Begini Cara Produk Desa Madu Lombok Masuk Pasar Online

0
489

BERDESA.COM – Bertahun-tahun Zulhadi, anak muda asli Lombok Utara, mencari cara untuk memasarkan beragam produk desa-nya yang melimpah, madu. Hingga akhirnya Zulhadi memasarkan melalui www.usahadesa.com dan madu Lombok dari daerahnya mulai banyak dipesan orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagi warga kota-kota besar mungkin tidak terlalu sulit mendapatkan informasi mengenai hebatnya perkembangan jual beli melalui internet dan peluang usaha online lainnya. Tapi bagi Zulhadi yang tinggal di wilayah pedesaan di Lombok Utara, tak banyak yang bisa didapatkannya. “ Jangankan menjangkau pasar yang luas, kami bahkan masih belum mampu menciptakan packaging yang menarik,” kata Zulhadi. Hingga akhirnya mata Zulhadi tertambat pada halaman web www.usahadesa.com.

Zulhadi mengembangkan konsep Desapreneur yang dicetuskan Marketplace Usahadesa.com yakni melakukan identifikasi produk di daerahnya untuk didorong ke arah pemasaran online melalui www.usahadesa.com sekaligus mengumpulkan informasi produk apa saja yang dibutuhkan desanya untuk mendorong usaha kecil (UKM) yang harus didatangkan dari luar desa atau daerahnya.

“ Kami lalu memasarkan madu dari Lombok Utara melalui www.usahadesa.com dan dalam beberapa hari mulai mendapatkan pembeli dari beberapa wilayah lain di Indonesia. Ini mengejutkan, soalnya prosesnya ternyata tidak sesulit yang kami bayangkan,” katanya kepada Berdesa.com. Zulhadi lalu menawarkan madu Lombok melalui fasilitas penawaran produk yang ada di Usahadesa.com.

Baca Juga  Sandal Spon Bantul Menembus Hotel Berbintang

Uniknya, Usahadesa.com tidak hanya memajang informasi produk saja melainkan juga turut membantu warga lokal mengenai packaging, sistem pengiriman, menjelaskan seluk-beluk transaksi online dan sebagainya. “ Usahadesa.com juga terus memberikan informasi berbagai produk yang dibutuhkan berbagai daerah yang mungkin kami punya dan bisa kami tawarkan. Ini informasi yang selama ini kami butuhkan untuk mendorong pemasaran produk lokal kami,” kata Zulhadi.

Kini, pemuda yang beberpa tahun menjadi pendamping desa itu melakukan konsolidasi mengumpulkan berbagai produk lokal desa-desa di Lombok Utara yang bisa dijual online melalui Usahadesa. “ Ada banyak sekali dan kami sedang melakukan identifikasi agar banyak produk bisa dijual melalui online Usahadesa,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan Zulhadi sebagai Desapreneur juga bisa menjadi jawaban bagi anak-anak muda di desa yang masih belum mendapatkan pendapatan. “ Menjadi Desapreneur bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan karena mendapatkan uang dari proses menjembatani UKM yang menjual produknya melalui kami dan secara langsung membantu nasib banyak UKM di desa-desa yang selama ini kesulitan meningkatkan kapasitas produksinya karena keterbatasan pasar,” katanya.

Baca Juga  Tas Lurik Jogja, Tren Baru Kawula Muda

Zulhadi berharap, semakin banyak anak muda di desa-desa lain di Indonesia yang mau bergerak seperti dirinya mengumpulkan produk di desanya dan menjebatani para pelaku UKM agar produk-produk itu bisa terpasarkan secara luas melalui online. “ Sehingga antardesa bisa saling memenuhi kebutuhan dan meningkatkan produktivitas karena saling membutuhkan produk satu sama lain,” ujarnya.

Ingin mengikuti jejak Zulhadi yang mulai mereguk sukses berjualan produk lokal Lombok utara melalui www.usahadesa.com, buka tautan ini ‘cara berjualan’ dan daftarkan diri Anda sebagai penjual produk-produk desa dan UKM di daerah tempat tinggal Anda. Anda juga bisa mendaftar menjadi penjual melalui email cs@usahadesa.com atau kontak Whatapps ke nomor 085226055755, costumer service Usahadesa.com bakal segera menyambut Anda dengan ramah.

Usahadesa.com adalah portal jual beli produk lokal asli Indonesia dengan dengan produk-produk yang telah terseleksi kualitasnya. Karena sesungguhnya, Indonesia tercinta bakal menjadi negara sejahtera jika seluruh warganya mengutamakan kebutuhannya dengan produk lokal yang dilahirkan sendiri oleh seluruh warga di seluruh nusantara.(aryadji/berdesa)

Baca Juga  Begini Cara Menjual Online Produk Desa Hasil Pertanian

Foto: www.gapih.wordpress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here