102 Kabupaten Siap Jalankan Sistem Perijinan Usaha Terpadu dan Cepat

0
679

BERDESA.COM – Isu perijinan yang berbelit-belit dan berbulan-bulan untuk mengurus proses usaha mulai disikapi pemerintah. Sebanyak 102 kabupate akan siap menjalankan Online Single Submission (OSS) alias sistem perijinan terpadu alam hal pengurusan ijin usaha. OSS bahkan digenjot agar segera bisa dilakukan seluruh wilayah abupaten di Indonesia.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi menyebutkan, saat ini sudah ada 52 kabupaten yang sudah  menjalankan OSS. Ditargetkan hingga Juli 2018 bakal ada 100 kabupaten yang sudah menjalankan sistem ini. Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara kepada media baru-baru ini menjelaskan, daerah-daerah yang disebutnya  akan segera menerapkan sistem OSS sudah mendapatkan bimbingan teknis mengenai pelaksanaan OSS. Daerah-daerah itu diutamakan karena merupakan daerah-daerah strategis tujuan investasi.

Disebutkan oleh Menkominfo, Departemennya sudah melakukan pelatihan pada 52 kabupaten dan hingga 7 Juli nanti bakal sudah melatih 102 kabupaten dari 514 kabupaten yang menjadi targetya. “ Jadi sampai Juli sudah ada 102 kabupaten yang sudah mendapatkan bimbingan teknis pelaksanaan OSS,” katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/6/2018). Tetapi, lanjutnya, hal ini harus dilakukan bertahap karena tidak semua kabupaten bakal diprioritaskan untuk investasi. Sayangnya, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai waktu kapan sistem ini akan mulai diberlakukan.

Baca Juga  Kampung Mataraman, Bukti BUMDes Sukses Kelola Rumah Makan

Sementara itu Menteri Koordinaor Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, rencananya kebijakan ini bakal diluncurkan setelah lebaran 2018. Peluncuran akan dilakukan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Yang pasti, layanan ini suah ditunggu banyak para investor karena akan memudahkan mereka mulai memasukkan investasinya ke daerah-daerah yang menjadi incarannya. “ Sudah banyak yang menyatakan ingin segera maju untuk pertamakalinya dalam kepengurusan ijin ini. Itu investor yang besar-besar,” katanya.

Pemberlakuan OSS sudah pasti bakal membawa kabar gembira pada dunia usaha di tanah air. Soalnya, selama ini salahsatu keluhan para pengusaha dan investor adalah perijinan yang berbelit-belit, lama dan banyaknya pungutan tak resmi yang menyertainya. Dengan pemberlakuan OSS maka berbagai kendala itu bakal segera berguguran dan sistem perijinan bisa dilakukan dengan waktu yang jauh lebih cepat dan mudah. Sistem ini akan menggunakan sistem online sehingga para investor dengan mudah akan bisa mengakses dan mengurus perijinan tanpa perlu mendatangi berkali-kali kantor perijinan seperti selama ini.

Baca Juga  Cara Promosi Online Praktis dan Terpadu Bagi UMKM

Hanya saja, konsekuensi dari peraturan ini adalah, bakal ada banyak penyesuaian di daerah mengingat banyaknya aturan yang selama ini diterapkan daerah dalam hal pengurusan ijin usaha dan investasi. Tetapi yang pasti, kepengurusan yang mudah, cepat dan tidak menimbulkan banyak pungli adalah hal yang sudah ditunggu-tunggu semua orang sejak lama. Akankah OSS bisa diberlakukan dengan lebih cepat, kita tunggu hasilnya.(adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here