisa dilakukan dari desa paling terpencil sekalipun sepanjang ada koneksi internet di sana. Keuntungan besar Anda jika mengembangkan usaha ini di desa adalah Anda bisa memasang tarif sebagaimana jasa sama yang ditawarkan orang-orang di kota.

Otomatis menjadi pendapatan yang tinggi ketika Anda tinggal di desa. Itulah yang membuat jasa pembuatan website bisa dikembangkan menjadi peluang usaha rumahan di desa.

  1. Menjadi Content Writer

Content writer adalah orang yang bekerja sebagai penulis bagi website. Pekerjaan ini tidak memerlukan kantor karena hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet.

Koneksi internet bahkan bisa Anda jalankan hanya dengan mengandalkan HP Anda. Semua materinya memanfaatkan berbagai informasi yang tersedia di jagat maya sehingga Anda bahkan tidak perlu beranjak dari tempat duduk untuk menjalankan pekerjaan ini.

Konten writer adalah jenis pekerjaan yang muncul setelah internet berkembang menjadi bagian dari kebutuhan informasi seperti sekarang ini. Untuk menjadi konten writer, Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik.

Seperti apa menulis yang baik? Intinya, bisa menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan memuat pesan-pesan promotif sebagaimana yang diinginkan website yang Anda buatkan kontennya.

Untuk itu Anda harus selalu mengikuti isu yang sedang tren dan kabar terbaru melalui berbagai website di media online, blog dan berbagai konten di jagat maya yang mendukung wacana yang Anda butuhkan.. Simpelnya usaha ini membuatnya menjadi peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda jalankan.

  1. Mengembangkan Website atau Blogger

Namanya kampung Jl. Serayu Raya, Desa Menowo, Kecaatan Kedungsari, Magelang, Jawa Tengah, anak-anak muda menghabiskan waktunya setiap hari di depan laptop dan menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan yang mengalir ke rekening mereka.

Inilah kampung yang disebut sebagai Kampung Blogger. Disebut begitu karena sebagian besar pemudanya menerjuni dunia blogger. Menjadi blogger berarti mengelola blog atau website, menciptakan konten dengan konsisten, rutin dan bermutu dengan cara mengunggah tulisan, gambar dan video secara rutin. Apakah ini bisa menghasilkan uang?

Jangan salah, kegiatan ini membuat para pemuda kampung itu tak perlu lagi kemana-mana dan menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan mengaliri kantung mereka. Padahal mereka tetap tinggal di desa mereka sehingga biaya hidup mereka tetap saja sebagaimana orang desa. Para pemuda Desa Menowo membuktikan bahwa di desa-pun mereka bisa menghasilkan banyak dengan pekerjaan canggih itu.

  1. Membuka Warnet

Peluang usaha rumahan di desa lainnya adalah membuka warung internet. Semua orang memang sudah menggenggam smartphone dengan koneksi internet. Tetapi sesungguhnya berinternet melalui smartphone tidak akan bisa seleluasa berselancar melalui PC atau computer berlayar besar.

Lagipula, berselancar dan download melalui smartphone akan menyedot kuota yang besar sehingga bakal menguras kantung Anda. Warnet adalah salahsatu peluang usaha rumahan di desa yang sekarang ini dibutuhkan banyak orang. Warnet bisa Anda gabungkan dengan jasa pencarian dokumen, pencetakan dokumen dan menyediakan makanan dan minuman kecil untuk menemani para pengguna internet di sana.

  1. Warung Angkring Ber-Wifi

Warung angkring adalah solusi paling konkrit bagi semua orang untuk mendapatkan banyak kesenangan. Di warung ini Anda bisa mendapatkan nasi bungkus murah meriah, aneka jenis gorengan dan lauk sekedarnya, menyeruput kopi panas, koi jahe, teh jahe dan aneka jenis minuman hangat maupun dingin.

Sembari menikmati makan dan minum, Anda bisa bercengkerama dengan teman selama Anda suka. Warung jenis ini punya durasi mengagumkan yakni dari sore hingga dinihari. Hebatnya, semua fasilitas ini bisa Anda tebus dengan harga murah-meriah saja.

Nah, agar omset dagangan Anda melesat maka memasang Wifi alias internet gratis adalah langkahnya. Bak gula memanggil semut, internet gratis akan selalu menarik hati anak muda karena memberikan kesempatan berinternet gratis berjam-jam bagi mereka. Buatlah tempat duduk yang asyik dan dijamin, angkringan Anda tak akan pernah sepi dari pengunjung setia.

Itulah 20 peluang usaha rumahan di desa yang saat ini sudah menunggu kesungguhan Anda. Jenis-jenis usaha ini tidak memerlukan modal terlalu besar dan semuanya bisa dijalankan di halaman rumah Anda. Sebagian usaha ini juga tidak berbasis pada kebutuhan sehari-hari semua orang sehingga memiliki daya survive yang tinggi. Selamat berkarya. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here